PENANGANAN ANAK TUNAWICARA : STUDI KASUS
PENANGANAN ANAK TUNAWICARA : STUDI KASUS
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2329Kata Kunci:
Handling; Child; Speech impairedAbstrak
Pendidikan inklusif seyogianya menyamakan anak berkebutuhan khusus dengan anak normal lainnya. Tunawicara adalah suatu kondisi ketidakmampuan seseorang untuk mengkomunikasikan gagasannya kepada pendengar (orang lain) dengan menggunakan organ bicaranya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini dilaksanakan pada RA Al-Ashriyah Kota Langsa. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak penderita tunawicara dan juga para guru RA Al-Ashriyah Kota Langsa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis tertarik untuk mengkaji tentang penanganan anak autis di RA Al-Ashriyah Kota Langsa. Adapun rumusan masalah yang ingin di kaji yaitu: (1) Bagaimana karakteristik anak tunawicara di RA Al-Ashriyah Kota Langsa? (2) Bagaimanakah penanganan anak tunawicara di RA Al-Ashriyah Kota Langsa? dan (3) Apa sajakah kendala yang dihadapi guru dalam menangani anak tunawicara di RA Al-Ashriyah Kota Langsa?
Referensi
Akhmad, F., Ediansyah, P., Fitriah, J., Farameida, E., Purwanto, J., & Dahlan, U. A.
(2021). Karakteristik dan Model Bimbingan Atau Pendidikan Islam Bagi ABK
Tuna Wicara. MASALIQ: Jurnal Pendidikan Dan Seni, 1(3), 156–163.
Amanulla, A. S. R. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita, Down
Syndrom Dan Autisme. Al-Murtaja: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1),
–13. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/990/680
Amka. (2019). Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Kalimantan
Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 86–101.
https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1234
Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka
Cipta.
Firdaus, Y. (2017). Studi Deskriptif Peranan Guru Pendidik Khusus dalam Implementasi
Program Kebutuhan Khusus bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Jurnal
Pendidikan Khusus, 9(1), 1–10.
journal2.um.ac.id/index.php/jo/article/download/4406/2579
Gumilar, R., & Prawahandaru, H. (2011). Teg Watch (The Guider Watch) Inovasi Jam
Tangan Pencegah Tindak Kejahatan Bagi Penderita Tuna Wicara. Jurnal Khazanah,
–10.
https://journal.uii.ac.id/khazanah/article/view/16688%0Ahttps://journal.uii.ac.id/k
hazanah/article/download/16688/10487
Hanifah, D. S., Haer, A. B., Widuri, S., & Santoso, M. B. (2022). Tantangan Anak
Berkebutuhan Khusus (Abk) Dalam Menjalani Pendidikan Inklusi Di Tingkat
Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM),
(3), 473. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.37833
Hasibuan, R. H., Veryawan, & Tursina, A. (2021). Media Audio Visual : Pengaruhnya
Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 117–125.
Herawati, N. I. (2010). Pendidikan Inklusif. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar,
(1).
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/a
nie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B978085709
%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21918515%0Ahttp://www
.cabi.org/cabebooks/ebook/20083217094
Hidayat, T., Gutji, N., & Sekonda, F. A. (2022). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling
dalam Menangani Masalah Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu dan
Tunawicara di SMKN 4 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 2517–2521.
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3302%0Ahttps://jptam.org/index.p
hp/jptam/article/download/3302/2775
Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan
Sosial Anak Penyandang Disabilitas. IJTIMAIYA: Journal of Social Science
Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099
Kismawiyati, R. (2018). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Paud
Kabupaten Jember. HELPER : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 35(1), 1–10.
https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no1.a1456
Linda, L. L., & Muliasari, A. (2021). Analisis Kebutuhan dan Perilaku ABK Tunarungu
dan Wicara dalam Pembelajaran Matematika Dasar di SKh Kabupaten Pandeglang.
JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 09–22.
https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2145
Mirfan, M. (2021). Media Pembelajaran Fingerspelling Alphabet untuk Penderita
Tunarungu dan Tunawicara Berbasis Android. Inspiration: Jurnal Teknologi
Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 13. https://doi.org/10.35585/inspir.v11i1.2607
Pasek Suyadnya, I. W., Wijaya Adi Candra, I. P., Agus Nugraha Ginarsa, N., & Suartika,
I. M. (2018). Alat Bantu Komunikasi Terintegrasi bagi Penyandang Tuna Wicara
Berbasis Sensor Gerak dan OpenWrt. Jurnal SPEKTRUM, 5(2), 176.
https://doi.org/10.24843/spektrum.2018.v05.i02.p22
Rahayu, S. M. (2015). Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini
Melalui Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2).
https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3048
Rahmawati, S., Firmiana, M. E., & Imawati, R. (2017). Kesadaran dan Pengetahuan untuk
Penanganan Awal Anak Berkebutuhan Khusus di Lembaga PAUD Pesanggrahan
Jakarta. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 3(2), 169.
https://doi.org/10.36722/sh.v3i2.206
Rahmi, U., Agustina, & Gani, E. (2020). Pemerolehan bahasa anak tuna rungu sekaligus
tuna wicara pada usia 6 tahun (Studi kasus Rosmawati). Lingua: Jurnal Bahasa,
Sastra, Dan Pengajarannya, 16(2), 155–160.
Rakhmawati, M. E. (2020). Analisis Faktor Pendukung Hasil Pembelajaran Daring pada
Anak Berkebutuhan Khusus. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas
Negeri Semarang, 399–407.
https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/569/488
Setiawati, F. A., & Nai’mah. (2020). Mengenal Konsep-konsep Anak Berkebutuhan
Khusus Dalam PAUD. SELING Jurnal Program Studi PGRA, 6, 1–16.
Sunanik, S. (2013). Pelaksanaan Terapi Wicara dan Terapi Sensori Integrasi pada Anak
Terlambat Bicara. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 19–44.
https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.1.542
Travelancya, T. (2022). Analisis Kebutuhan dan Perilaku ABK Tunawicara Dalam
Pembelajaran Matematika di SDLB PGRI Wonoasih Probolinggo. Al-Fikru: Jurnal
Pendidikan Dan Sains, 3(1), 142–150.
Wiranda, N., & Putro, A. E. (2019). Model Identifikasi Kata Ucapan Tuna Wicara. IJEIS
(Indonesian Journal of Electronics and Instrumentation Systems), 9(2), 131.
https://doi.org/10.22146/ijeis.47609
Yusra, S. R., Mariyana, R., & Djohaeni, H. (2019). Penataan Kelas Pada PAUD Inklusi
(Penelitian Studi Kasus di sebuah Taman Kanak kanak Inklusi di Kota Bandung).
Jurnal Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia
Dini, 16(1), 40–48.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Veryawan, Juliati, Dwi Septi Anjas Wulan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.