STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENGOPTIMALKAN BUDAYA MUTU DI KANTOR BANK BPD BALI CABANG MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.25078/anubhava.v4i2.3508Kata Kunci:
Organizational Communication; Corporate Quality Culture; Bank BPD BaliAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui komunikasi organisasi di Bank BPD Bali Cabang Mataram. Sebagai penguat dari budaya mutu yang telah ditetapkan oleh Bank BPD Bali yaitu CINTA: Competent, Integrity, Teamwork, and Customer Awareness. Permasalahan yang dikaji dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Proses Komunikasi Organisasi dalam Mengoptimalkan Budaya Mutu di Kantor Bank BPD Bali Cabang Mataram? 2) Bagaimana Strategi Komunikasi Organisasi yang dilakukan dalam Mengoptimalkan Budaya Mutu di Kantor Bank BPD Bali Cabang Mataram? 3) Bagaimana Pimpinan Kantor Cabang Mengatasi Hambatan dalam Implementasi Strategi Komunikasi Organisasi di Kantor Bank BPD Bali Cabang Mataram?
Melalui penelitian deskriptif kualitatif, ditemukan bahwa Bank BPD Bali Cabang Mataram menggunakan sistem terbuka yang kompleks saling ketergantungan dari lingkungan internal maupun eksternal, dan juga melibatkan komunikasi antar pribadi diantara sesama anggotanya untuk mengetahui informasi dan perasaan sesamanya. Strategi komunikasi organisasi yang diterapkan dapat memaksimalkan kekuatan internal dan peluang dari eksternal, serta meminimalisir kelemahan secara internal dan tantangan dari eksternal Bank BPD Bali Cabang Mataram. Efektivitas komunikasi organisasi yang tampak dari wujud penerimaan mitra kerja sama terhadap Empat Budaya Kerja “CINTA” yang membuat perusahaan dapat tetap berproses dan berkontribusi dalam menggerakkan roda perekonomian tanpa terpengaruh perbedaan latar belakang antara internal Bank BPD Bali Cabang Mataram dengan mayoritas penduduk di Nusa Tenggara Barat.
Referensi
Allison, J. (2019). Values Statements: The Missing Link Between Organizational Culture, Strategic Management And Strategic Communication. International Journal of Organizational Analysis, 27(3), 666–689.
Brahmasari IA & Suprayetno A. 2008. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.10, No. 2, September 2008: 124-135
Brahmasari, 2021. Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada (Survey Pada CV. Kartika Group Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Titi Laras. Universitas Janabadra.
Brummette, J., & Zoch, L. M. (2016). How stakeholders’ personal values influence their value expectations for legitimate organizations. Corporate Communications: An International Journal, 21(3), 309–321.
Cangara, 2013. Strategi Komunikasi yang Efektif: Communication For Behavioral Impact (COMBI). Syiah Kuala University Press.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, Inc.
Devito, Joseph A. 1997. Komunikasi Antarmanusia. Tanggerang Selatan: Karisma Publishing Group.
Liliweri, Alo. 2017. Komunikasi Antar Personal. Prenada Media, 2017.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi HIndu

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Anubhava: Jurnal Komunikasi Hindu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi