POLA ASUH ORANGTUA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS ANAK USIA DINI: ANALISIS DAMPAK PERILAKU GASLIGHTING PARENTING

POLA ASUH ORANGTUA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS ANAK USIA DINI: ANALISIS DAMPAK PERILAKU GASLIGHTING PARENTING

Authors

  • I Putu Adi Saskara
  • Ulio
  • I Gusti Arya Anggriawan

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2415

Keywords:

Gaslighting, Parenting, Child Communication, Family Communication, Child Psychology, Early Childhood

Abstract

Gaslighting adalah bentuk manipulasi komunikasi dan psikologis dimana seseorang
berusaha menabur benih keraguan pada orang lain, membuat mereka mempertanyakan
ingatan, persepsi, atau kewarasan mereka sendiri. Dalam hal mengasuh anak, gaslighting
bisa menjadi taktik destruktif dan merusak yang digunakan oleh orang tua untuk
mengontrol dan memanipulasi anak-anak mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis dampak perilaku gaslighting terhadap perkembangan psikologis dan
komunikasi dari anak usia dini. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif deskriptif dan wawancara. Sumber datanya adalah dari studi observasi,
wawancara korban yang pernah mengalami perilaku gaslighting. Serta beberapa
pemahaman dari literatur maupun orang yang ahli di dalam psikologi anak seperti dokter,
psikolog dan yang lainnya. Hasil penelitian menemukan bahwa sebanyak 67% seorang
anak sering mendapatkan perlakuan gaslighting parenting dari orangtua mereka di daerah
Mengwi. Oleh karena itu perilaku gaslighting ini sendiri sebaiknya lebih diperhatikan
oleh orang tua, baik itu dilakukan secara sadar maupun secara tidak sadar karena dapat
memberikan pengaruh yang sangat signifikan pada anak. Penerapan gaslighting di dalam
mendidik anak sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan untuk menghindari
kemungkinan-kemungkinan buruk yang tidak diharapkan dalam sebuah keluarga.
Pentingnya meluangkan waktu bersama, serta komunikasi antara orangtua dan anak dapat
mengurangi kemungkinan anak menerima stress yang berlebihan untuk kesehatan
mentalnya di kemudian hari. Hal ini juga bertujuan agar anak dapat tumbuh dengan
kondisi mental yang stabil dan lebih dewasa dalam menghadapi masalah yang ada di masa
depan

References

Abramson, K. (2014). TURNING UP THE LIGHTS ON GASLIGHTING. Philosophical Perspectives, 28(1), 1–30. https://doi.org/10.1111/phpe.12046

Beauchamp, M. (2020). What Is Gaslighting in Relationships? An Expert Explains. Interview with Jeremy Bergen, MS, LCPC.

Chernyak, P. (2022). How to Avoid Gaslighting Children. https://www.wikihow.com/Avoid-Gaslighting-Children

Durán, J. T. (2021). Affective Cartographies (M. Quintero, Ed.). United Nations Children’s Fund. http://www.unicef.org/lac

Hertiwi Putri, N. (2022). Penyebab Stres pada Anak dan Cara Mengatasinya yang Efektif. https://www.sehatq.com/artikel/cara-menghilangkan-stres-pada-anak

Kelly, O. (2019). Feminist Philosophy: Gaslighting. In academia.edu. https://www.academia.edu/40569665/Gaslighting_Syllabus

Mcleod, S. (2022). What Is Gaslighting? Examples & How To Respond. Simply Psychology. https://www.simplypsychology.org/is-someone-gaslighting-you.html

Oxford English Dictionaries. (2022). Gaslighting. Oxford English Dictionaries. https://www.oed.com/viewdictionaryentry/Entry/255554#:~:text=To%20manipulate%20(a%20person)%20by,his%20or%20her%20own%20sanity.

Redana, M. (2006). Panduan Praktis Penulisan Karya Ilmiah dan Proposal Riset. Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.

Stern, R. (2018). The gaslight effect: How to spot and survive the hidden manipulation others use to control your life. . Harmony.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.

Sweet, P. L. (2019). The Sociology of Gaslighting. American Sociological Review, 84(5), 851–875. https://doi.org/10.1177/0003122419874843

Wozolek, B. (2018). Gaslighting queerness: schooling as a place of violent assemblages. Journal of LGBT Youth, 15(4), 319–338. https://doi.org/10.1080/19361653.2018.1484839

Saskara, I. P. A., & Ulio, S. M. (2020). Peran komunikasi keluarga dalam mengatasi “toxic parents” bagi kesehatan mental anak. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 125-134.

Widnyana, I. M. A., Putra, I. B. K. S., Saskara, I. P. A., Budiadnyana, A. A. N., & Juliawan, I. N. (2020). Moral character education in early childhood in the Hindu Family. Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 4(1), 100-109.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Saskara, I. P. A. ., Ulio, & Anggriawan, I. G. A. (2023). POLA ASUH ORANGTUA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS ANAK USIA DINI: ANALISIS DAMPAK PERILAKU GASLIGHTING PARENTING: POLA ASUH ORANGTUA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS ANAK USIA DINI: ANALISIS DAMPAK PERILAKU GASLIGHTING PARENTING. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 15–25. https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2415
Abstract viewed = 145 times