STEAM FOR EARLY CHILDREN IN PAUD IT INSAN CENDEKIA SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.3131Keywords:
Pelajaran Seni , STEAM , AUD, John DeweyAbstract
Pendidikan seni melibatkan semua bentuk kegiatan berupa aktivitas fisik dan cita rasa keindahan yang tertuang dalam kegiatan berekspresi, bereksplorasi, berapresiasi, dan berkreasi melalui gerak, rupa, dan bunyi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran STEAM pada pembelajaran seni yang dilakukan oleh pendidik. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk menggambarkan atau menguraikan tentang pembelajaran seni pada PAUD IT Insan Cendekia. Wawancara dilakukan untuk menggali informasi dari pendidik dikuatkan lagi dengan dokumentasi. Dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data berupa foto, video, dan dokumen lainnya. Proses analisis kualitatif terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Pendidikan pada hakekatnya merupakan suatu proses penggalian dan pengolahan pengalaman yang dilakukan secara terus menerus, proses penggalian, pengolahan dan pengalaman membuat peserta didik menemukan jati diri yang sesuai dengan minat dan bakat peserta didik, sehingga apa yang dilakukan oleh pendidik dalam proses pembelajarannya selalu memberikan pengalaman-pengalaman yang tertuju pada peserta didik yang akhirnya dapat meciptakan nilai-nilai karakter yang baik, pengalaman yang dilakukan oleh pendidik saat mendengarkan lagu kemudian menjelaskan pesan moral yang terdapat pada lagu tersebut, dapat menciptakan karakter yang lebih baik pada peserta didik PAUD IT Insan Cendekia. Pelajaran musik di PAUD IT Insan Cendekia tersebut adalah bernyanyi, mengenal birama, belajar mengingat, gerak dan lagu, mendengarkan musik dan bermain alat musik.
References
Aditya, S.E. & Akkas, M., 2021. Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi STEAM untuk Satuan PAUD. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Ariyanti, T. 2016. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. 8(1). pp. 50-58
Brian Kisida, Daniel H. Bowen, and Jay P. Greene, “Cultivating Interest in Art: Causal Effects of Arts Exposure during Early Childhood,” Early Childhood Research Quarterly 45 (October 1, 2018): 197–203, https://doi.org/10.1016/J.ECRESQ.2017.12.003.
Imamah, Zakiyatul, and Muqowim Muqowim. "Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose part." Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak (2020): 263-278.
Jamalus, 1988. Pengajaran Musik melalui Pengalaman Musik. Jakarta : Depdikbud
Kisida, B., Bowen, D. H. & Greene, J. P. Cultivating interest in art: Causal effects of arts exposure during early childhood. Early Child. Res. Q. 45, 197–203 (2018).
Kim, J., Yu, H., & Kim, H. K. (2022). Effects of cumulative family risks on school readiness skills: A cross-cultural study between the U.S. and Korea. Early Childhood Research Quarterly, 61, 15–24. https://doi.org/10.1016/J.ECRESQ.2022.05.002
Kristiana, D. Parents’ Roles in STEAM Learning in Early Childhood. 1st Int. Conf. Educ. Soc. … 581, (2021).
Krogh, S.L & Slentz, K. L. (2008). The Early Childhood Curriculum. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Lestari, Ami Dwi, M. Yusuf Setiawardana, and Ari Widyaningrum. "Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Lagu Nasional Di Sdn Rejosari 02 Semarang." Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An (2020): 49-â
Lindeman K., Jabot M, Berkley M. The Role of STEM (or STEAM) in the Early Childhood Setting" In Learning Across the Early Childhood Curriculum. Emeraldinsight. Published online 2013:iii.
Martin, Nussbaum Miguel, and Jorge Ortiz. 2020. Integrating Critical Thinking Into The Classsroom: A Teacher’s Prespective. Thinking Skills and Creativity. 37 (2). pp. 1-46. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100674
Mayer, D., & Beckh, K. (2016). Examining the validity of the ECERS-R: Results from the German National Study of Child Care in Early Childhood. Early Childhood Research Quarterly, 36, 415–426. https://doi.org/10.1016/J.ECRESQ.2016.01.001
Mualifah, I. (2013). Progresivisme John Dewey dan Pendidikan Partisipatif Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(1), 101-121.
Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Munawar, M., Prasetyo, A., & Pusari, R. W. (2013). Pengembangan model pembelajaran Inovatif melalui pendekatan in house training berbasis kearifan budaya lokal. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1 mei).
Muqowin, & Imamah. Z. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini melalui Metode Pembelajaran Berbasis STEAM and Loose Parts. YINYANG. Jurnal Studi Islam, Gender, dan anak. Vol.15, No.2 Juli 2020.https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917
Pekerti, Widia, dkk. 2014. Metode Pengembangan Seni. Tangerang Selatan : Univrsitas Terbuka.
Qomariyah, Nurul, and Zahratul Qalbi. 2021. “Pemahaman Pendidik PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Penggunaan Media Loose Parts Di Desa Bukit Harapan.” JECED : Journal of Early Childhood Education and Development 3(1)
Reza, A.M., dkk. 2018. Pengembangan Soft Skills Peserta Didik Melalui Integrasi Pendekatan Science. Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) Dalam Pembelajaran Asam Basa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia. 8(2). pp. 42-51. DOI: https://doi.org/10.21009/JRPK.082.05
Rianto, Vina Muthmainna. 2017. “KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI JOHN DEWEY PADA MATERI TRIGONOMETRI.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 6, no. 7: 12–26
Shabrina, E., & Lestariningrum, A. (2020). The role of loose parts play in logical thinking skill in KB Lab school. Journal of Early Childhood Care and Education. https://doi.org/10.26555/jecce.v3i1.1679
Sukohardi, AL, 1978. Teori Musik Umum. Yogyakarta : Pusat Musik Liturgi.
Sun, H., dkk., 2022. Exploring the structure of students’ scientific higher order thinking in science education. Thinking Skills and Creativity. 43. (1). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.100999
Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Teun J. 2020. Teaching Critical Thinking through Engagement With Multiplicity. Thinking Skilss and Creativity.37.pp.1-30. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100701
Wahyuseptiana, Yetty Isna, Dina Pertiwi Aje, and Paulus Widjanarko. "STEAM Approach To Improving Critical Thinking Skills In Early Children." (2022).
Widjanarko, Paulus. "Penanaman Karakter Melalui Lagu-Lagu Nasional Di Paud Pelita Harapan Bangsa Kota Tegal." PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 8.2 (2019)
Widjanarko S.Pd., M.Pd P. ART LEARNING FOR CHILDREN WITH DELAYED CHILDREN IN SLB MANUNGGAL SLAWI , TEGAL
Wilcox, M. J., Gray, S., & Reiser, M. (2020). Preschoolers with developmental speech and/or language impairment: Efficacy of the Teaching Early Literacy and Language (TELL) curriculum. Early Childhood Research Quarterly, 51, 124–143. https://doi.org/10.1016/J.ECRESQ.2019.10.005
Yulianti. (2020). Loose Part Material Lengkap Otentik stimulasi PAUD. Bandung: PT Sarang Seratus Aks
Yusniar, N. (2021). Emotional Maturity in the Ability to Socialize Early Childhood Educators. International Journal of Social Science and Religion, 61–76. https://doi.org/10.53639/IJSSR.V2I1.26
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Paulus Widjanarko, Suharto, Oka Irmade, Eka Titi Andaryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.