ANALISIS TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN BERDASARKAN ATRAKSI, AMENITAS DAN AKSESIBILITAS DI TELAGA MENJER, WONOSOBO.
DOI:
https://doi.org/10.25078/pariwisata.v9i2.3683Kata Kunci:
Attractions, Amenities, Accessibility, Tourist Satisfaction, Customer Satisface Index (CSI)Abstrak
Kenaikan dan penurunan jumlah kunjungan wisatawan ini disebabkan oleh tingkat kepuasan yang beragam. Faktor yang mempengaruhi kepuasan wisatawan yaitu atraksi, amenitas, dan aksesibilitas. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan wisatawan secara keseluruhan berdasarkan atraksi, amenitas, dan aksesibilitas di Telaga Menjer, untuk mengetahui tingkat kesesuaian harapan dan kenyataan pada wisatawan, dan untuk mengetahui atribut yang diharapkan oleh wisatawan Telaga Menjer. Survei, kuantitatif adalah metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Sumber pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan sumber primer berupa kuesioner dan sumber sekunder seperti jurnal, buku, dan artikel terkait. Pada penelitian ini dilakukan analisis data dengan menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan wisatawan secara keseluruhan berdasarkan atraksi, amenitas, dan aksesibilitas termasuk dalam kategori puas dengan hasil nilai CSI sebesar 77,25%. Hasil Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa nilai rata- rata tingkat kesesuain (Tki) adalah 87,22% yang berarti tingkat kesuaian sudah baik karena mendekati 100%. Hasil dari IPA tersebut juga digunakan untuk memetakan diagram kartesius. Diagram kartesius menunjukan bahwa atribut yang sangat diharapkan wisatawan namun memiliki kenyataan/ kinerja yang tidak memuaskan terdapat pada kuadran A yaitu tanda/ petunjuk jalan, rambu- rambu keamanan, keadaan jalan, dan akses transportasi. Mengacu pada temuan penelitian, masukan yang dapat diberikan yaitu pihak Telaga Menjer sebaiknya memprioritaskan perbaikan terhadap atribut yang memiliki nilai harapan tinggi namun nilai kenyataan atau kinerjanya rendah.
Referensi
Ali, D., Alam, M., & Bilal, H. (2021). The Influence of Service Quality, Price, and Environment on Customer Loyalty in the Restaurant’s Industry: The Mediating Role of Customer Satisfaction. Journal of Accounting and Finance.
Atabeb, H. A. (2019). Customer Satisfaction in Tourism Industry. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 9(1), p8566. https://doi.org/10.29322/IJSRP.9.01.2019.p8566
Biswas, C., Omar, H., & Rashid-Radha, J. Z. R. R. (2020). The Impact Of Tourist Attractions And Accessibility On Tourists’ Satisfaction: The Moderating Role Of Tourists’ Age. GeoJournal of Tourism and Geosites, 32(4), 1202–1208. https://doi.org/10.30892/gtg.32402-558
Chen, A., Ng, Y., Zhang, E., & Tian, M. (Ed.). (2020). Dictionary of geotourism. Scence Press.
Demolingo, R. (2022). Analisis Artificial Dan Natural Attraction Terhadap Kepuasan Wisatawan. Journal of Syntax Literate.
Erislan, D. (2018). Tourist Attraction and the Uniqueness of Resources on Tourist Destination in West Java, Indonesia.
Fanggidae, R., & Bere, M. (2020). Pengukuran tingkat kepuasan wisatawan terhadap fasilitas wisata di Pantai Lasiana. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur.
Febriyana, G. M. S., Suprastayasa, I. G. N. A., & Darmiati, M. (2020). Do Facilities Affect Tourists’ Satisfaction at Natural Tourist Attraction? A Case at Tegenungan Waterfall in Bali. TRJ Tourism Research Journal, 4(2), 104. https://doi.org/10.30647/trj.v4i2.94
Haarhoff, R. (2018). Tourist perceptions of factors influencing destination image: A case study of selected Kimberley resorts.
He, X., Hu, D., Swanson, S. R., Su, L., & Chen, X. (2018). Destination perceptions, relationship quality, and tourist environmentally responsible behavior. Tourism Management Perspectives, 28, 93–104.
