MENJELAJAHI HUBUNGAN PROGRAM EKSTRAKURIKULER DENGAN PENGEMBANGAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FORMAL STUDI KASUS TK KUMARA BHUANA
MENJELAJAHI HUBUNGAN PROGRAM EKSTRAKURIKULER DENGAN PENGEMBANGAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FORMAL STUDI KASUS TK KUMARA BHUANA
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2432Keywords:
Kata Kunci : Extrakulikuler, Karakter, SoftskillAbstract
Pendidikan Usia Dini merupakan jenjang pendidikan yang berlangsung dari usia 1-6
tahun dimana pada rentang usia ini anak memiliki kemampuan penyerapan dan
penanaman konsep yang tinggi. Pada jenjang ini pendidikan formal dibentuk agar mampu
mengembangkan kecerdasan kognitif maupun kecerdasan emosional peserta didik.
Pemerintah secara berkelanjutan mengembangkan sistem pendidikan yang mendukung
hal tersebut utamanya kecerdasan emosional sebagai basis pengembangan karakter.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan program ekstrakurikuler dengan
pembentukan karakter anak usia dini dalam lingkungan formal pendidikan. Adapun
rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh ekstrakurikuler terhadap
pengembangan karakter di TK Kumara Bhuana. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek
penelitian ini kelas B1 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang dan guru wali sebanyak
1 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman yaitu data
collection, data reduction, data display dan conclusion. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kegiatan ekstrakurikuler mampu mengembangkan empati, disiplin dan mandiri.
Melalui ekstrakurikuler tari peserta didik menunjukkan sikap mandiri dalam bentuk
kemauan penguasaan gerak sesuai dengan irama gamelan, sikap disiplin ditunjukkan
dengan ditunjukkan dengan merapikan alat belajar serta menyelesaikan tugas-tugas yang
diberikan guru seperti melipat kertas sesuai bentuk yang diinstruksikan. Empati
terbangun di dalam kelompok-kelompok kecil terlihat dari kemauan membantu
mengurangi kecepatan gerakan tari agar dapat dilakukan secara continue bersama-sama.
Melalui kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan di TK Kumara Bhuana anak mampu
mengembangkan karakter disiplin, empati, dan mandiri. Karakter ini menjadi pondasi
penting dalam mengembangkan soft skill yang nantinya akan menjadi dasar SDM yang
bermutu yaitu cerdas dan berkarakter.
References
Agustian, Ari Ginanjar. (2012). Rahasia sukses membangun kecerdasan emosi dan
spiritual esq (emotional Spiritual quotient): the esq way 165 jilid 1. Jakarta: PT.
Arga Tilanta
Anggito, A.,& Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Ahmad Tanzeh dan Suyitno. 2006. Dasar-dasar penelitian. Surabaya: Elkaf
Anggraini, Yenni. (2022). Program Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral
di Sekolah. Jurnal Basicedu. 6(5), 9205-9212.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3963
Berliana Yolandasari, Mega. 2020. Skripsi: “Efektivitas pembelajaran daring dalam
pembelajaran bahasa indonesia dikelas II A MI Unggulan Miftahul Huda
Tumang Cepogo Boyolali tahun pelajaran 2019/2020”. Salatiga : IAIN Salatiga.
Ilmi Al Idrus, S.F., Damayanti,P.S & Ermayani. (2020). PENGEMBANGAN Kecerdasan
Emosional Peserta Didik Di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Karakter.
Pendasi (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4 (1), 1-10.
Imam, Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi
Aksara.
Lexy, J, Moleong. 2002. Prosedure Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosyda
Karya.
Maslow, Abraham. 1993. Motivasi dan Kepribadian, alih bahasa: Nurul Iman. Bandung:
Rosyda Karya.
Munastiwi, Erni. (2018). Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD). Manageria (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 3 (2), 369-378.
Munisah, Eny. (2020). Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. Elsa (Jurnal Edukasi Lingua
Sastra), 18 (2), 73-84.
Nugraheni, T., & Pamungkas, J. (2022). Analisis pelaksanaan pembelajaran seni pada
paud. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 5(1), 20–30.
https://doi.org/10.23917/ecrj.v5i1.18689
Menjelajahi Hubungan Program Ekstrakurikuler Dengan Pengembangan Karakter Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Formal Studi
Kasus Tk Kumara Bhuana
Pastika, I.G.T., & Sukerni, I.M. (2022). Strategi Pembelajaran Tari Bali Pada Anak Usia
Dini Di Sanggar Taman Giri Agung Denpasar. Pratama Widya (Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini), 7(2), 124-139.
Restianim, V., Pendy, A., & Merdja, J. (2020). Gaya belajar mahasiswa Pendidikan
Matematika Universitas Flores dalam pemahaman konsep fungsi. SPEJ (Science
and Physics Educational Journal), 3(2), 48–56.
https://doi.org/10.31539/spej.v3i1.990
Soedarsono, RM. 1976. Pengantar Pengetahuan Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari
Indonesia
Saeful., A & Lafendry., F. (2021). Lingkungan Pendidikan dalam Islam. Tarbawi (Jurnal
Pemikir dan Pendidikan Islam), 4(1), 50-67.
Saputra, Yuli. Perundungan, gim, dan tantangan viral sekolah masih tergagap-gagap
menghadapi kasus bully.
https://www.bbc.com/indonesia/articles/czkdgve3840o#:~:text=Di%202021%2
C%20KPAI%20mencatat%20terjadi,maya%20menurun%20menjadi%2018%2
kasus. Diakses 4 maret 2023
Sarosa, Samiaji. 2017. Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar Edisi 2. Jakarta: Indeks Jakarta.
Sugiyono. 2015.
Umrati & Wijaya, Hengki. 2020. Analisis Data Kualitatif. Makassar: Sekolah Tinggi
Theology Jaffary.
Yusanto, Y. (2019). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific
Communication, 1(1), 1-13. http://dx.doi.org/10.31506/jsc. v1i1.7764.
Wardani. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar, Fasilitas, dan Metode Mengajar Guru
Melalui Motivasi terhadap Hasil Belajar. JEHSS (Journal of Education,
Humaniora and Social Science), 3 (3), 1307-1315.
https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.553
Wardhani.,N.K.S.(2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis
Pendekatan Ki Hajar Dewantara. Pratama Widya (Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini), 6 (2), 159-164.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Agung Riesa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.