METODE BERCERITA MELALUI GAMBAR MENGEMBANGAKAN KREATIVITAS USIA 5-6 TAHUN PAUD SPNF SKB
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1791Kata Kunci:
Early Childhood, Storytelling Method, Creativity and Image MediaAbstrak
Permasalahan yang dihadapi pada pendidikan anak usia dini adalah kurangnya kemampuan anak untuk menunjukkan kreativitasnya dalam berbagai kegiatan. Anak tidak berani mengungkapkan idenya dan mencoba sesuatu yang baru. Mereka cenderung meniru apa yang dilihat atau dicontohkan. Untuk menumbuhkan kraativitas anak, penulis menggunakan metode bercerita dengan gambar, tujuannya adalah untuk dapat membantu anak usia dini terutama 5 – 6 Tahun di PAUD SPNF SKB Kota Denpasar dapat menambah wawasan dan memunculkan ide baru dari cerita bergambar yang dilihat dan didengarnya. Tentunya dalam penelitan ini, penulis mengunakan metode bercerita degan mengunakan gambar untuk meningkatkan krativitas anak usia 5 – 6 tahun. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif. Langkah-langkah pembelajaran metode cerita dengan gambar sesuai perencanaan yang telah disusun dengan tiga siklus, pada tema binatang peliharaan. Hasil dari penelitian, terjadi peningkatan kreativitas anak dalam aspek perkembangan anak usia dini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan bercertia melalui gambar dapat meningkatkan kreativitas anak untuk melakukan kegaitan pembelajaran, berani menunjukkan idenya dalam aspke pembelajaran di PAUD.
Kata Kunci: Metode Bercerita; Buku Cerita bergambar; Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun
Referensi
Artika Syafitri, 2018, Pengaruh Media Cerita Bergambar terhadap perkembangan bahasa anak di PAUD Witri I Kota Bengkulu. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Dewi, Ni Wayan Puspita. 2020. Strategi Pembelajaran Guru dalam Mengembangkan Aspek Perkembangan Moral dan Agama Anak Usia Dini Pada Kelompok B di TK Negeri Hindu Widya Kumara (Skripsi). Denpasar: Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.
Munandar, Utami. 2004. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah Jakarta: Gramedia
Ratnasari. 2019. Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Komponem Kemampuan Berbicara Anak (Skripsi). Surakarta: Universitas Muhammadiah Surakarta
Munandar, Utami. 2004. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah Jakarta: Gramedia
Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Pranama Ilmu
Rianto, 2016, Pengantar Praktek Penelitian dalam Ilmu Sosial dan komunikasi studi Fenomenologis, Universitas Gajah Mada
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Sutrisni, Enny. 2017. Strategi Pembelajaran di Lembaga PAUD. Banten: Universitas Terbuka.
Suwarti. 2019. Penggunaan Buku Cerita dalam meningkatkan minat belajar anak TK A Banda Aceh (Skripsi). Surakarta: Universitas Muhammadiah Surakarta
Tadjuddin, 2014. Meneropong Perkembangan Anak Usia Dini Perspektif Al-Qur’an (Jawa Barat: Tim Herya Media.
Veryawan, Hasibuan R.H. 2022. Permainan Lari Kelereng: Pembentukan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 7, No. 1, April 2022: Pratama Widya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Anak Agung Rai Tirtawati Agung Rai, I Gde Suryawan, I Made Luwih
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.