UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN ONLINE DI TK TUNAS MERAK KABUPATEN KARANGTANJUNG

Authors

  • Rohani TK Tunas Merak

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.3112

Abstract

Bagi pengajar di Indonesia, pembelajaran di masa pandemi dengan menggunakan sarana internet merupakan sebuah kesulitan. Supervisi akademik diperlukan dalam rangkaimeningkatkan standar pembelajaran online. Tujuanipenelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan mengenai prosedur pelaksanaan supervisi akademik TK Tunas Merak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan di TK Tunas Merak. Pelaksanaan penelitian tindakan sekolahidilaksanakan dalam dua siklus dan pada setiap siklus dilaksanakan empat kegiatan utama yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalamipenelitian ini adalah guru. Instrumen pengambilan dataimelalui observasi dan dokumentasi. Hasilipenelitian menunjukkan bahwa dalamipembelajaran daring nilai rata-rata siklusnya I sebesar 75,8 yang berarti efektivitas pembelajaran daring yang dilakukan guru dinilai cukup namun perlu lebih ditingkatkanilagi agar mencapai tingkatiyang maksimal. Kemudian penelitian dilanjutkan ke siklus berikutnyaiyaitu siklus II. Hasil padaisiklus II menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran daring guru berada pada tingkat tinggi. Hal iniidibuktikan dengan rerata skor yang dicapai pada penilaian siklus II sebesar 87,5 sampai mencapai target skor maksimal yaitu 86. Hasil supervisi akademik dijadikan pedoman refleksi dalamimeningkatkan kinerjaiguru.

References

Adlin. (2022). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Pendidikan Kolaboratif Selama Pembelajaran Jarak Jauh Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Rokania, 7(1), 15–21. https://stkiprokania.ac.id/e-jurnal/index.php/jpr/article/download/485/387

Aslamiah, T. (2011). Hubungan Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru (Study Kasus Di Mtsn Imadun Najah Jakarta. Skripsi FTIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ayu, N. K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 194. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498

Defrisiswardi. (2013). Kontribusi Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMA Negeri di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan, Padang. Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Effendi, I. F. (2021). Supervisi dalam Pelatihan: Studi Kasus di SD Islam Al-Azhar 20 Cibubur. Jural Menajemen Pendidikan, 9(2), 32–44.

Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik, dan motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru. Educational Management, 6(1), 26–33.

Irmawati. (2010). Persepsi Guru Terhadap Supervisi Oleh Kepala Sekolah Dan Keterkaitannya Dengan Kinerja Guru Smpn 99 Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 38–46. https://doi.org/10.21009/jmp.v1i1.2487

Isnaini, A. (2023). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Daring Melalui Pelaksanaan Supervisi Akademik Di Sdn 2 Kubu Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Anterior Jurnal, 22(2), 1–8. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.5071

Kusnurani, M. S., & Roesminingsih, E. (2022). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(3), 709–719.

Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–72.

Leniwati, L., & Arafat, Y. (2017). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 106–114. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1158

Magdalena, M., & Sanoto, H. (2022). Peran Supervisi Akademik Dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Volume 4 Nomor 4 Tahun 2022 E-ISSN: 2685-936X Dan P-ISSN: 2685-9351, 4(4), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Maghfiroh, S., & Eliza, D. (2021). Mengenal Standar dan Etika Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2707–2711. https://doi.org/Doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1285

Mustikeni. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif di SDN 2 Setanggor. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 1(2), 310–321.

Nilda, N., Hifza, H., & Ubabuddin, U. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–18. http://www.jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attadrib/article/view/160%0Ahttp://www.jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attadrib/article/download/160/101

Nugraheni, W., Mulyani, S., & Ashadi, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Pembelajaran Materi Pokok Hidrokarbon Dan Minyak Bumi Kelas Xi Mia. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 8(2), 172. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v8i2.37756

Purbasari, M. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(1), 46–52.

Rohedi, D. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID -19 MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI MADUSARI 01 KECAMATAN WANAREJA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021 Dalam proses penilaian. Insan Cendikia-Jurnal Pendidikan, 2(1), 26–39.

Rosalina, N., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jenius: Journal of Education Policy and Elementary Education Issues, 2(1), 10–20.

Rustandi, A. A., Harniati, & Kusnadi, D. (2020). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 599–597.

Santosa, R. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembuatan RPP Daring melalui Supervisi Akademik Teknik Perorangan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3). https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.293

Tesalonika, A., Wiryatmo, R. D., Bunbaban, Y. S., Tilman, A. D. A., Dwikurnaningsih, Y., & Satyawati, S. T. (2021). Implementasi Supervisi Akademik Saat Pembelajaran Luring Dan Daring Di Sekolah Karangturi. Satya Widya, 37(1), 62–71. https://doi.org/10.24246/j.sw.2021.v37.i1.p62-71

Widiawati, C. I. M. K. (2021). Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Daring Melalui Supervisi Akademik Guru. Jurnal Widyadari V, 22(1), 115–126. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661230

Widyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Rohani. (2023). UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN ONLINE DI TK TUNAS MERAK KABUPATEN KARANGTANJUNG. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 218–228. https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.3112
Abstract viewed = 113 times