CHAI’S PLAY, APLIKASI PARENTING DAN PERMAINAN MILENIAL UNTUK AKTIVITAS TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI
CHAI’S PLAY, APLIKASI PARENTING DAN PERMAINAN MILENIAL UNTUK AKTIVITAS TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2438Keywords:
indonesiaAbstract
Ibu dengan rentang usia kurang dari 35 tahun aktif mengakses media digital karena
sedang dalam proses menjadi orang tua baru. Menjadi bagian dari generasi milenial
menuntut mereka untuk menjadi generasi baru yang mengacu pada generasi sosial dengan
rentang usia yang kurang lebih sama untuk berbagi informasi tentang kehidupan keluarga
dan dinamika di dalamnya. Informasi di berbagai laman digital merupakan jawaban atas
kebutuhan yang dilalui seseorang dalam menghadapi fase kehidupan baru. Pergeseran
perolehan informasi didukung oleh perkembangan media dengan berbagai jenis dan fitur
yang ditawarkan. Akses informasi yang semula dilakukan secara langsung melalui
teguran orang tua atau lanjut usia, kini dengan mudah mencari di internet segala informasi
yang dibutuhkan dalam mengasuh anak. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengkaji
tentang aplikasi Chai’s Play sebagai aplikasi parenting yang sangat penting bagi orang
tua milenial karena saat ini masih banyak belum paham pola asuh dan keunggulan
perkembangan pada anak mereka. Objek penelitian ini adalah aplikasi chai’s play sebagai
aplikasi parenting dan permainan milenial untuk aktivitas tumbuh kembang anak usia
dini. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
metode kajian kepustakaan (library research) dengan menelaah literatur yang relevan
dengan topik kajian ini. Tahapan penelitian yang dilaksanakan dimulai dengan
menghimpun sumber kepustakaan, baik primer maupun sekunder. Pada tahap lanjut
peneliti mengolah daya dan mengutip referensi untuk ditampilkan sebagai temuan
penelitian, diabstrakkan dan diiterpretasikan. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis data (content analysis) dengan teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah dokumentasi.
References
Alsop, R. (2008). The Trophy Kids Grow Up: How The Millennial Generation Is Shaking
Up The Workplace. Jossey-bass.
Berns, R. M. (1997). Child,Family,School,Community:Socialization And Support.
Rinehart and Winston,inc.
Blackwell, L., Hardy, J., Ammari, T., V., & T., Lampe, C., & Schoenebeck, S. (2016).
LGBT Parents and Social Media: Advocacy, Privacy, and Disclosure during Shifting
Social Movements. Computer Supported Parenting, 610–622.
https://doi.org/https://doi. org/10.1145/2858036.2858342
Burns, D. D. (1988). Terapi Kognitif. Pendekatan Baru Bagi Penanganan Depresi.
(Terjemahan Oleh Santosa). Erlangga.
Christiari, Ayu Yoniko ;Ramzi, Syamlan;Irawan, F. K. (2013). Hubungan Pengetahuan
Ibu tentang Stimulasi Dini dengan Perkembangan Motorik pada Anak Usia 6-24
bulan di Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Pustaka Kesehatan, 1(1).
Danuri, M. (2019). PERKEMBANGAN DAN TRANSFORMASI TEKNOLOGI
DIGITAL. INFOKAM, 2.
DeVaney, S. A. (2015). Understanding the Millennial Generation. Journal of Financial
Service Professionals, 69(6), 11–14.
Dewi, C. M., Putri, A. S., Z. N., & B, M. P. H. A. H. (2021). Kepercayaan diri dengan
Intensitas Penggunaan Media Sosial TikTok di Masa Pandemi : studi Korelasi.
Fenomena, 29(2). https://doi.org/https://doi. org/10.30996/fn.v29i2.4653
Efriza, & Indrawan, J. (2018). Komunikasi Politik: Pemahaman Secara Teoritis dan
Empiris. Intrans Publishing.
Gumilar, F. G., & Mubarok, A. (2021). APLIKASI DETEKSI DINI PERKEMBANGAN
ANAK USIA. JURNAL RESPONSIF, 3(2), 192–198.