Hossan, D., Mansor, Z., & Jaharuddin, N. (2023). Research Population and Sampling in Quantitative Study. International Journal of Business and Technopreneurship (IJBT), 13, 209–222. https://doi.org/10.58915/ijbt.v13i3.263
Ismadi, I., & Suwitho, S. (2024). The Effect Of Tourism Attraction And Tourist Experience On Revisit Intention Mediated By Tourist Satisfaction (A Study At Mount Bromo Tourist Destination, East Java). International Conference of Business and Social Sciences, 3(1), 474–486. https://doi.org/10.24034/icobuss.v3i1.401
Ismayanti. (2020). Dasar-Dasar Pariwisata. 2020.
Jebbouri, A., Zhang, H., Imran, Z., Iqbal, J., & Bouchiba, N. (2022). Impact of Destination Image Formation on Tourist Trust: Mediating Role of Tourist Satisfaction. Frontiers in Psychology, 13, 845538. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.845538
Khalid, J. (2023). The Analysis of Visitor Satisfaction Influenced by Tourist Attractions and Service Quality through Tourism Image in Kawung Tilu, Cikarang Timur, Bekasi Regency. Ilomata International Journal of Management, 4(3), 401–418. https://doi.org/10.52728/ijjm.v4i3.824
Mulyana, A., & Er Meytha Gayatri, I. A. M. (2022). Pengaruh Komponen Destinasi Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 10(1). https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i1.1753
Nabila, I., Yudhari, I. D. A. S., & Dewi, I. A. L. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung terhadap Agrowisata Taman Edelweis di Kabupaten Karangasem Bali. Jurnal Agribisnis dan Agrowisata (Journal of Agribusiness and Agritourism), 11(1), 200. https://doi.org/10.24843/JAA.2022.v11.i01.p19
Pawaskar, R., & Goel, M. (2017). Enhancing the effectiveness of marketing a tourist destination using satisfaction analysis. International Journal of Business and Systems Research, 11(1/2), 163. https://doi.org/10.1504/IJBSR.2017.080850
Salsabila, A., Abubakar, A., & Azzahra, F. (2024). Analisis Kepuasan Konsumen Pada Agrowisata Cilangkap Kota Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Wahana.
Sebinshas, K. C. (2023). Determining the impact of destination attributes on tourist satisfaction in the context of adventure tourism.
Setiawan, A., Yamani, A., & Winati, F. (2022). Pengukuran kepuasan konsumen menggunakan customer satisfaction index (CSI) dan importance performance analysis (IPA)(studi kasus UMKM Ahul Saleh). Jurnal Teknologi.
Showkat, S., & Qureshi, R. A. (2017). Tourist Satisfaction And Intention Loyalty- A Review Paper. Abhinav-International Monthly Refereed Journal Of Research In Management & Technology, 6, 27–32.
Sitanggang, D., & Sunarti, S. (2020). Pengaruh citra destinasi, nilai pelanggan terhadap kepuasan wisatawan dan niat berperilaku wisatawan.
Stuchlikova, J., & Botlikova, M. (2021). Information accessibility as an important global factor in accessible tourism. SHS Web of Conferences, 129, 08019. https://doi.org/10.1051/shsconf/202112908019
Sugiama, A. G., Oktavia, H. C., & Karlina, M. (2022). The Effect of Tourism Infrastructure Asset Quality on Tourist Satisfaction: A Case on Forest Tourism in Tasikmalaya Regency. International Journal of Applied Sciences in Tourism and Events, 6(1), 65–71. https://doi.org/10.31940/ijaste.v6i1.65-71
Sugiono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r & d. Bandung: Alfabet.
Swarjana, I., & SKM, M. (2022). Populasi-sampel, teknik sampling & bias dalam penelitian.
Tampubolon, S., & Simanjuntak, D. (2019). Analisis kepuasan wisatawan terhadap atribut wisata menggunakan metode CSI dan IPA pada wisata pemandian di Kabupaten Tapanuli Utara.
Tedjakusuma, A. P., Retha, N. K. M. D., & Andajani, E. (2023). The Effect of Destination Image and Perceived Value on Tourist Satisfaction and Tourist Loyalty of Bedugul Botanical Garden, Bali. BASKARA : Journal of Business and Entrepreneurship, 6(1). https://doi.org/10.54268/baskara.v6i1.18683
Tverijonaite, E., Ólafsdóttir, R., & Thorsteinsson, T. (2018). Accessibility of protected areas and visitor behaviour: A case study from Iceland. Journal of Outdoor Recreation and Tourism, 24, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.jort.2018.09.001
Yen, H.-P., Chen, P.-C., & Ho, K.-C. (2021). Analyzing Destination Accessibility From the Perspective of Efficiency Among Tourism Origin Countries. SAGE Open, 11(2), 215824402110057. https://doi.org/10.1177/21582440211005752