STIMULASI TARI KREATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK
STIMULASI TARI KREATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2422Abstract
Kurangnya stimulasi kemampuan sosial anak usia dini disekolah menyebabkan belum
optimalnya perkembangan social anak. Gerak tari kreatif (creative movement)
mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan sosoal anak usia dini. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan data tentang upaya guru
menerapkan gerak tari kreatif untuk meningkatkan kemampuan sosial anak melalui
kegiatan gerak kreatif di kelompok B2 Taman Kanak-kanak Lab School, Singaraja, Bali,
dengan jumlah anak sebanyak 24 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, catatan lapangan, instrumen pemantau tindakan dan dokumentasi. Analisis
data disajikan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil data secara kuantitatif menunjukan
bahwa keterampilan sosial anak dapat meningkat setelah dilakukan tindakan melalui tari
kreatif. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menyebutkan bahwa rerata kelas
pada pra tindakan sebesar 49,30%. Setelah dilakukan tindakan dalam siklus I meningkat
rerata kelas menjadi 71,18% dan siklus II meningkat menjadi 84,42%. Dari hasil
penelitian ini maka dapat disimpulkan gerak kreratif dapat meningkatkan dan
berpengaruh positif terhadap kemampuan sosial anak.
References
Anhusadar, L., & Junita, E. N. (2021). Parenting Dalam Meningkatkan Perkembangan
Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak
Usia Dini, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.v5i2.11002
Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia
Prasekolah. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2).
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/595
Ariani, K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening
Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1).
https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690
Astarini, N., Hamid, S. I., & Rustini, T. (2017). Studi Dampak Tavangan Televisi
Terhadap Perkembangan Perilaku Sosial Anak. Cakrawala Dini : Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1).
https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v8i1.10554
Dale H. Schunk, Paul R. Pintrich, J. L. M. D. E. T. (2012). Motivasi dalam Pendidikan
Teori, Penelitian, dan Aplikasi (Edisi Keti). PT Indeks.
Dewi, A. C., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan
Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi :
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional
Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(1). https://ejournal.
hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2233
Dewi, P. S., Antara, P. A., & Ujianti, P. R. (2020). The Positive Effect of Creative
Movement Model on Children ’ s Personal Skills. Jurnal Pendidikan Dan
Pengajaran, 53(April), 43–55.
https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpp.v53i1.24699
Ismaniar, I., & Utoyo, S. (2020). “Mirror of Effect” dalam Perkembangan Perilaku Anak
pada Masa Pandemi Covid 19. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2),
–157. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32429
Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak
Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627
Kusumastuti, E. (2014). Pendidikan Seni Tari Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-
Kanak Tadika Puri Cabang Erlangga Semarang Sebagai Proses Alih Budaya.
Harmonia : Journal Od Art Dan Education, 5(1).
https://doi.org/https://doi.org/10.15294/harmonia.v5i1.826
Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2020). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini
dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 135. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508
Mulyani, N. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk
Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625.
https://doi.org/https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i1.1961
Permanasari, A. T., Lestari, D. J., & Fujiawati, P. S. (2018). Penerapan Pembelajaran
Tari Untuk Anak Usia Dini Dalam Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa
Jurusan Pendidikan Sendratasik UNTIRTA. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni,
(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v3i2.6916
Prahesti, S. I., Taulany, H., & Dewi, N. K. (2019). Gerak dan Lagu Neurokinestetik
(GELATIK) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal
Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 162.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289
Purwani, A., Fridani, L., & Fahrurrozi, F. (2019). Pengembangan Media Grafis untuk
Meningkatkan Siaga Bencana Banjir. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak
Usia Dini, 3(1), 55. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.142
Purwanti, E., Sulistyorini, S., Sismulyasih, N., Trimurtini, Ansori, I., & Marjuni. (2021).
Asesmen Otentik Berbasis Teknologi Plickers Bagi Siswa Sd Masa Pandemi
Covid-19. Sarwahita, 18(01), 1–10. https://doi.org/10.21009/sarwahita.181.1
Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini
melalui Pembelajaran Gerak dan Lagu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak
Usia Dini, 5(1), 832–840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691
Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam
Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal
Pendidikan, 4(1).
http://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article/view/717
Sutijan, Makhfud, H., Lestari, L., & Chumdari. (2015). Pengembangan Instrumen
Penilaian Pendidikan Karakter Terpadu. Jurnal Paedagogia, 18(2), 1–9.
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=430284&val=4056&title=P
ENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENDIDIKAN KARAKTER
TERPADU
Utomo, C. A., Wdiyawati, L., & Supriyanti, R. (2019). Pengenalan Kebudayaan
Tradisional melalui Pendidikan Seni Tari pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah
Ngadirejo, Sukoharjo. Jurnal Buletin KKN Pendidikan, 1(2).
Wulandari, R., Ichsan, B., & Romadhon, Y. A. (2016). Perbedaan Perkembangan Sosial
Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Pendidikan Usia Dini Dan Tanpa Pendidikan Usia
Dini Di Kecamatan Peterongan Jombang. Biomedika, 8(1).
https://journals.ums.ac.id/index.php/biomedika/article/view/2900
Wulandari, R., & Suteja, J. (2019). Konseling Pendidikan Seks dalam Pencegahan
Kekerasan Seksual Anak (KSA). Prophetic : Professional, Empathy and Islamic
Counseling Journal, 2(1), 61. https://doi.org/10.24235/prophetic.v2i1.4751
Yulianti, R. (2016). Pembelajaran Tari Kreatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Cinta
Lingkungan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Nyoman Chintya Ari Putri, Putu Aditya Antara, Ni Putu Sinta Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.