PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN: TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL

Authors

  • Ni Komang Ayu Larasniati Universitas Dhyana Pura
  • Putu Indah Lestari
  • Elizabeth Prima

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.2957

Abstract

Kecerdasan memiliki dampak yang signifikan pada perkembangan bahasa anak-anak karena mempunyai dampak penting pada pembangunan bahasa anak. Pengembangan bahasa anak berfokus pada belajar, bermain, belajar, dan menulis. Penting untuk mengembangkan keterampilan membaca dini pada anak agar mereka siap memasuki sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca tahap awal pada kelompok B2 TK Widya Kumara Darmasaba. Fokus penelitian adalah untuk mengumpulkan informasi tentang keterampilan membaca awal. Hasil penelitian ini yakni kemampuan membaca awal kelompok B2 di TK Widya Kumara Darmasaba dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran tipe Numbered Head Together. Hal ini tercermin dari peningkatan angka ketuntasan pada keadaan awal sebanyak 18 anak, menurut observasi awal hanya 5 anak (27,78%) yang mencapai tingkat ketuntasan, pada siklus I meningkat menjadi 11 anak (61,11%), menjadi siklus kedua meningkat 16 anak (88,89%).  Perubahan kategori literasi awal anak pada baseline dan setiap Siklus dapat mempengaruhi tingkat literasi awal anak-anak di TK Widiya Kumara Dharmasaba Kelompok B2. Jika dibandingkan hasil observasi aktivitas belajar antara pertemuan siklus I dan siklus II, terlihat bahwa keterlibatan anak dalam kegiatan pembelajaran semakin meningkat. Hampir semua anak berpartisipasi aktif dalam kegiatan, memenuhi persyaratan peningkatan tingkat aktivitas.

References

Abdul, M. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Agung. A. A. G. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Publishing.

Arjuniwati. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Peluang Mata Pelajaran Matematika Kelas XII. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 2. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/197.

Astuti, A. W., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Kindergarten : Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 73–81. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.11958.

Astutik, P., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Model Pembelajaran Number Head Together Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 154–168. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p154-168.

Cardona, F., & Maimunah, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membilang Angka Melalui Model Numbered Head Together, Talking Stick Dan Permainan Bendera Pintar. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 42. https://doi.org/10.20527/jikad.v2i1.4699.

Diana, L. M., Arif, M., Stefany, E. M., & Aini, N. (2023). Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan Dan Informatika, 9(2), 201–211. https://doi.org/10.21107/edutic.v9i2.20224.

Eliyawati, C. (2015). Pemilihan Dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Endang, Mulyatiningsih. (2023). Metode Penelitian Dasar. Yogyakarta: Relasi Inti Media.

Handayana, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Herlina Selvia, E. (2019). Membaca Permulaan untuk Anak Usia Dini dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5, 332–342. http://jurnal.una.ac.id/index.php/pionir/article/view/1290/1084.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Lestari, P. I., & Prima, E. (2023). Pengaruh Metode Storytelling Berbasis Kearifan Lokal Bali terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1295–1301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3012.

Madyawati. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Mulyasa. (2021). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noffia, I., & Yuliariatiningsih, M. S. (2018). Mengembangkan Disiplin Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 112–120. https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10526.

Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Prenamedia Group.

Poerwati, C. E., Suryaningsih, N. M. A., Cahaya, M. E., Prima. E., Lestari, P. I. & Rimpiati, N. L. (2018). Prosiding: Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Edukatif (APE) PAUD bagi Guru PAUD di Gugus Tunjung Kecamatan Abiansemal.

Prihatmojo,Agung., R. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran HP AM I. Lampung: Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Shoimin,A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sriningsih, A., Sunanto, S., Asmara, B., & Fitriyah, F. K. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Papan Lotto Pada Kelompok a1 Di Ra Annur Wonoayu Sidoarjo. Sentra Cendekia, 3(1), 9. https://doi.org/10.31331/sencenivet.v3i1.2008.

Suarni, D. A. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206–214. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997.

Surya, A., Serafina, & Lestari, P. I. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Berbasis Kearifan Lokal Pada Anak Kelompok B2. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 92–105. https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1857.

Suryaningsih, A. (2020). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Perilaku Kesehatan dan Keselamatan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1063–1072. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.751.

Wardhono, A. (2018). Prosiding Seminar Nasional: Memaksimalkan Peran Pendidik dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Indonesia Bangsa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Widiani, N. L. (2021). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 5(4), 537. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39475

Yasminah, Y., & Sahono, B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Prestasi Belajar Siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1), 167–174. https://doi.org/10.33369/diadik.v10i1.18142.

Yahdinil. (2017). Psikologi belajar dan Mengajar. Banten: Dinas Pendidikan Provensi Banten.

Yuanita. (2022). Groud, Understand, Revise, Use (Guru) Untuk Percaya Diri Remaja SMK BISA. Jawa: CV Penerbit Qiara.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Larasniati, N. K. A. ., Putu Indah Lestari, & Elizabeth Prima. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN: TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL . Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 184–195. https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.2957
Abstract viewed = 181 times