KARAKTER EXTRAKULIKULER DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KARAKTER TK KUMARA BHUANA

EXTRAKULIKULER DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KARAKTER TK KUMARA BHUANA

Penulis

  • Gusti Ayu Agung Riesa Mahendradhani Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2432

Kata Kunci:

Kata Kunci : Extrakulikuler, Karakter, Softskill

Abstrak

Gempuran teknologi membawa isu baru dalam sistem pendidikan di indonesia. Peningkatan mutu pendidikan yang digadang-gadang menjadi masalah utama seiring dengan penggunaan teknologi baik perangkat maupun sistem informasinya menghadirkan banyak permasalahan sosial di kalangan anak-anak dan remaja, mulai dari sikap anti sosial, dehumanisasi, hingga kekerasan disekolah oleh anak sekolah dasar yang dikenal dengan istilah bullying yang marak terjadi akhir-akhir ini. Pada akhirnya semua permasalahan tersebut membutuhkan penanganan yang cukup serius serta merugikan bagi korban dan juga masyarakat secara umum. Pengembangan kepribadian dimulai saat anak memasukai usia sekolah. Lingkungan memiliki peranan yang sangat besar terhadap pembentukan karakter anak sehingga harus menjadi perhatian utama bahwa lingkungan sosial mereka mampu meningkatkan rasa empati, disiplin, tanggung jawab serta cinta sesama. Untuk membentuk karakter tersebut Kumara Bhuana memiliki berbagai extrakulikuler dan program sekolah yang digunakan sebagai basis pengembangan karakter dan softskill. Berdasarkan hasil penelitian terdapat banyak extrakulikuler yang diberikan kepada peserta didik diantaranya tari bali, musik, melukis, modern dance dan banyak lagi. Karakter yang dikembangkan oleh TK Kumara Bhuana adalah empati, disiplin dan mandiri. Kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan karakter disiplin adalah dengan mengajarkan anak berbaris sebelum masuk kelas, mengucapkan dan membalas salam sedangkan karakter mandiri di kembangkan melalui pemberian tanggung jawab seperti merapikan alat belajar yang telah digunakan., mencuci tangan sebelum makan, mengingat waktu bermain dan juga waktu belajar dalam lingkungan sekolah.

 

Referensi

Agustian, Ari Ginanjar. (2012). Rahasia sukses membangun kecerdasan emosi dan

spiritual esq (emotional Spiritual quotient): the esq way 165 jilid 1. Jakarta: PT.

Arga Tilanta

Anggito, A.,& Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Ahmad Tanzeh dan Suyitno. 2006. Dasar-dasar penelitian. Surabaya: Elkaf

Anggraini, Yenni. (2022). Program Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral

di Sekolah. Jurnal Basicedu. 6(5), 9205-9212.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3963

Berliana Yolandasari, Mega. 2020. Skripsi: “Efektivitas pembelajaran daring dalam

pembelajaran bahasa indonesia dikelas II A MI Unggulan Miftahul Huda

Tumang Cepogo Boyolali tahun pelajaran 2019/2020”. Salatiga : IAIN Salatiga.

Ilmi Al Idrus, S.F., Damayanti,P.S & Ermayani. (2020). PENGEMBANGAN Kecerdasan

Emosional Peserta Didik Di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Karakter.

Pendasi (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4 (1), 1-10.

Imam, Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi

Aksara.

Lexy, J, Moleong. 2002. Prosedure Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosyda

Karya.

Maslow, Abraham. 1993. Motivasi dan Kepribadian, alih bahasa: Nurul Iman. Bandung:

Rosyda Karya.

Munastiwi, Erni. (2018). Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini

(PAUD). Manageria (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 3 (2), 369-378.

Munisah, Eny. (2020). Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. Elsa (Jurnal Edukasi Lingua

Sastra), 18 (2), 73-84.

Nugraheni, T., & Pamungkas, J. (2022). Analisis pelaksanaan pembelajaran seni pada

paud. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 5(1), 20–30.

https://doi.org/10.23917/ecrj.v5i1.18689

Menjelajahi Hubungan Program Ekstrakurikuler Dengan Pengembangan Karakter Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Formal Studi

Kasus Tk Kumara Bhuana

Pastika, I.G.T., & Sukerni, I.M. (2022). Strategi Pembelajaran Tari Bali Pada Anak Usia

Dini Di Sanggar Taman Giri Agung Denpasar. Pratama Widya (Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini), 7(2), 124-139.

Restianim, V., Pendy, A., & Merdja, J. (2020). Gaya belajar mahasiswa Pendidikan

Matematika Universitas Flores dalam pemahaman konsep fungsi. SPEJ (Science

and Physics Educational Journal), 3(2), 48–56.

https://doi.org/10.31539/spej.v3i1.990

Soedarsono, RM. 1976. Pengantar Pengetahuan Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari

Indonesia

Saeful., A & Lafendry., F. (2021). Lingkungan Pendidikan dalam Islam. Tarbawi (Jurnal

Pemikir dan Pendidikan Islam), 4(1), 50-67.

Saputra, Yuli. Perundungan, gim, dan tantangan viral sekolah masih tergagap-gagap

menghadapi kasus bully.

https://www.bbc.com/indonesia/articles/czkdgve3840o#:~:text=Di%202021%2

C%20KPAI%20mencatat%20terjadi,maya%20menurun%20menjadi%2018%2

kasus. Diakses 4 maret 2023

Sarosa, Samiaji. 2017. Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar Edisi 2. Jakarta: Indeks Jakarta.

Sugiyono. 2015.

Umrati & Wijaya, Hengki. 2020. Analisis Data Kualitatif. Makassar: Sekolah Tinggi

Theology Jaffary.

Yusanto, Y. (2019). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific

Communication, 1(1), 1-13. http://dx.doi.org/10.31506/jsc. v1i1.7764.

Wardani. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar, Fasilitas, dan Metode Mengajar Guru

Melalui Motivasi terhadap Hasil Belajar. JEHSS (Journal of Education,

Humaniora and Social Science), 3 (3), 1307-1315.

https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.553

Wardhani.,N.K.S.(2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis

Pendekatan Ki Hajar Dewantara. Pratama Widya (Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini), 6 (2), 159-164.

Diterbitkan

2023-04-30

Cara Mengutip

Mahendradhani, G. A. A. R. (2023). KARAKTER EXTRAKULIKULER DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KARAKTER TK KUMARA BHUANA: EXTRAKULIKULER DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KARAKTER TK KUMARA BHUANA. PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 35–45. https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2432
Abstrak viewed = 129 times