PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKASI STIK ES KRIM PINTAR DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1877Kata Kunci:
Literacy Skills, Smart Ice Cream Sticks, Educational Game Tools ., Early ChildhoodAbstrak
Anak usia dini merupakan generasi penerus bangsa yang perlu mendapat perhatian serius. Sejak lahir, anak memiliki berbagai potensi yang diberikan oleh Tuhan. Potensi tersebut perlu dirangsang dan difasilitasi agar dapat berkembang secara optimal. Media merupakan aspek penting untuk mendukung kemampuan literasi dini anak. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk merangsang perkembangan literasi dini anak adalah media stik es krim pintar. Penelitian ini menggunakan tiga teori yang terdiri dari teori behavioristik, teori konstruktif, dan teori maturasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas.Hasil yang diperoleh menggambarkan adanya peningkatan ketuntasan belajar sebanyak 14 atau 93,3% siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Pada pengamatan Siklus II penelitian ini telah mencapai kriteria indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 80% dari jumlah siswa. Dampak penggunaan alat permainan edukasi stik es krim pintar dalam menumbuhkan kemampuan literasi di TK Desa Besan adalah anak mengenal huruf dengan baik (program pra menulis), anak bisa belajar sambil bermain, membantu merangsang motorik halus anak, menumbuhkan semangat kebersamaan kalangan anak-anak, meningkatkan kemampuan anak-anak untuk mendengarkan dan meningkatkan kosakata anak-anak.
Referensi
Akbar, Eliyyil. 2020. Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.
Angraini, Dian. (2018). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Dengan Barang Bekas Untuk Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini Di RA Al-Hidayah Kecamatan Kasui Kabupaten Waykanan. Skripsi. Lampung: Universitas Negeri Raden Intan
Arikuno, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Barnawi. 2012. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Kaelan, H. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma.
Luluk Hodiqoutul, dkk, 2017. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Banten: Universitas Terbuka.
Maulinda, Tengku. 2019. Pengembangan Alat Permainan Kotak Pintar Sesuai Tema Untuk Menambah Kosakata Anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak. Skripsi. Indralaya: Universitas Sriwijaya
Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu
Purnama, R. (2019). Meningkatkan Penguasaan Keaksaraan Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard di TK Para Bintang Kota Jambi Tahun Ajaran 2017-2018. Skripsi. Indralaya: Universitas Sriwijaya
Robingatin dan Ulfah Zakiyah. 2020. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini (Analisis Kemampuan Bercerita Anak). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sutrisni, Enny. 2017. Strategi Pembelajaran di Lembaga PAUD. Banten: Universitas Terbuka.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ni Luh Sariasih Sariasih, Sedana Suci I Gede , Suardika I Komang
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.