PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKASI STIK ES KRIM PINTAR DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK

Penulis

  • Ni Luh Sariasih Sariasih UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Gede Sedana Suci Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Komang Suardika Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1877

Kata Kunci:

Literacy Skills, Smart Ice Cream Sticks, Educational Game Tools ., Early Childhood

Abstrak

Anak usia dini merupakan generasi penerus bangsa yang perlu mendapat perhatian serius. Sejak lahir, anak memiliki berbagai potensi yang diberikan oleh Tuhan. Potensi tersebut perlu dirangsang dan difasilitasi agar dapat berkembang secara optimal. Media merupakan aspek penting untuk mendukung kemampuan literasi dini anak. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk merangsang perkembangan literasi dini anak adalah media stik es krim pintar. Penelitian ini menggunakan tiga teori yang terdiri dari teori behavioristik, teori konstruktif, dan teori maturasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas.Hasil yang diperoleh menggambarkan adanya peningkatan ketuntasan belajar sebanyak 14 atau 93,3% siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Pada pengamatan Siklus II penelitian ini telah mencapai kriteria indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 80% dari jumlah siswa. Dampak penggunaan alat permainan edukasi stik es krim pintar dalam menumbuhkan kemampuan literasi di TK Desa Besan adalah anak mengenal huruf dengan baik (program pra menulis), anak bisa belajar sambil bermain, membantu merangsang motorik halus anak, menumbuhkan semangat kebersamaan kalangan anak-anak, meningkatkan kemampuan anak-anak untuk mendengarkan dan meningkatkan kosakata anak-anak.

Referensi

Akbar, Eliyyil. 2020. Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Angraini, Dian. (2018). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Dengan Barang Bekas Untuk Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini Di RA Al-Hidayah Kecamatan Kasui Kabupaten Waykanan. Skripsi. Lampung: Universitas Negeri Raden Intan

Arikuno, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Barnawi. 2012. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Kaelan, H. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma.

Luluk Hodiqoutul, dkk, 2017. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Banten: Universitas Terbuka.

Maulinda, Tengku. 2019. Pengembangan Alat Permainan Kotak Pintar Sesuai Tema Untuk Menambah Kosakata Anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak. Skripsi. Indralaya: Universitas Sriwijaya

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu

Purnama, R. (2019). Meningkatkan Penguasaan Keaksaraan Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard di TK Para Bintang Kota Jambi Tahun Ajaran 2017-2018. Skripsi. Indralaya: Universitas Sriwijaya

Robingatin dan Ulfah Zakiyah. 2020. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini (Analisis Kemampuan Bercerita Anak). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sutrisni, Enny. 2017. Strategi Pembelajaran di Lembaga PAUD. Banten: Universitas Terbuka.

Diterbitkan

2022-10-31

Cara Mengutip

Sariasih, N. L. S., Sedana Suci, I. G. ., & Suardika, I. K. (2022). PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKASI STIK ES KRIM PINTAR DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK. PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 140–150. https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1877
Abstrak viewed = 651 times