STRATEGI PEMBELAJARAN DI PASRAMAN SD NO 1 DARMASABA DALAM RANGKA MENINGKATKAN SRADHA DAN BAKTI

STRATEGI PEMBELAJARAN DI PASRAMAN SD NO 1 DARMASABA DALAM RANGKA MENINGKATKAN SRADHA DAN BAKTI

Penulis

  • Ni Kadek Supadmini UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Komang Wisnu Budi Wijaya
  • I Made Putra Aryana

DOI:

https://doi.org/10.25078/gw.v9i1.32

Kata Kunci:

strategi, pembelajaran, pasraman, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran di pasraman SD No. 1 Darmasaba dalam rangka meningkatkan Sradha dan Bakti. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif dengan jenis penelitian observasi alamiah. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara dan observasi. Sumber data berasal dari hasil wawancara dan observasi serta dokumen-dokumen kegiatan pembelajaran di pasraman. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara serta studi dokumen. Data yang telah terkumpul dilakukan proses triangulasi sumber. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi pembelajaran yang dilaksanakan dalam pasraman SD Negeri 1 Darmasaba adalah Student centered yang merupakan strategi belajar menjadikan siswa sebagai pusat dan fokus belajar dan strategi pembelajaran kreatif dengan metode praktek bersama.

Diterbitkan

2022-03-01
Abstrak viewed = 161 times