MENJELAJAHI HUBUNGAN PROGRAM EKSTRAKURIKULER DENGAN PENGEMBANGAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FORMAL STUDI KASUS TK KUMARA BHUANA

MENJELAJAHI HUBUNGAN PROGRAM EKSTRAKURIKULER DENGAN PENGEMBANGAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FORMAL STUDI KASUS TK KUMARA BHUANA

Authors

  • Gusti Ayu Agung Riesa Mahendradhani UHN I GBS Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2432

Keywords:

Kata Kunci : Extrakulikuler, Karakter, Softskill

Abstract

Pendidikan Usia Dini merupakan jenjang pendidikan yang berlangsung dari usia 1-6
tahun dimana pada rentang usia ini anak memiliki kemampuan penyerapan dan
penanaman konsep yang tinggi. Pada jenjang ini pendidikan formal dibentuk agar mampu
mengembangkan kecerdasan kognitif maupun kecerdasan emosional peserta didik.
Pemerintah secara berkelanjutan mengembangkan sistem pendidikan yang mendukung
hal tersebut utamanya kecerdasan emosional sebagai basis pengembangan karakter.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan program ekstrakurikuler dengan
pembentukan karakter anak usia dini dalam lingkungan formal pendidikan. Adapun
rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh ekstrakurikuler terhadap
pengembangan karakter di TK Kumara Bhuana. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek
penelitian ini kelas B1 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang dan guru wali sebanyak
1 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman yaitu data
collection, data reduction, data display dan conclusion. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kegiatan ekstrakurikuler mampu mengembangkan empati, disiplin dan mandiri.
Melalui ekstrakurikuler tari peserta didik menunjukkan sikap mandiri dalam bentuk
kemauan penguasaan gerak sesuai dengan irama gamelan, sikap disiplin ditunjukkan
dengan ditunjukkan dengan merapikan alat belajar serta menyelesaikan tugas-tugas yang
diberikan guru seperti melipat kertas sesuai bentuk yang diinstruksikan. Empati
terbangun di dalam kelompok-kelompok kecil terlihat dari kemauan membantu
mengurangi kecepatan gerakan tari agar dapat dilakukan secara continue bersama-sama.
Melalui kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan di TK Kumara Bhuana anak mampu
mengembangkan karakter disiplin, empati, dan mandiri. Karakter ini menjadi pondasi
penting dalam mengembangkan soft skill yang nantinya akan menjadi dasar SDM yang
bermutu yaitu cerdas dan berkarakter.

References

Agustian, Ari Ginanjar. (2012). Rahasia sukses membangun kecerdasan emosi dan

spiritual esq (emotional Spiritual quotient): the esq way 165 jilid 1. Jakarta: PT.

Arga Tilanta

Anggito, A.,& Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Ahmad Tanzeh dan Suyitno. 2006. Dasar-dasar penelitian. Surabaya: Elkaf

Anggraini, Yenni. (2022). Program Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral

di Sekolah. Jurnal Basicedu. 6(5), 9205-9212.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3963

Berliana Yolandasari, Mega. 2020. Skripsi: “Efektivitas pembelajaran daring dalam

pembelajaran bahasa indonesia dikelas II A MI Unggulan Miftahul Huda

Tumang Cepogo Boyolali tahun pelajaran 2019/2020”. Salatiga : IAIN Salatiga.

Ilmi Al Idrus, S.F., Damayanti,P.S & Ermayani. (2020). PENGEMBANGAN Kecerdasan

Emosional Peserta Didik Di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Karakter.

Pendasi (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4 (1), 1-10.

Imam, Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi

Aksara.

Lexy, J, Moleong. 2002. Prosedure Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosyda

Karya.

Maslow, Abraham. 1993. Motivasi dan Kepribadian, alih bahasa: Nurul Iman. Bandung:

Rosyda Karya.

Munastiwi, Erni. (2018). Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini

(PAUD). Manageria (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 3 (2), 369-378.

Munisah, Eny. (2020). Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. Elsa (Jurnal Edukasi Lingua

Sastra), 18 (2), 73-84.

Nugraheni, T., & Pamungkas, J. (2022). Analisis pelaksanaan pembelajaran seni pada

paud. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 5(1), 20–30.

https://doi.org/10.23917/ecrj.v5i1.18689

Menjelajahi Hubungan Program Ekstrakurikuler Dengan Pengembangan Karakter Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Formal Studi

Kasus Tk Kumara Bhuana

Pastika, I.G.T., & Sukerni, I.M. (2022). Strategi Pembelajaran Tari Bali Pada Anak Usia

Dini Di Sanggar Taman Giri Agung Denpasar. Pratama Widya (Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini), 7(2), 124-139.

Restianim, V., Pendy, A., & Merdja, J. (2020). Gaya belajar mahasiswa Pendidikan

Matematika Universitas Flores dalam pemahaman konsep fungsi. SPEJ (Science

and Physics Educational Journal), 3(2), 48–56.

https://doi.org/10.31539/spej.v3i1.990

Soedarsono, RM. 1976. Pengantar Pengetahuan Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari

Indonesia

Saeful., A & Lafendry., F. (2021). Lingkungan Pendidikan dalam Islam. Tarbawi (Jurnal

Pemikir dan Pendidikan Islam), 4(1), 50-67.

Saputra, Yuli. Perundungan, gim, dan tantangan viral sekolah masih tergagap-gagap

menghadapi kasus bully.

https://www.bbc.com/indonesia/articles/czkdgve3840o#:~:text=Di%202021%2

C%20KPAI%20mencatat%20terjadi,maya%20menurun%20menjadi%2018%2

kasus. Diakses 4 maret 2023

Sarosa, Samiaji. 2017. Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar Edisi 2. Jakarta: Indeks Jakarta.

Sugiyono. 2015.

Umrati & Wijaya, Hengki. 2020. Analisis Data Kualitatif. Makassar: Sekolah Tinggi

Theology Jaffary.

Yusanto, Y. (2019). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific

Communication, 1(1), 1-13. http://dx.doi.org/10.31506/jsc. v1i1.7764.

Wardani. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar, Fasilitas, dan Metode Mengajar Guru

Melalui Motivasi terhadap Hasil Belajar. JEHSS (Journal of Education,

Humaniora and Social Science), 3 (3), 1307-1315.

https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.553

Wardhani.,N.K.S.(2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis

Pendekatan Ki Hajar Dewantara. Pratama Widya (Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini), 6 (2), 159-164.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Mahendradhani, G. A. A. R. (2023). MENJELAJAHI HUBUNGAN PROGRAM EKSTRAKURIKULER DENGAN PENGEMBANGAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FORMAL STUDI KASUS TK KUMARA BHUANA: MENJELAJAHI HUBUNGAN PROGRAM EKSTRAKURIKULER DENGAN PENGEMBANGAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FORMAL STUDI KASUS TK KUMARA BHUANA. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 35–45. https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2432
Abstract viewed = 129 times