PENANAMAN NILAI KEWIRAUSAHAAN DAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN PEKENAN PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN

Authors

  • I Dewa Made Supriawan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • I Putu Yoga Purandina Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • I Komang Sesara Ariyana Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.3118

Keywords:

value inculcation, creativity value, entrepreneurship value, pekenan activities, playgroups

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program pekenan di KB Rare Diatmika mengenai proses kegiatan pekenan, bagaimana nilai kreativitas dan kewirausahaan ditanamkan, serta kendala dan solusi yang dapat ditawarkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Data penelitian ini diperoleh melalui proses observasi dan wawancara mendalam dengan guru, pengelola, dan orang tua murid. Untuk itu disiapkan lembar observasi dan kuesioner wawancara. Wawancara direkam dengan menggunakan alat perekam. Dalam analisis data dilakukan reduksi data, display data, lalu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pekenan di KB Rare diatmika menerapkan konsep yang sangat sederhana selain mengoptimalkan potensi lingkungan yang ada di desa dan sekitar lembaga, yaitu dari hasil penerimaan barang dagangan yang dibawa peserta didik dan orang tua serta dari kebun sekolah yang dikelola. Penanaman nilai kreativitas dan kewirausahaan dengan mengoptimalkan potensi lingkungan mampu menumbuhkan karakter anak yang mandiri, kreatif, berani mengambil resiko, kepemimpinan, orientasi pada tindakan, dan kerja keras. Penelitian ini berimplikasi pada pendidikan di tingkat PAUD, khususnya KB, agar lebih variatif dan kontekstual sesuai dengan. Pengelola sekolah PAUD lainnya mendapatkan variasi dan pilihan dalam mengembangkan potensi anak dengan memanfaatkan potensi daerah tempat Sekolah PAUD tersebut berada.

References

Adam, G., Sum, T. A., & Hadia, K. (2023). Media Pembelajaran Dalam Mengembangkan Fisik Motorik Anak Usia Dini 48 | Jurnal Lonto Leok : Vol 5 , No 2 Juli 2023 49 | Jurnal Lonto Leok : Vol 5 , No 2 Juli 2023. 5(2), 48–60.

Afrianti, N. (2023). Market Day Metode Bermain Literasi Finasial yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7367–7372. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2520

Aisyah, S., Malinda, W., Selvia, E., & Wulandari, R. (2022). Konsep Dasar Pendirian Pengelolaan Lembaga Kelompok Bermain. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 3(2), 224–230. http://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/bharasumba/article/view/204%0Ahttps://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/bharasumba/article/download/204/180

Aprilianti, R., Saraswati, G., & Azis, W. A. (2021). Desain Aplikasi Efkids untuk Menstimulasi Sikap Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 97–108. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.834

Ardiyanti, D. A., & Mora, Z. (2019). Pengaruh Minat Usaha Dan Motivasi Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha Wirausaha Muda Di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 168–178. https://doi.org/10.33059/jseb.v10i02.1413

Arman, M. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Meronce Melalui Media Looseparts di TK Batu Pole. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 292–301. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.2770

Basri, H. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini Yang Proporsional. Jurnal Ya Bunayya, 1(1), 29–45. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/yaabunayya/article/download/1300/803

Berg, B. L. (2004). Qualitative Research Methods for the Social Science. Pearson Education, Inc.

Dewi, N. W. R., & Purandina, I. P. Y. (2022). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Perkembangan Bahasa Anak Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Smart PAUD, 5(2), 99–106.

Disemadi, H. S., & Kang, C. (2021). Tantangan Penegakan Hukum Hak Kekayaan Intelektual dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 7(1), 54. https://doi.org/10.23887/jkh.v7i1.31457

Erika, E., Agrina, A., Novita, S., & Komariah, M. (2021). Tantangan Orang Tua Mendampingi Anak Usia 6-7 tahun Belajar di Rumah selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 252–260. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225

Hasan, M., Arisah, N., Dinar, M., Rahmatullah, R., & Nurdiana, N. (2023). Model Experiential Learning untuk Mengembangkan Karakter Kewirausahaan Berbasis Budaya Lokal pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1333–1345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3884

Hasanah, N. M. (2019). Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal dan Nonformal. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 84–97. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.462

Hasanah, U. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291

Hazwardy, D., & Gunawan, A. (2020). Pelatihan Digital Entrepreneurship Untuk Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha. Abdimas Dewantara, 3(1), 81–88. https://mail.journal.unjani.ac.id/index.php/jkwk/article/view/11

Herawati, S. (2020). Kebijakan Pendidikan Kewirausahaan dalam Menumbuhkan Kesadaran Bela Negara bagi Generasi Muda. Sukma: Jurnal Pendidikan, 4(2), 161–178. https://doi.org/10.32533/04204.2020

Juniantari, M., Setyosari, P., Wedi, A., & Utami, W. B. (2023). Analisis Kondisi Mengetahui Tentang Pengetahuan dan Implementasinya pada Pendidikan Abad 21. 6(3), 366–375.

