Cergam Digital sebagai Alternatif Media Pendukung Pemerolehan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini di Tk Bina Putra 1 Wonorejo Kabupaten Demak

Penulis

  • Sri Supriyani Universitas Muria Kudus
  • Amalia Fajriyyatin Najichah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v9i1.2319

Kata Kunci:

cergam digital; alternatif media pendukung; pemerolehan bahasa reseptif; anak usia dini; TK Bina Putra 1 Wonorejo Kabupaten Demak.

Abstrak

Digitalisasi dalam dunia pendidikan memiliki banyak manfaat, tetapi juga menjadi masalah tersendiri bagi pembelajaran untuk anak usia dini apabila tidak diaplikasikan dengan tepat. TK Bina Putra 1 Wonorejo Kabupaten Demak memiliki inovasi pembelajaran dengan menggunakan media digital sebagai alternatif media pendukung pemerolehan bahasa reseptif anak usia dini. Hal ini menjadi dasar dari penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui implementasi, faktor-faktor pendukung, dan faktor-faktor penghambat pada pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengimplementasian cergam digital pada pembelajaran bahasa reseptif anak usia dini di TK Bina Putra 1 Wonorejo mengacu pada kriteria cergam digital yang ditentukan oleh guru dan daya dukung dari berbagai pihak sehingga dapat terlaksana sesuai dengan rancangan pembelajaran yang telah disusun; (2) faktor pendukung pengimplementasian cergam digital untuk pembelajaran bahasa reseptif anak usia dini di TK Bina Putra 1 Wonorejo meliputi kelengkapan sarana dan prasarana yang memadai, dukungan stakeholder, dan kompetensi pendidik; (3) kendala yang terjadi dalam proses pengimplemenatasian cergam digital untuk pembelajaran bahasa reseptif anak usia dini di TK Bina Putra 1 Wonorejo terkait dengan teknis dan pengondisian kelas di awal pembelajaran yang dapat segera teratasi dengan bantuan operator sekolah serta guru pendamping.

Referensi

Abdul Latip. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.176

Adi, T. (2016). Perancangan Cergam Digital “ Gatotkaca : Pengorbanan Sang Kesatria ” [Universitas Sebelas Maret]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/78239/NDE4MTY4/Perancangan-cergam-digital-gatotkaca-pengorbanan-sang-kesatria-abstrak.pdf

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.

Asiba, W. P. (2021). Pentingnya teknologi bagi guru p ada masa pandemi covid 19. OSF Preprints, 1(1), 1–9. https://osf.io/345zu

Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318.

Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik. Lentera, XVIII(1), 63–75.

Hasrullana, A. (2015). “Mari Berketerampilan” Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia.

I Kadek Ardian Wahyu Wiranatha, Eldiana Tri Narulita, I. G. N. W. (2020). Perancangan Cerit Bergambar Digital untuk Sosialisasi “Aci Tulak Tunggul” di Mengwi-Bandung. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 1(01), 1–9.

Istianto, J. A., Margana, M., & Wahyudi, A. T. (2015). Perancangan Buku Cerita Bergambar yang Menunjukkan Moral dari Kisah Kehidupan Liu Bei. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, 1(6), 1–12.

Juniarti, Y., & Nurlaeni. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 51–62. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud

Melawati. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Pada Sekolah SMP AL-Munib. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 154–160.

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya (Vol. 53, Issue 4). Universitas Negeri Malang.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Siistem Pendidikan Nasional, 4 147 (2003).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pub. L. No. 137, Kemendikbud RI (2014). https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699

Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, 14(1), 29–50. https://doi.org/10.20414/Qawwam.v14i1.2310

Ulandari, A. (2020). Perancangan Cergam “Ibu Kami Seekor Kucing” Cerita Rakyat Jambi. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 10(4), 1–6.

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Sri Supriyani, & Amalia Fajriyyatin Najichah. (2024). Cergam Digital sebagai Alternatif Media Pendukung Pemerolehan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini di Tk Bina Putra 1 Wonorejo Kabupaten Demak. PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 13–27. https://doi.org/10.25078/pw.v9i1.2319
Abstrak viewed = 17 times