PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS OTAK DI PAUD DENGAN PERMAINAN PUZZLE
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v7i1.238Kata Kunci:
Kata Kunci: Pembelajaran berbasis otak, permainan, puzzleAbstrak
Kegiatan belajar anak usia dini wajib menghadirkan suasana yang nyaman dan menyenangkan dengan cara bermain sambil belajar. Bermain adalah stimulasi yang sangat tepat bagi anak karena melalui kegiatan bermain, anak dapat menggunakan seluruh emosinya, perasaannya, dan pikirannya. Salah satu kegiatan bermain sambil belajar adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis otak dengan permainan puzzle. Pembelajaran berbasis otak identik dengan pendekatan yang menggunakan sistem fungsi otak dalam kegiatan proses belajar mengajar yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penerapan pembelajaran berbasis otak pada anak usia dini dapat dilakukan dengan permainan puzzle. Puzzle merupakan bentuk permainan yang dimainkan dengan cara menyusun kepingan-kepingan yang dimainkan menjadi satu kesatuan utuh, sehingga terbentuk gambaran aslinya secara keseluruhan. Pembelajaran berbasis otak melalui permainan puzzle dapat membantu anak dalam koordinasi cara berpikirnya untuk menghubungkan dan bertindak menggunakan angka, bilangan, simbol, warna, bentuk, pola, anak juga dapat belajar menyelesaikan suatu masalah, melatih kemampuan daya ingat dan konsentrasi, melatih kesabaran anak, menambah pengetahuan serta melatih koordinasi motorik halus dan pengelolaan emosi anak. Penerapan permainan puzzle pada anak usia dini juga sejalan dengan teori perkembangan menurut Piaget yaitu tahapan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun mengarah pada penggunaan simbol-simbol, anak juga dapat memahami identitas, memahami hubungan sebab akibat, dan anak mampu mengklasifikasikan serta memahami angka, anak dapat mengekspresikan pikiran dan ide-ide, anak dapat leluasa bertanya dan menjawab, serta anak dapat memahami konsep berhitung sederhana.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Nyoman Wiraadi Tria Ariani, Dhika Widarnandana I Gde , Wira Adi Armaeni Ketut
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.