PENANGANAN ANAK TUNAWICARA : STUDI KASUS
PENANGANAN ANAK TUNAWICARA : STUDI KASUS
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2329Keywords:
Handling; Child; Speech impairedAbstract
Pendidikan inklusif seharusnya menempatkan anak berkebutuhan khusus sejajar dengan
anak normal lainnya. Tunawicara adalah suatu kondisi di mana seseorang tidak mampu
mengungkapkan gagasannya kepada orang lain dengan menggunakan alat bicaranya.
Jenis penelitian ini ialah studi kasus sehingga menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi
penelitian ini dilakukan di RA Al-Ashriyah Kota Langsa. Subjek penelitian ini adalah
anak tunawicara sekaligus guru RA Al-Ashriyah Kota Langsa. Dalam pengumpulan data
pada penelitian ini mengunakan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Dalam
penelitian ini, penulis tertarik untuk mengkaji penanganan anak tunawicara di RA Al-
Ashriyah Kota Langsa. Urutan masalah yang akan dikaji adalah: (1) Bagaimana ciri-ciri
anak tunawicara di RA Al-Ashriyah Kota Langsa? (2) Bagaimana penanganan anak
tunawicara di RA Al-Ashriyah Kota Langsa? dan (3) Hambatan apa yang dihadapi guru
dalam menangani anak tunawicara di RA Al-Ashriyah Kota Langsa?
References
Akhmad, F., Ediansyah, P., Fitriah, J., Farameida, E., Purwanto, J., & Dahlan, U. A.
(2021). Karakteristik dan Model Bimbingan Atau Pendidikan Islam Bagi ABK
Tuna Wicara. MASALIQ: Jurnal Pendidikan Dan Seni, 1(3), 156–163.
Amanulla, A. S. R. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita, Down
Syndrom Dan Autisme. Al-Murtaja: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1),
–13. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/990/680
Amka. (2019). Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Kalimantan
Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 86–101.
https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1234
Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka
Cipta.
Firdaus, Y. (2017). Studi Deskriptif Peranan Guru Pendidik Khusus dalam Implementasi
Program Kebutuhan Khusus bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Jurnal
Pendidikan Khusus, 9(1), 1–10.
journal2.um.ac.id/index.php/jo/article/download/4406/2579
Gumilar, R., & Prawahandaru, H. (2011). Teg Watch (The Guider Watch) Inovasi Jam
Tangan Pencegah Tindak Kejahatan Bagi Penderita Tuna Wicara. Jurnal Khazanah,
–10.
https://journal.uii.ac.id/khazanah/article/view/16688%0Ahttps://journal.uii.ac.id/k
hazanah/article/download/16688/10487
Hanifah, D. S., Haer, A. B., Widuri, S., & Santoso, M. B. (2022). Tantangan Anak
Berkebutuhan Khusus (Abk) Dalam Menjalani Pendidikan Inklusi Di Tingkat
Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM),
(3), 473. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.37833
Hasibuan, R. H., Veryawan, & Tursina, A. (2021). Media Audio Visual : Pengaruhnya
Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 117–125.
Herawati, N. I. (2010). Pendidikan Inklusif. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar,
(1).
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/a
nie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B978085709
%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21918515%0Ahttp://www
.cabi.org/cabebooks/ebook/20083217094
Hidayat, T., Gutji, N., & Sekonda, F. A. (2022). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling
dalam Menangani Masalah Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu dan
Tunawicara di SMKN 4 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 2517–2521.
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3302%0Ahttps://jptam.org/index.p
hp/jptam/article/download/3302/2775
Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan
Sosial Anak Penyandang Disabilitas. IJTIMAIYA: Journal of Social Science
Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099
Kismawiyati, R. (2018). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Paud
Kabupaten Jember. HELPER : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 35(1), 1–10.
https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no1.a1456
Linda, L. L., & Muliasari, A. (2021). Analisis Kebutuhan dan Perilaku ABK Tunarungu
dan Wicara dalam Pembelajaran Matematika Dasar di SKh Kabupaten Pandeglang.
JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 09–22.
https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2145
Mirfan, M. (2021). Media Pembelajaran Fingerspelling Alphabet untuk Penderita
Tunarungu dan Tunawicara Berbasis Android. Inspiration: Jurnal Teknologi
Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 13. https://doi.org/10.35585/inspir.v11i1.2607
Pasek Suyadnya, I. W., Wijaya Adi Candra, I. P., Agus Nugraha Ginarsa, N., & Suartika,
I. M. (2018). Alat Bantu Komunikasi Terintegrasi bagi Penyandang Tuna Wicara
Berbasis Sensor Gerak dan OpenWrt. Jurnal SPEKTRUM, 5(2), 176.
https://doi.org/10.24843/spektrum.2018.v05.i02.p22
Rahayu, S. M. (2015). Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini
Melalui Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2).
https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3048
Rahmawati, S., Firmiana, M. E., & Imawati, R. (2017). Kesadaran dan Pengetahuan untuk
Penanganan Awal Anak Berkebutuhan Khusus di Lembaga PAUD Pesanggrahan
Jakarta. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 3(2), 169.
https://doi.org/10.36722/sh.v3i2.206
Rahmi, U., Agustina, & Gani, E. (2020). Pemerolehan bahasa anak tuna rungu sekaligus
tuna wicara pada usia 6 tahun (Studi kasus Rosmawati). Lingua: Jurnal Bahasa,
Sastra, Dan Pengajarannya, 16(2), 155–160.
Rakhmawati, M. E. (2020). Analisis Faktor Pendukung Hasil Pembelajaran Daring pada
Anak Berkebutuhan Khusus. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas
Negeri Semarang, 399–407.
https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/569/488
Setiawati, F. A., & Nai’mah. (2020). Mengenal Konsep-konsep Anak Berkebutuhan
Khusus Dalam PAUD. SELING Jurnal Program Studi PGRA, 6, 1–16.
Sunanik, S. (2013). Pelaksanaan Terapi Wicara dan Terapi Sensori Integrasi pada Anak
Terlambat Bicara. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 19–44.
https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.1.542
Travelancya, T. (2022). Analisis Kebutuhan dan Perilaku ABK Tunawicara Dalam
Pembelajaran Matematika di SDLB PGRI Wonoasih Probolinggo. Al-Fikru: Jurnal
Pendidikan Dan Sains, 3(1), 142–150.
Wiranda, N., & Putro, A. E. (2019). Model Identifikasi Kata Ucapan Tuna Wicara. IJEIS
(Indonesian Journal of Electronics and Instrumentation Systems), 9(2), 131.
https://doi.org/10.22146/ijeis.47609
Yusra, S. R., Mariyana, R., & Djohaeni, H. (2019). Penataan Kelas Pada PAUD Inklusi
(Penelitian Studi Kasus di sebuah Taman Kanak kanak Inklusi di Kota Bandung).
Jurnal Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia
Dini, 16(1), 40–48.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Veryawan, Juliati, Dwi Septi Anjas Wulan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.