STIMULASI TARI KREATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK

STIMULASI TARI KREATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Putu Aditya Antara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Sinta Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Chintya Ari Putri Prodi PGPAUD, FIP, UNDIKSHA

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2422

Abstract

Kurangnya stimulasi kemampuan sosial anak usia dini disekolah menyebabkan belum
optimalnya perkembangan social anak. Gerak tari kreatif (creative movement)
mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan sosoal anak usia dini. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan data tentang upaya guru
menerapkan gerak tari kreatif untuk meningkatkan kemampuan sosial anak melalui
kegiatan gerak kreatif di kelompok B2 Taman Kanak-kanak Lab School, Singaraja, Bali,
dengan jumlah anak sebanyak 24 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, catatan lapangan, instrumen pemantau tindakan dan dokumentasi. Analisis
data disajikan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil data secara kuantitatif menunjukan
bahwa keterampilan sosial anak dapat meningkat setelah dilakukan tindakan melalui tari
kreatif. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menyebutkan bahwa rerata kelas
pada pra tindakan sebesar 49,30%. Setelah dilakukan tindakan dalam siklus I meningkat
rerata kelas menjadi 71,18% dan siklus II meningkat menjadi 84,42%. Dari hasil
penelitian ini maka dapat disimpulkan gerak kreratif dapat meningkatkan dan
berpengaruh positif terhadap kemampuan sosial anak.

References

Anhusadar, L., & Junita, E. N. (2021). Parenting Dalam Meningkatkan Perkembangan

Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.v5i2.11002

Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia

Prasekolah. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2).

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/595

Ariani, K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening

Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1).

https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690

Astarini, N., Hamid, S. I., & Rustini, T. (2017). Studi Dampak Tavangan Televisi

Terhadap Perkembangan Perilaku Sosial Anak. Cakrawala Dini : Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1).

https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v8i1.10554

Dale H. Schunk, Paul R. Pintrich, J. L. M. D. E. T. (2012). Motivasi dalam Pendidikan

Teori, Penelitian, dan Aplikasi (Edisi Keti). PT Indeks.

Dewi, A. C., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan

Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi :

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional

Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(1). https://ejournal.

hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2233

Dewi, P. S., Antara, P. A., & Ujianti, P. R. (2020). The Positive Effect of Creative

Movement Model on Children ’ s Personal Skills. Jurnal Pendidikan Dan

Pengajaran, 53(April), 43–55.

https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpp.v53i1.24699

Ismaniar, I., & Utoyo, S. (2020). “Mirror of Effect” dalam Perkembangan Perilaku Anak

pada Masa Pandemi Covid 19. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2),

–157. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32429

Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak

Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627

Kusumastuti, E. (2014). Pendidikan Seni Tari Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-

Kanak Tadika Puri Cabang Erlangga Semarang Sebagai Proses Alih Budaya.

Harmonia : Journal Od Art Dan Education, 5(1).

https://doi.org/https://doi.org/10.15294/harmonia.v5i1.826

Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2020). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini

dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 135. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508

Mulyani, N. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk

Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625.

https://doi.org/https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i1.1961

Permanasari, A. T., Lestari, D. J., & Fujiawati, P. S. (2018). Penerapan Pembelajaran

Tari Untuk Anak Usia Dini Dalam Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa

Jurusan Pendidikan Sendratasik UNTIRTA. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni,

(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v3i2.6916

Prahesti, S. I., Taulany, H., & Dewi, N. K. (2019). Gerak dan Lagu Neurokinestetik

(GELATIK) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal

Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 162.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289

Purwani, A., Fridani, L., & Fahrurrozi, F. (2019). Pengembangan Media Grafis untuk

Meningkatkan Siaga Bencana Banjir. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini, 3(1), 55. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.142

Purwanti, E., Sulistyorini, S., Sismulyasih, N., Trimurtini, Ansori, I., & Marjuni. (2021).

Asesmen Otentik Berbasis Teknologi Plickers Bagi Siswa Sd Masa Pandemi

Covid-19. Sarwahita, 18(01), 1–10. https://doi.org/10.21009/sarwahita.181.1

Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini

melalui Pembelajaran Gerak dan Lagu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini, 5(1), 832–840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691

Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam

Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal

Pendidikan, 4(1).

http://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article/view/717

Sutijan, Makhfud, H., Lestari, L., & Chumdari. (2015). Pengembangan Instrumen

Penilaian Pendidikan Karakter Terpadu. Jurnal Paedagogia, 18(2), 1–9.

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=430284&val=4056&title=P

ENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENDIDIKAN KARAKTER

TERPADU

Utomo, C. A., Wdiyawati, L., & Supriyanti, R. (2019). Pengenalan Kebudayaan

Tradisional melalui Pendidikan Seni Tari pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah

Ngadirejo, Sukoharjo. Jurnal Buletin KKN Pendidikan, 1(2).

Wulandari, R., Ichsan, B., & Romadhon, Y. A. (2016). Perbedaan Perkembangan Sosial

Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Pendidikan Usia Dini Dan Tanpa Pendidikan Usia

Dini Di Kecamatan Peterongan Jombang. Biomedika, 8(1).

https://journals.ums.ac.id/index.php/biomedika/article/view/2900

Wulandari, R., & Suteja, J. (2019). Konseling Pendidikan Seks dalam Pencegahan

Kekerasan Seksual Anak (KSA). Prophetic : Professional, Empathy and Islamic

Counseling Journal, 2(1), 61. https://doi.org/10.24235/prophetic.v2i1.4751

Yulianti, R. (2016). Pembelajaran Tari Kreatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Cinta

Lingkungan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1).

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v1i1.851

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Antara, P. A. ., Dewi, N. P. S. ., & Ari Putri, N. N. C. (2023). STIMULASI TARI KREATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK: STIMULASI TARI KREATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 76–84. https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2422
Abstract viewed = 138 times