ANALISIS KEBUTUHAN GURU TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF DALAM MUATAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v9i1.3782Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Kebutuhan Guru, Video Interaktif, Muatan IPAAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru terhadap media pembelajaran video interaktif dalam muatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas 6 SDN 3 Sulahan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif melalui teknik wawancara kepada guru wali kelas 6. Hasil penelitian menunjukan bahwa di SD N 6 Sulahan sudah menggunakan media dalam pembelajaran IPA, namun masih sederhana. Sesuai dengan hasil dari wawancara yang menyatakan bahwa sangat diperlukan sebuah media yang membuat menarik minat belajar siswa seperti media pembelajaran video interaktif dalam pembelajaran IPA, di mana signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar dan pengajaran di kelas 6 SDN 3 Sulahan.
Referensi
Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905
Cahaya Nurani, D., Leva Okta Safitri, M., PGSD FKIP Universitas Sriwijaya, P., Jl Raya Palembang-Prabumulih Inderalaya, I., & Ilir, O. (2023a). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Video Interaktif Dalam Muatan Ipa Di Kelas 6. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i1.1867
Cahaya Nurani, D., Leva Okta Safitri, M., PGSD FKIP Universitas Sriwijaya, P., Jl Raya Palembang-Prabumulih Inderalaya, I., & Ilir, O. (2023b). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Video Interaktif Dalam Muatan Ipa Di Kelas 6. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i1.1867
Faqih, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android. 7(2), 27–34. https://doi.org/10.26618/jk.v7i2.4556
Fauzi, R., Anugrahana, A., & Yan Ariyanti, P. B. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Pemahaman Sifat-Sifat Cahaya pada Kelas IV SD Negeri Plaosan 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5605
M. Ramli. (2015). Hakikat Pendidik Dan Peserta Didik. Https://Jurnal.Uin-Antasari.Ac.Id/Index.Php/Tiftk/Index, 5(1(2015)).
Motamedi, V. (2019). The promises of presentational technology for teaching and learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(3), 416–419. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i3.13175
Neni Isnaeni, & Dewi Hildayah. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69
Rahmawati, A. S., & Dewi, R. P. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.958
Rasyid Karo-Karo, I. S., Tetap Jurusan Pendidikan Matematika FITK UIN-SU Medan, D., Tetap Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK UIN-SU Medan, D., & Williem Iskandar Pasar Medan Estate, J. V. (n.d.). Manfaat Media Dalam Pembelajaran Oleh.
Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237–253. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109
Syamsuar, & Reflianto. (n.d.). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0.