PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS OTAK DI PAUD DENGAN PERMAINAN PUZZLE

Penulis

  • Nyoman Wiraadi Tria Ariani UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Dhika Widarnandana I Gde Universitas Dhyana Pura
  • Wira Adi Armaeni Ketut Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v7i1.238

Kata Kunci:

Kata Kunci: Pembelajaran berbasis otak, permainan, puzzle

Abstrak

Kegiatan belajar anak usia dini wajib menghadirkan suasana yang nyaman dan menyenangkan dengan cara bermain sambil belajar. Bermain adalah stimulasi yang sangat tepat bagi anak karena melalui kegiatan bermain, anak dapat menggunakan seluruh emosinya, perasaannya, dan pikirannya. Salah satu kegiatan bermain sambil belajar adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis otak dengan permainan puzzle. Pembelajaran berbasis otak identik dengan pendekatan yang menggunakan sistem fungsi otak dalam kegiatan proses belajar mengajar yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penerapan pembelajaran berbasis otak pada anak usia dini dapat dilakukan dengan permainan puzzle. Puzzle merupakan bentuk permainan yang dimainkan  dengan  cara menyusun  kepingan-kepingan  yang  dimainkan  menjadi  satu kesatuan utuh, sehingga terbentuk gambaran  aslinya  secara keseluruhan. Pembelajaran berbasis otak melalui permainan puzzle dapat membantu anak dalam koordinasi cara berpikirnya untuk menghubungkan dan bertindak menggunakan angka, bilangan, simbol, warna, bentuk, pola, anak juga dapat belajar menyelesaikan suatu masalah, melatih kemampuan daya ingat dan konsentrasi, melatih kesabaran anak, menambah pengetahuan serta melatih koordinasi motorik halus dan pengelolaan emosi anak. Penerapan permainan puzzle pada anak usia dini juga sejalan dengan teori perkembangan menurut Piaget yaitu tahapan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun mengarah pada penggunaan simbol-simbol, anak juga dapat memahami identitas, memahami hubungan sebab akibat, dan anak mampu mengklasifikasikan serta memahami angka, anak dapat mengekspresikan pikiran dan ide-ide, anak dapat leluasa bertanya dan menjawab, serta anak dapat memahami konsep berhitung sederhana.

Diterbitkan

2022-05-05

Cara Mengutip

Ariani, N. W. T., I Gde , D. W., & Ketut , W. A. A. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS OTAK DI PAUD DENGAN PERMAINAN PUZZLE. PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 12–20. https://doi.org/10.25078/pw.v7i1.238
Abstrak viewed = 595 times