PERANAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU MENGHADAPI DEGRADASI MORAL PESERTA DIDIK PADA PRA DAN MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Ni Made Muliani Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/gw.v9i1.12

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Hindu, Degradasi Moral

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan agama Hindu dalam menghadapi degradasi moral peserta didik pada pra dan masa pandemi covid-19. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif melalui studi pustaka. Hasil dan kesimpulan penelitian ini adalah 1) Faktor penyebab pendidikan agama Hindu mampu menghadapi degradasi moral peserta didik pada pra dan masa pandemi covid-19 yaitu tujuan dan fungsi pendidikan agama Hindu sejalan dengan tujuan pendidikan Nasional Republik Indonesia; 2) Proses pendidikan agama Hindu dalam menghadapi degradasi moral peserta didik pada pra dan masa pandemi covid-19 yaitu : (a) jenjang TK harus dilakukan melalui pembiasaan dan kegiatan belajar yang menyenangkan baik secara daring maupun luring; (b) jenjang pendidikan dasar; (c) jenjang pendidikan menengah; (d) jenjang pendidikan tinggi dan (e) 4 pilar pendidikan menurut UNESCO; 3) Implikasi pendidikan agama Hindu dalam menghadapi degradasi moral peserta didik pada pra dan masa pandemi covid-19 yaitu : (a) Mewujudkan tujuan nasional pendidikan Negara Republik Indonesia; (b) membantu terciptanya ketahanan mental dalam menjalankan hal-hal positif dan menjauhi hal-hal negatif dari modernisasi, globalisasi serta budaya asing; (c) membantu melestarikan nilai-nilai agama Hindu dan budaya bangsa Indonesia dan membantu mewujudkan Indonesia maju 2045.

 

 

Diterbitkan

2022-03-01
Abstrak viewed = 292 times