CHAI’S PLAY, APLIKASI PARENTING DAN PERMAINAN MILENIAL UNTUK AKTIVITAS TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI

CHAI’S PLAY, APLIKASI PARENTING DAN PERMAINAN MILENIAL UNTUK AKTIVITAS TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI

Authors

  • Kadek Bayu Indrayasa STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Putu Emy Suryanti Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2438

Keywords:

indonesia

Abstract

Ibu dengan rentang usia kurang dari 35 tahun aktif mengakses media digital karena
sedang dalam proses menjadi orang tua baru. Menjadi bagian dari generasi milenial
menuntut mereka untuk menjadi generasi baru yang mengacu pada generasi sosial dengan
rentang usia yang kurang lebih sama untuk berbagi informasi tentang kehidupan keluarga
dan dinamika di dalamnya. Informasi di berbagai laman digital merupakan jawaban atas
kebutuhan yang dilalui seseorang dalam menghadapi fase kehidupan baru. Pergeseran
perolehan informasi didukung oleh perkembangan media dengan berbagai jenis dan fitur
yang ditawarkan. Akses informasi yang semula dilakukan secara langsung melalui
teguran orang tua atau lanjut usia, kini dengan mudah mencari di internet segala informasi
yang dibutuhkan dalam mengasuh anak. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengkaji
tentang aplikasi Chai’s Play sebagai aplikasi parenting yang sangat penting bagi orang
tua milenial karena saat ini masih banyak belum paham pola asuh dan keunggulan
perkembangan pada anak mereka. Objek penelitian ini adalah aplikasi chai’s play sebagai
aplikasi parenting dan permainan milenial untuk aktivitas tumbuh kembang anak usia
dini. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
metode kajian kepustakaan (library research) dengan menelaah literatur yang relevan
dengan topik kajian ini. Tahapan penelitian yang dilaksanakan dimulai dengan
menghimpun sumber kepustakaan, baik primer maupun sekunder. Pada tahap lanjut
peneliti mengolah daya dan mengutip referensi untuk ditampilkan sebagai temuan
penelitian, diabstrakkan dan diiterpretasikan. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis data (content analysis) dengan teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah dokumentasi.

References

Alsop, R. (2008). The Trophy Kids Grow Up: How The Millennial Generation Is Shaking

Up The Workplace. Jossey-bass.

Berns, R. M. (1997). Child,Family,School,Community:Socialization And Support.

Rinehart and Winston,inc.

Blackwell, L., Hardy, J., Ammari, T., V., & T., Lampe, C., & Schoenebeck, S. (2016).

LGBT Parents and Social Media: Advocacy, Privacy, and Disclosure during Shifting

Social Movements. Computer Supported Parenting, 610–622.

https://doi.org/https://doi. org/10.1145/2858036.2858342

Burns, D. D. (1988). Terapi Kognitif. Pendekatan Baru Bagi Penanganan Depresi.

(Terjemahan Oleh Santosa). Erlangga.

Christiari, Ayu Yoniko ;Ramzi, Syamlan;Irawan, F. K. (2013). Hubungan Pengetahuan

Ibu tentang Stimulasi Dini dengan Perkembangan Motorik pada Anak Usia 6-24

bulan di Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Pustaka Kesehatan, 1(1).

Danuri, M. (2019). PERKEMBANGAN DAN TRANSFORMASI TEKNOLOGI

DIGITAL. INFOKAM, 2.

DeVaney, S. A. (2015). Understanding the Millennial Generation. Journal of Financial

Service Professionals, 69(6), 11–14.

Dewi, C. M., Putri, A. S., Z. N., & B, M. P. H. A. H. (2021). Kepercayaan diri dengan

Intensitas Penggunaan Media Sosial TikTok di Masa Pandemi : studi Korelasi.

Fenomena, 29(2). https://doi.org/https://doi. org/10.30996/fn.v29i2.4653

Efriza, & Indrawan, J. (2018). Komunikasi Politik: Pemahaman Secara Teoritis dan

Empiris. Intrans Publishing.

Gumilar, F. G., & Mubarok, A. (2021). APLIKASI DETEKSI DINI PERKEMBANGAN

ANAK USIA. JURNAL RESPONSIF, 3(2), 192–198.

