PENANAMAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN BERBASIS METODE PROYEK DI PAUD VIDYA KARUNA KOTA DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1763Kata Kunci:
Children's Independence, Project MethodAbstrak
Masa pandemi yang berkepanjangan, memaksa anak-anak untuk kehilangan masa pembelajaran mereka di sekolah. Terdapat banyak kendala terutama pembelajaran pada anak usia dini. Guru diharapkan mampu memberikan bentuk pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan, salah satunya adalah pembelajaran metode berbasis proyek. Dengan menerapkan pendekatan berbasis metode proyek di sekolah PAUD Vidya Karuna Denpasar, anak mendapat pengalaman belajar dengan bekerja sama, berbagi tugas dan tanggung-jawab yang dilakukan secara terintegrasi untuk mencapai tujuan akhir yang dimiliki bersama. Sesuai dengan teori John Dewey (Learning by Doing), anak-anak memahami materi ketika anak sudah mencoba melakukan kegiatan dan mencari tahu pemecahan dari suatu masalah. Fokus dari penelitian ini adalah penanaman kemandirian anak berbasis metode proyek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Hubberman yang terdiri dari tiga alur diantaranya, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penanaman kemandirian anak melalui pembelajaran metode berbasis proyek ini terjadi peningkatan sebesar 40% dari awal observasi. Sebanyak 86% anak-anak usia 4-5 tahun telah mandiri sesuai dengan indikator instrumen kemandirian anak. Pembelajaran berbasis metode proyek juga dapat meningkatkan kognitif dan social-emosi anak-anak.
Kata Kunci: Penanaman Kemandirian Anak, Metode Proyek
Referensi
Ambarsari Ema. 2019. “Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Metode Pembiasaan Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-Kanak Mujahidin 1.
Anita Yus dan Winda Widya Sari. 2020. Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Edisi revisi. Cetakan ke 2. Jakarta. Kencana.
Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan ke VI. Jakarta. Rineka Cipta
Arisadewi, Made Dwi. 2019. Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Pengukuran Anak Kelompok B Gugus Cempaka Kecamatan Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Undiksha Vol.7, no.2.
Britton, Lesley. 2021. Montessori Play and Learn; Optimalkan Potensi Anak dengan Permainan (Untuk 2-6 Tahun). Cetakan ke 8. Yogyakarta. BFirst.
Christina, Ani. 2020. Tuntas Kemandirian Investasi Sepanjang Hayat. Cetakan ke 2. Sidoarjo. Filla Press.
Fatimah, Maria. 2014. 3M (Mendampingi, Menstimulus, dan Mengantisipasi). Jakarta. Kompas Gramedia.
Gunawan. Adi W. 2012. Born To Be Genius Kunci Mengangkat Harta Karun Dalam Diri Anak Anda. Cetakan keenam. Jakarta. Gramedia
Hurlock, Elizabeth B. 2000. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta. Erlangga.
Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kostelnik, Marjorie J dkk. 2017. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak (Developmentally Appropriate Practices). Jakarta. Kencana.
Magta, Mutiara. 2019. “Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok A”. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol.24 No.2.
Mulyasa, HE. 2012. Manajemen PAUD, Cetakan pertama. Bandung. RosdaNusa Putra dan Ninin Dwilestari. 2012. Penelitian Kualitatif PAUD; Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Rajawali Pers.
Paramita, Vidya Dwina. 2018. Jatuh Hati Pada Montessori; Seni Mengasuh Anak Usia Dini. Yogyakarta. BFirst.
Rakhma, Eugenia. 2017. Menumbuhkan Kemandirian Anak. cetakan ke 1. Jogjakarta. Diandra Primamitra Media.
Santrock, John W. 2012. Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup. Edisi ketigabelas. Jilid 1. Jakarta. Erlangga.
Savitri, Ivy Maya. 2020. Montessori for Multiple Intelligences; Optimalkan Kecerdasan Anak dengan Montessori. Cetakan ke 2. Yogyakarta. Bandung Pustaka.Seldin Tim, Presiden Yayasan Montessori, 2011, Membesarkan Anak Hebat Dengan Metode Montessori, Gaya Favorit Press. Jakarta
Sulaeman, Maman. 2020. Aplikasi Project-Based Learning Untuk Membangun Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Anak. Cetakan ketiga. Depok. Bioma.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Edisi Kedua Cetakan ke-1. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Indeks.
Syahdia, M.Si. (2010). Kesiapan Pembelajaran Metode Berbasis Proyek Dalam Jaringan (DARING) Antisipasi Covid-19.
Wiyani, Novan Ardy. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orangtua & Guru dalam Membentuk Kemandirian & Kedisiplinan Anak Usia Dini. Yogyakarta. Ar-ruzz Media.
Wulandari, Mega Sinta. 2021. Every Child Is Special; Prinsip dan Prosedur Alternatif Modifikasi Perilaku Anak. Cetakan I. Yogyakarta. Laksana.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Silvia Nina Sany, I Wayan Suyanta, I Made Lestiawati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.