Kusuma, L., Dimyati, D., & Harun, H. (2021). Perhatian Orang tua dalam Mendukung Keterampilan Sosial Anak selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 373–491. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.959

Maarang, M., Khotimah, N., & Maria Lily, N. (2023). Analisis Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran STEAM Berbasis Loose Parts. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 309–320. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.215

Maghfiroh, & Shofia Suryana, D. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.

Mashita, W., Diana, P., & Miftachul, M. (2022). Peran Menanamkan Nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal BISECER : Bussiness economic entrepreneurship, V(2), 14–22.

Miftah Kusuma Dewi. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 37–51. https://doi.org/10.33367/piaud.v1i1.1564

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2 ed.). SAGE Publications Inc. https://books.google.co.id/books?id=U4lU_-wJ5QEC&printsec=frontcover&dq=sugiyono+2019+penelitian&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwjG56nQgpPsAhWzkOYKHaOaBkUQ6AEwA3oECAMQAg#v=onepage&q&f=false

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional. Preschool, 1(1), 11–28. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8172

Ningsih, I. F., Munastiwi, E., & Gusti, N. S. (2022). Implementasi Nilai – Nilai Kewirausahaan Melalui Market Day Di TK IT Ar-Rahmah. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 21–29. https://doi.org/10.19109/ra.v6i1.12480

Nurhayati, R. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang –Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam. al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 3(2), 79–92.

Paujiah, T. S., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Peran Lingkungan Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Serta Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1), 103–122. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.821

Putra, W. (2022). Mutu Pendidikan dalam Penguatan Kreativitas Anak Prasekolah. Ta’dib, 11(2), 59–67. https://doi.org/10.54604/tdb.v11i2.43

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia Restu Rahayu 1 , Sofyan Iskandar 2 , Yunus Abidin 3. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.

Rahayu, Y. D. (2023). Menanamkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day. Pena Edukasia, 1(2), 231–237. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2861

Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 196–207. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1708

Rukmana, T., Munastiwi, E., Puspitaloka, V. A., Mustika, N., & Khoirunni’mah, K. (2023). Menanamkan Nilai-Nilai Kewirausahaan melalui Kegiatan Market Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 416–426. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2781

Saefatu, M., & Tanaem, Y. (2021). Pendidikan Kristiani Tentang Lingkungan Hidup yang Berorientasi Pada Transformasi Sosial Bagi Anak dI GMIT Imanuel Noebesa. Discreet: Journal Didache of Christian Education, 1(1), 49–66. https://doi.org/10.52960/jd.v1i1.45

Sugianti, S., Dewi, R. S. I., & Maemunah, S. (2020). Upaya menumbuhkan enterpreneurship anak usia dini melalui kegiatan market day pada kelompok B TK Aqila Yasmin Ceper Klaten. Sentra Cendekia, 1(2), 52–56. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/1296

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Afabeta.

Syarifah, C. (2021). Pembelajaran Nilai-nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Untuk Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Pada Anak Di RA Nurul Yasin Mejobo Kudus. IAIN Kudus.

Taulany, H. (2019). Keefektifan simulasi kewirausahaan anak (SIKADI) untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan anak usia dini di TK Al Hidayah Semarang. Indonesian Journal of Early Childhood, 1(1), 2019.

Uswatun, H. (2019). Upaya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Melalui Kegiatan Market Day Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–19.

Wahyuni, A., & Suyadi. (2020). Best Practice Pendidikan Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Baciro Yogyakarta. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 15–22. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/6682

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Supriawan, I. D. M., Purandina, I. P. Y., & Ariyana, I. K. S. (2023). PENANAMAN NILAI KEWIRAUSAHAAN DAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN PEKENAN PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 229–239. https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.3118
Abstract viewed = 171 times