MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA ANAK KELOMPOK B2
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1857Kata Kunci:
language skills; storytelling method; local wisdomAbstrak
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa melalui metode bercerita berbasis kearifan lokal pada anak Kelompok B2 PAUD Pelita Kasih. Penelitian dengan prosedur empat tahap, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi, dalam dua siklus berturut-turut dengan setiap siklus berlangsung selama 3 hari. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan persentase ketuntasan yang terjadi pada observasi awal hingga Siklus II. Persentase ketuntasan pada observasi awal terhadap kemampuan bahasa sebanyak 6 anak (35,29%), pada Siklus I mencapai 11 anak (64,71%), dan pada Siklus II mencapai 15 anak (88, 24%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode bercerita berbasis kearifan lokal sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak Kelompok B2 PAUD Pelita Kasih.
Referensi
Agung, A. A. Gede. 2014. Metode Penelitian Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Publishing.
Budiyanto. 2017. Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Lokal. Jakarta: Prenadamedia Group
Hemah, E., Sayekti, T., & Atikah, C. 2018. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1-14.
Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Satandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Latif, Mukhtar., & Latief, Suryawahyuni. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Aplikasi). Jakarta: Kencana
Mulyasa, Enco. 2021. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mursid. 2017. Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurmiati, N. 2018. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini Di TK. ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal), 1(1), 27-32.
Otto, Beverly. 2015. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Prenamedia Group.
Paramita, N. M. M., Tirtayani, L. A., & Asri, I. G. A. S. 2018. Pengaruh Metode Bercerita Lokal Bali Terhadap Nilai Karakter Anak Kelompok B TK Gugus Melati Kecamatan Marga Tabanan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(3), 363-372.
Pohan, J. E. 2019. Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Pengembangan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Pudjaningsih, wiwik. 2013. Metode Pengembangan Bahasa: Penerapannya Pada Pembelajaran Berbasis Tema Dan Sentra Di Taman Kanak-Kanak. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rapanna, P. 2018. Menembus Badai Ekonomi dalam Perspektif Kearifan Lokal. Makassar: CV Sah Media Makassar.
Rasto., Nursafari, H. B., Fuad, K., Alvianto, R.,& Fetri, T. R., 2022. Sejarah Kearifan Lokal Indahmayu, Cirebon dan Subang: Antologi Artikel. Jawa Barat: CV . Adanu Abimata
Resdianto, P. R., Supratno, H., Subandiyah, H., & Prehanto, D. P. 2022. Kearifan Lokal dan Multikultural Dalam Satra Lisan di Era Digital. Bandung: PT Indonesia Emas Group.
Tampubolon, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.
Utari, Sumarmo. 2013. Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematika serta Pembelajarannya. Bandung: PT. Refika Aditama.
Warso, A. W. D. D. 2021. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: CV Budi Utama
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 ayu surya, Serafina, Putu Indah Lestari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.