STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DALAM PENCITRAAN PARTAI POLITIK DAN CALON LEGISLATIF PADA PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024 Di KABUPATEN BANYUWANGI
DOI:
https://doi.org/10.25078/anubhava.v4i2.3928Kata Kunci:
Political Communication; Image; Political Parties; Legislative Candidates; General Election.Abstrak
Pembentukan citra partai dalam kajian ini diambil pada studi kasus penelitian Strategi komunikasi politik yang dilakukan oleh Partai dan calon legislatif dalam menjelang kontestasi pemilihan legislatif di Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2024 dengan satu titik fokus wilayah DAPIL V yang meliputi wilayah Kecamatan Tegalsari, Kecamatan Gambiran, dan Kecamatan Cluring. Saat ini sudah sedang semangat-semangatnya untuk memperlihatkan eksistensinya dan membentuk citra sebagai partai baru dan calon legislatif yang reformis setara dengan partai lainnya, memperoleh gambaran tentang upaya-upaya Partai dan calon legislatif dalam membentuk citra sebagai partai baru maupun lama. Adapun Rumusan Masalah pada penelitian ini sebagai berikut : (1) Bagaimana Komunikasi Politik dalam Pencitraan Partai Politik dan Calon Legislatif pada Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kabupaten Banyuwangi?. (2) Bagaimana Fungsi Komunikasi Politik dalam Pencitraan Partai Politik dan Calon Legislatif pada Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kabupaten Banyuwangi?. (3) Bagaimana Implikasi Komunikasi Politik dalam Pencitraan Partai Politik dan Calon Legislatif pada Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kabupaten Banyuwangi?
Teori yang digunakan menganalisis masalah adalah Teori Agenda Setting, Teori Konstruktivis, Teori Retorika Data dikumpulkan dengan teknik observasi nonpartisipan, wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan, informan dijaring dengan purposive sampling dan teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif dengan prosedur reduksi, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan analisis data ditemukan : (1) Bentuk Komunikasi Politik dalam Pencitraan Partai Politik dan Calon Legislatif pada Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kabupaten Banyuwangi. (2) Fungsi Komunikasi Politik dalam Pencitraan Partai Politik dan Calon Legislatif pada Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kabupaten Banyuwangi. (3) Implikasi Komunikasi Politik dalam Pencitraan Partai Politik dan Calon Legislatif pada Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kabupaten Banyuwangi.
Kata Kunci : Komunikasi Politik, Pencitraan, Partai Politik, Calon Legislatif.
Referensi
Afan Gaffar, 2000, Politik Indonesia: Transisi Menuju Demokrasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Alie, Marzuki, (2010), Pemasarn Politik Dan Politik Kepartaian Di Indonesia, Kajian Pemilihan Umum Tahun 2009 di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Desertasi Doctor, Universiti Utara, Malaysia.
Arifin, Anwar. 2006. Pencitraan dalam Politik: Strategi Pemenagan Pemilu dalam Persefektif KomunikasiPolitik. Jakarta: Pustaka Indonesia.
Bartels, L. 1988. Issue voting under uncertainty: an empirical test. American. Journal of Political Science, (30), p.709 -728.
Budiardjo, Miriam. 2005. Pengantar Ilmu Politik. Jakarta: Universitas terbuka.
Butterick, Keith. 2012. Pengantar Public Relations Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Cangara, Hafied. 2009. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi. Jakarta: Rajawali Press.
Downs, A. 1957. An Economic Theory of Democracy. New York: Harper-Row.
Firmansyah. 2011. Mengelola Partai Politik. Jakarta: Yayasan Obor.
Firmanzah. 2011. Mengelola Parta Politik: Komunikasi dan Positioning Idiologi Politik di Era Demokrasi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Heryanto, gun gun, Zatkasy, Irwa. 2012. Public Relations Politik. Jakarta. Ghalia Indonesia.
Hasan, K. (2009). Komunikasi politik dan pecitraan (analisis teoritis pencitraan politik di Indonesia). Jurnal Online Dinamika fisip Unbara Palembang, volume 2 Nomor 1 Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kaid, Lynda Lee & Christina Holtz- Bacha, 2008. Encyclopedia of Political Communication. Volume 1 & 2. California: SAGE Publication.
Kantaprawira, Rusadi. 1994. Sistem PolitikIndonesia. Bandung: Sinar Baru
Kriyantono, Rachmat. 2020. Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif EdisiKedua. Jakarta: Penerbit Prenada Media Group.
Kriyantono, Rachmat. 2021. Best Practice Humas (Public Relations) Bisnis dan Pemerintah.
Lampe, I. (2014). Identitas etnik dalam komunikasi politik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(3), 299-313.
Maswadi Rauf dan Mappa Nasrun (ed), 1993, Indonesia dan Komunikasi Politik, Jakarta: Gramedia.
Muchtar, K., Sunan, U., & Djati Bandung, G. (2016). Komunikasi politik dan pembentukan citra partai. Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(2), 136-147.
Nimmo, Dan. 2000. Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan, dan Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pimay, A. (2023). Strategi Komunikasi Politik Anggota Legislatif Terpilih Partai Kebangkitan Bangsa Pada Pemilu 2019 di Salatiga. Jurnal Kopis: Kajian Penelitian dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, 5(2), 96-106.
Pujileksono, S. (2015). Metode penelitian komunikasi kualitatif. Jakarta: Erlangga.
Putra, I. G. N. (2014). Konteks historis praktek humas di indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(3), 178-190.
Rosyidi, A. M. (2017). Model dan Strategi Pembelajaran Diklat. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 5(1), 100-111.
Saputra, R. T. (2017). Sistem Kaderisasi Dan Penetapan Calon Anggota Legislatif Dalam Pemilu 2009 (Studi Kasus Partai Golkar Kabupaten Penajam Paser Utara). Jurnal Universitas Mulawarman, 2(1), 1829-1841.
Saraswati, dkk. 2019. “Kegiatan Hubungan Media pada Direktorat Komunikasi Publik di Universitas Padjajaran”. Profesi Humas, 3(2):202-218.
Surya Dewi. I Putu Desak. 2022 “Peran Humas Universitas Udayana Dalam Implementasi Keterbukaan Informasi Publik” Tesis. Denpasar.
Sutrisno, I., & Wiendijarti, I. (2015). Kajian retorika untuk pengembangan pengetahuan dan ketrampilan berpidato. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 70-84.
Syahrial Syarbaini 2021.”Teori, Media Dan Strategi Komunikasi Politik”. Program Ilmu Komunikasi ESA UNGGUL Press
Syahputra, Iswandi. 2018. “Strategi Media Relations Perusahaan Pertambangan Timah dan Agenda Setting Media di Bangka Belitung”. Juenal Kajian Komunikasi, 6(1):91- 105.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi HIndu
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Anubhava: Jurnal Komunikasi Hindu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi