MANAJEMEN KOMUNIKASI PT. AGAVI DALAM PEMBINAAN KELOMPOK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (STUDY PADA PROGRAM MAHASISWA MAGANG BERSERTIFIKAT DI NUSA PENIDA)
Kata Kunci:
Manajemen Komunikasi, PT AGAVI, Magang BersertifikatAbstrak
AGAVI merupakan salah satu perusahaan yang berfokus pada bidang pertanian dan interaksinya dengan masyarakat dan lingkungan. Berdasar pada fokus kerja perusahaan tersebut kemudian melahirkan sebuah program magang mahasiswa bersertifikat. PT. AGAVI menjadi mitra program MSIB Kemendikbudristek Republik Indonesia. Tujuannya untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mengaktualisasikan keahlian sekaligus membantu UMKM binaan dalam mengembangkan usaha berdasarkan potensi lokal yang ada. Program tersebut dibuat dalam istilah Collaborative R&D. Penelitian ini dirumuskan dalam 3 permasalahan, yaitu: berkaitan dengan pola manajemen komunikasi, faktor pendukung dan penghambat manajemen komunikasi, serta implikasi manajemen komunikasi PT. AGAVI dalam melakukan pembinaan pada kelompok UMKM Loka Muda melalui program MSIB.
Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan design yang terfokus pada observasi studi kasus. Penelitian ini dalam menentukan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen. Aktifitas yang dilakukan peneliti dalam analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan melakukan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan manajemen POAC dalam konteks peneltian mahasiswa magang PT. AGAVI merujuk pada pendekatan manajemen yang digunakan untuk merencanakan, mengorganisir, melaksanakan, dan mengontrol berbagai kegiatan operasional dan strategis yang terkait dengan produksi, operasional, dan pengembangan Loka Muda di Nusa Penida.
Referensi
George R. Terry dan Leslie W. Rue. 2019. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Supraptono, Eko dan kawan-kawan. 2023. “Penyelarasan Program Magang Bersertifikat dalam Implementasi Merdeka Belajar dan Kurikulum Merdeka”. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Volume 8 Nomor 1.
Diwan, P. (1999). Communication Management. Kuala Lumpur: Golden Books.
McHug, N. d. 2009. Pengantar Bisnis. Edisi 8 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat. Sugiyono. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sarinah. 2017. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish
Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Suprapto Tommy, 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Jakarta : Media presindo.
Mustikasari, Reni Dkk. 2021. Strategi Manajemen Komunikasi Media Online Cerdik Indonesia Dalam Mengatasi Persaingan Antarmedia Online. Universitas Komputer Indonesia. Jurnal Common: Vol. 5 No 2. Desember 2021.
Masmuh, A. (2005). Komunikasi Organisasi Dalam Perspektif Teori dan Praktik. Malang: UMM Pres.
Sarinah, dan Mardalena. 2017. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi HIndu
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Anubhava: Jurnal Komunikasi Hindu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi