DAMPAK KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ANAHATA VILLAS AND SPA RESORT UBUD

Penulis

  • I Wayan Meryawan Universitas Ngurah Rai

Kata Kunci:

Keywords : Quality of Service; Facilities; Consumer Satisfaction

Abstrak

Tingkat kepuasan Pengunjung hotel terhadap fasilitas dan kualitas pelayanan dibentuk berdasarkan pengalaman yang mereka peroleh. Lemahnya kualitas pelayanan dan mutu fasilitas penyebab lemahnya tingkat kepuasan tamu hotel. Penelitian ini menggali seberapa jauh dampak dari kualitas pelayanan dan fasilitas dapat mempengaruhi kepuasan tamu Anahata Villas And Spa Resort Ubud. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan metode pengumpulan data melalui kuesioner yang di sebarkan sebanyak 96 pengunjung tamu wisatawan domestik. Analisis deskriptif digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan analisis uji validitas reliabilitas instrumen, uji t-tes dan f-tes. Hasil penelitian memberikan hasil bahwa kualitas layanan dan fasilitas secara mandiri terbukti berperan di dalam meningkatkan kepuasan konsumen dibuktikan dari hasil perolehan nilai t-test melampaui nilai t-tabel dan jika dilihat secara bersamaan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan didalam membangun kepuasan pengunjung tamu Anahata Villas And Spa Resort Ubud. Hasil ini dapat memberikan penguatan bagi industri pariwisata sejenis untuk dapat menguatkan penilaian kepuasan tamu hotel melalui peran penting dari kualitas pelayanan yang dirasakan secara langsung dan fasilitas sebagai dukungan layanan tidak langsung.

Referensi

Apriliani, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Water Garden Hotel Candidasa Bali. Emas, 3(3), 217-230.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2024). Jumlah Akomodasi, Tingkat Penghunian Kamar pada Hotel Bintang Menurut Provinsi (Persen), 2022-2023

Dedy, A., & Alfandi, Y. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas hotel terhadap kepuasan pelanggan di sari ater hot springs resort ciater. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 18-25.

Hadian, Dian. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Hotel Bintang Tiga di Satuan Kawasan Wisata Cipanas Garut)”. Jurnal STIE Cipasung Tasikmalaya : 1-16.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Irmal, I., Kholili, I., Narimawati, U., Affandi, A., & Priadana, S. (2022). Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Asana Sincerity Dorm Jakarta Barat. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1175-1180.

Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2011. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2.Jakarta: PT. Indeks

Lupiyoadi, Rambat. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Maimunah, S. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, cita rasa terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. IQTISHADequity jurnal Manajemen, 1(2).

Maryati, F., & Husda, N. E. (2020). Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada holiday hotel di kota batam. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 20-27.

Nirwana, (2012). Pemasaran Jasa, Alta : Jakarta

Riduwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung : Alfabeta.

Sailah, A.P. dan I. (2017). Peningkatan Tingkat Kepuasan Dosen Terhadap Kualitas Pelayanan Pelatihan Jurnal Berkualitas Melalui Metode Servqual. Jurnal Manajemen, 21(3), 418-433.

Supriyanto, Y., & Soesanto, H. (2012). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Kariadi Semarang (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Sumayang, Lalu. 2010. Dasar-Dasar Manajemen produksi dan Operasi. Jakarta : Salemba Empat.

Sulistiyana, Rezki Teguh. 2015. “Pengaruh Fasilitas Wisata dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Museum Satwa)”. Jurnal Administrasi dan Bisnis 25 (1) : 1-9.

Sumayang, Lalu. 2010. Dasar-Dasar Manajemen produksi dan Operasi. Jakarta : Salemba Empat.

Tjiptono, Fandy. 2012. Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andi Offset.

Tjiptono,F dan Chandra,G. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Andi : Yogyakarta

Yoeti, Oka A. 2011. Ekonomi Pariwisata. Jakarta : Kompas.

Yulita, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Grand Hawaii Hotel Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(01), 115-124.

Diterbitkan

2024-09-12

Cara Mengutip

I Wayan Meryawan. (2024). DAMPAK KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ANAHATA VILLAS AND SPA RESORT UBUD. Jurnal Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, 9(2), 135–147. Diambil dari https://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/parbud/article/view/4035

Terbitan

Bagian

Artikel

Kategori

Abstrak viewed = 4 times