Pelatihan Dharmagita untuk Meningkatkan Kemampuan Generasi Muda Hindu Melantunkan Dharmagita

Penulis

  • Ni Nyoman Sudiani Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara Jakarta
  • Dian Syanita Utami Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara Jakarta
  • Komang Evi Sevriyani Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara Jakarta
  • Komang Murtini Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara Jakarta
  • Ni Putu Desi Natali Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.25078/sevanam.v3i1.3449

Kata Kunci:

pelatihan, dharmagita, generasi muda Hindu

Abstrak

Dharmagita adalah nyanyian suci yang berfungsi untuk menyebarkan ajaran Veda. Ajaran Veda diterima oleh para Maharsi melalui sabda suci. Maharsi selanjutnya mengimplementasikan ajaran dharma kepada umat melalui gita. Ajaran Veda terdiri dari bait-bait syair dan disampaikan dengan cara menyanyikannya. Dharmagita ternyata merupakan metode yang sangat efektif untuk mengimplementasikan ajaran Hindu terutama di kalangan generasi muda. Oleh karena itu sangat penting meningkatkan kemampuan dharmagita di kalangan generasi muda. Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara merasa bertanggung jawab untuk meningkatkan kemampuan dharmagita generasi muda sehingga dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Adapun tujuan PkM ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca sloka, dan kakawin generasi muda. Kegiatan ini dilakukan di Gedung Dharmasevanam Aditya Jaya Rawamangun. Peserta yang dibina terdiri dari siswa- siswi pasraman Se-DKI Jakarta untuk tingkat anak-anak dan remaja. Metode yang digunakan adalah pelatihan dengan pretest dan posttest. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah kemampuan membaca sloka, dan kakawin siswa-siswi pasraman meningkat namun belum signifikan. Kegiatan ini harus dilaksanakan secara berkala sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Referensi

Adnyana, P. E. S., & Prayoga, I. M. A. (2021). Pengenalan Seni Suara Dharmagītā “Sekar Agung” Berbasis Multimedia Interaktif. Sphatika: Jurnal Teologi, 12(1), 62. https://doi.org/10.25078/sp.v12i1.2064

Agung, A., Alit, G., Wayan, N., & Astuti, W. (2023). Religiusitas Sastra Kakawin: Sebuah Penguatan Budaya Bali. 3(1), 221–228.

Astriyandi, A. A. (2021). Pendekatan Inquiry Type Project Base Learning & Group Investigation “Dalam Konsep Pelestarian Lingkungan Hidup” (Abdul (ed.)). Penerbit Adab.

Dewanto. (2005). RGVEDA Samhita Mandala VIII, IX, X (Dewanto (ed.); Pertama). Paramita. http://www.paramitapublisher.com

Marito, A. S., Sitait, M., & Sinulingga, K. (2022). The Effects of Using Problem Base Learning Model Supported by E-book on Students Physics Problem Solving Ability. In B. Sinaga, R. Husein, & J. Rajagukguk (Eds.), Proceeding of the 7 Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership , AISTEEL 2022 (pp. 742–749). EAI Publishing.

Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan Dan Modul Dengan One Group Pre And Post Test. Simponi, 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439

Remen, I. K. (1982). Serba-Serbi Wirama Kakawin.

Sivananda, S. S. (1999). Amrita Gita (WWW). The Divine Life Society.

Sudarsana, I. K., & Arwani, G. A. . Y. (2018). Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Pelaksanaan Dharmagita Pada Sekaa Teruna. Jurnal Ilmu Agama, 1, 1–18.

Sudiani, N. N., Hemamalini, K., & Angga Irawan, I. ketut. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religious Pada Geguritan Pan Balang Tamak. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 15. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/1313/705

Sudirga Ida Bagus. (2017). Peran DharmaGita Dalam Meningkatkan Sradah Dan Bhakti Siswa Hindu. Vidya Samhita Jurnal Penelitian Agama Vidia Samhita, 1, 89–96.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukiani, N. K., Mustiari, N. K., & Indonesia, U. H. (2021). Vidya Wertta Volume 4 Nomor 2 Tahun 2021 ( Studi di Sekolah Menengah Pertama Widya Sakti Denpasar ). 4(2), 125–136.

Surada, I. M. (2013). Dharmagita: Kidung Panca Yajna, Beberapa Wirama, Sloka, Palawakya dan Macepat. Paramita.

Susanto, J. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Di Sd. Journal of Primary Educational, 1(2), 72–77. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe

Teeuw, A. (2015). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. PT Dunia Pustaka Jaya.

Tinggen, N. (2004). Dasar-Dasar Pelajaran Kakawin. CV, Kayumas Agung.

Titib, I. M. (1996). Veda Sabda Suci (Pedoman Praktis Kehidupan). Paramita.

Unduhan

Diterbitkan

30-03-2024

Cara Mengutip

Ni Nyoman Sudiani, Utami, D. S., Sevriyani, K. E. ., Murtini, K. ., & Natali, N. P. D. . (2024). Pelatihan Dharmagita untuk Meningkatkan Kemampuan Generasi Muda Hindu Melantunkan Dharmagita. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 85–97. https://doi.org/10.25078/sevanam.v3i1.3449

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 46 times