Hapsari,Swita Amallia; Mutia, R. P. ;Heni I. (2020). Konten Edukasi Pengasuhan Anak

Melalui Media Online Komunitas Parenting Keluargakita.Com. International

Conference Communication and Sosial Sciences (ICCOMSOS), 1(1), 30–41.

Hastuti, D. (2015). Pengasuhan: teori, prinsip, dan aplikasinya di Indonesia. IPB Press.

Hildayani, R., Basrowi, R., & Chairunita, C. (2018). Millennial Parenting Dan

Peranannya Terhadap Kesehatan Pencernaan. Book Chapter, July.

Hutchings, J., Owen, D., & Williams, M. (2018). Web-Based Parenting Support:

Development of the COPING Confident Parenting Programme. Education Sciences,

(2), 59.

Ilahi, M. T. (2013). Quantum Parenting. Ar-Russ Media.

Kania, N. (2016). STIMULASI TUMBUH KEMBANG ANAK UNTUK MENCAPAI

TUMBUH KEMBANG YANG OPTIMAL.

Kemendikbud, R. I. (2014). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar

Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Kemenkes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan

Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemp, S. (2018). DIGITAL 2018: INDONESIA. https://datareportal.com/reports/digital-

-indonesia

Lindriany, J., Hidayati, D., & Muhammad, D. (2023). Urgensi Literasi Digital Bagi Anak

Usia Dini Dan Orang Tua. JET: Journal of Education and Teaching, 4(1), 35–49.

https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.201

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.

Novianti, R., Febrialismanto, F., Puspitasari, E., & Hukmi, H. (2020). Meningkatkan

pengetahuan orang tua dalam mendidik anak di era digital di Kecamatan Koto Gasib

Kabupaten Siak Provinsi Riau. Riau Journal of Empowerment, 3(3), 183–190.

https://doi.org/10.31258/raje.3.3.183-190

Pitriyani, Adhatul ; Deni Widjayatri, R. (2016). PERAN ORANG TUA MILENIAL

DALAM MENDIDIK GENERASI ALPHA DI ERA DIGITAL. Qurroti : Jurnal

Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1–23.

Play, C. (2021). Because This is My First Parenting Life: Pengasuhan dan Permaian

Anak. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Pyoria, P., Ojala, S., Saari, T., & J., & KM. (2017). The millennial generation: A New

Breed of Labour? SAGE Open, 1–14.

Ramani, G. B., & Eason, S. H. (2015). It all adds up: Learning Early Math Through Play

and Games. Phi Delta Kappan, 96(8), 27–32.

Ramani, G. B., Daubert, E. N., & Scalise, N. R. (2019). Role of Play and Games in

Building Children’s Foundational Numerical Knowledge In Cognitive foundations

for improving mathematical learning. Academic Press.

Reavley, N., Fernando, L. ., & Jorm, A. (2022). Websites and the validity of mental health

care information. In Mental Health in a Digital World. Academic Press, 191–206.

https://doi.org/https:// doiorgb 0.00009-5

Kadek Bayu Indrayasa, Putu Emy Suryanti

Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development. McGraw-Hill Education.

Sarasehan, Y., Buaraheng, S., & Wahyuni, I. W. (2020). Pengembangan Seni Rupa Tiga

Dimensi untuk Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Media Playdough. Nanaeke:

Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 28–36.

Saripudin, A. (2019). ANALISIS TUMBUH KEMBANG ANAK DITINJAU DARI

ASPEK PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI. Equalita,

(1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan

Penelitian Pendidikan. CV Alfabeta.

Wahyuni, T. (2017). Pengaruh Aplikasi Mother Cares (MOCA) terhadap Peningkatan

Pengetahuan dan Keterampilan Orang Tua dalam Melakukan Stimulasi Tumbuh

Kembang Balita Usia 12–18 Bulan. MEDIKA CENDIKIA, 4(1), 28–36.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Indrayasa, K. B. ., & Suryanti, P. E. . (2023). CHAI’S PLAY, APLIKASI PARENTING DAN PERMAINAN MILENIAL UNTUK AKTIVITAS TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI: CHAI’S PLAY, APLIKASI PARENTING DAN PERMAINAN MILENIAL UNTUK AKTIVITAS TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 64–75. https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2438
Abstract viewed = 130 times