PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PENJUALAN KAMAR DI BEVERLY HOTEL BATAM
DOI:
https://doi.org/10.25078/pariwisata.v9i1.3608Kata Kunci:
Marketing, Social media, Instagram, Room SalesAbstrak
Kota Batam adalah kota wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan dan memiliki banyak pilihan tempat penginapan di Kota Batam termasuk salah satunya di Beverly Hotel Batam. Penjualan kamar dibeverly hotel batam terjadinya peningkatan dan penurunan pada bulan maret 2023. Berdasarkan observasi peneliti terhadap Beverly Hotel Batam bahwa hotel ini mempromosikan produk nya melalui instagram secara langsung dan bisa mempengaruhi jika pengikut Beverly Hotel Batam bahkan pengguna instagram lainnya dapat melihat apa saja produk yang ditawarkan Beverly Hotel Batam. Pemasaran menggunakan media instagram ini masih belum terlihat efektivitas dan efisiennya dalam penjualan kamar. Metodologi penelitian kuantitatif diterapkan. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai strategi pengumpulan datanya. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk mendapatkan pemahaman umum tentang variabel media sosial Instagram (X) dan penjualan kamar (Y). Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel media sosial Instagram (X) mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap variabel Penjualan Kamar (Y) sebesar 0,770. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh R Square = 0,491 yang menunjukkan bahwa variabel media sosial Instagram (X) memberikan kontribusi sebesar 49,1% terhadap variabel Penjualan Kamar (Y), dan sisanya sebesar 50,9% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dieksplorasi dalam penelitian ini. Adapun formulasi matematika yang menunjukkan hubungan kedua variabel adalah Y = 5,082 + 0,770 X.