Hapsari,Swita Amallia; Mutia, R. P. ;Heni I. (2020). Konten Edukasi Pengasuhan Anak
Melalui Media Online Komunitas Parenting Keluargakita.Com. International
Conference Communication and Sosial Sciences (ICCOMSOS), 1(1), 30–41.
Hastuti, D. (2015). Pengasuhan: teori, prinsip, dan aplikasinya di Indonesia. IPB Press.
Hildayani, R., Basrowi, R., & Chairunita, C. (2018). Millennial Parenting Dan
Peranannya Terhadap Kesehatan Pencernaan. Book Chapter, July.
Hutchings, J., Owen, D., & Williams, M. (2018). Web-Based Parenting Support:
Development of the COPING Confident Parenting Programme. Education Sciences,
(2), 59.
Ilahi, M. T. (2013). Quantum Parenting. Ar-Russ Media.
Kania, N. (2016). STIMULASI TUMBUH KEMBANG ANAK UNTUK MENCAPAI
TUMBUH KEMBANG YANG OPTIMAL.
Kemendikbud, R. I. (2014). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar
Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Kemenkes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan
Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kemp, S. (2018). DIGITAL 2018: INDONESIA. https://datareportal.com/reports/digital-
-indonesia
Lindriany, J., Hidayati, D., & Muhammad, D. (2023). Urgensi Literasi Digital Bagi Anak
Usia Dini Dan Orang Tua. JET: Journal of Education and Teaching, 4(1), 35–49.
https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.201
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.
Novianti, R., Febrialismanto, F., Puspitasari, E., & Hukmi, H. (2020). Meningkatkan
pengetahuan orang tua dalam mendidik anak di era digital di Kecamatan Koto Gasib
Kabupaten Siak Provinsi Riau. Riau Journal of Empowerment, 3(3), 183–190.
https://doi.org/10.31258/raje.3.3.183-190
Pitriyani, Adhatul ; Deni Widjayatri, R. (2016). PERAN ORANG TUA MILENIAL
DALAM MENDIDIK GENERASI ALPHA DI ERA DIGITAL. Qurroti : Jurnal
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1–23.
Play, C. (2021). Because This is My First Parenting Life: Pengasuhan dan Permaian
Anak. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Pyoria, P., Ojala, S., Saari, T., & J., & KM. (2017). The millennial generation: A New
Breed of Labour? SAGE Open, 1–14.
Ramani, G. B., & Eason, S. H. (2015). It all adds up: Learning Early Math Through Play
and Games. Phi Delta Kappan, 96(8), 27–32.
Ramani, G. B., Daubert, E. N., & Scalise, N. R. (2019). Role of Play and Games in
Building Children’s Foundational Numerical Knowledge In Cognitive foundations
for improving mathematical learning. Academic Press.
Reavley, N., Fernando, L. ., & Jorm, A. (2022). Websites and the validity of mental health
care information. In Mental Health in a Digital World. Academic Press, 191–206.
https://doi.org/https:// doiorgb 0.00009-5
Kadek Bayu Indrayasa, Putu Emy Suryanti
Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development. McGraw-Hill Education.
Sarasehan, Y., Buaraheng, S., & Wahyuni, I. W. (2020). Pengembangan Seni Rupa Tiga
Dimensi untuk Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Media Playdough. Nanaeke:
Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 28–36.
Saripudin, A. (2019). ANALISIS TUMBUH KEMBANG ANAK DITINJAU DARI
ASPEK PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI. Equalita,
(1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan
Penelitian Pendidikan. CV Alfabeta.
Wahyuni, T. (2017). Pengaruh Aplikasi Mother Cares (MOCA) terhadap Peningkatan
Pengetahuan dan Keterampilan Orang Tua dalam Melakukan Stimulasi Tumbuh
Kembang Balita Usia 12–18 Bulan. MEDIKA CENDIKIA, 4(1), 28–36.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bayu Indrayasa Kadek, Putu Emy Suryanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.