ANALISIS ISI KUANTITATIF KOMENTAR PADA POSTINGAN @aniesbaswedan DI INSTAGRAM
Kata Kunci:
analisis konten kuantitatif, komentar, Anies Baswedan, InstagramAbstrak
Postingan Anies Baswedan yang paling populer tentang pertemuan dengan PKL di Palembang (Kak Andara Tisu), pada 10 September 2023 mendapat respon tinggi dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sentimen dilihat dari kolom komentar pada postingan akun Instagram @aniesbaswedan. Peneliti menggunakan kategorisasi Stuart Hall dominan dan oposisi yang melihat frekuensi positif dan negatif. Total sampling sebanyak 3.913 komentar terkumpul. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini menunjukkan terdapat kategori frekuensi tinggi untuk kategori dominan dengan persentase 63% dan total 2.459 komentar. Kategori dengan frekuensi kedua adalah kategori oposisi yang memperoleh persentase 39% dengan total 151 komentar. Dari kategori dominan, rata-rata memberikan komentar yang meyakini postingan pertemuan Anies Baswedan menyebutkan PKL itu benar dan bukan merupakan bentukan pihak manapun. Sehingga, banyak pihak yang memuji dan mendukung tindakan Anies Baswedan sebagai pemimpin kerakyatan. Oleh karena itu, mereka memantapkan pilihannya untuk mendukung dan memilih Anies Baswedan sebagai presiden pada pemilu 2024 karena menilai citranya baik.
Referensi
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Arifin, N. F., & Fuad, A. J. (2021). Dampak Post-Truth di Media Sosial. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 10(3), 376–378. https://doi.org/10.33367/ji.v10i3.1430
Eko azi septiawan, Belli Nasution, & Muchid. (2022). Pengelolaan Pesan Politik Di Media Sosial Dalam Kampanye Pemenangan Pasangan Paisal-Amris Pada Pemilihan Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Dumai Tahun 2022. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(3), 649–658. https://doi.org/10.25157/moderat.v8i3.2775
Handiyani, P., & Hermawan, A. (2017). Kredibilitas Portal Berita Online Dalam Pemberitaan Peristiwa Bom Sarinah Tahun 2016 (Analisis Isi Portal Berita Detik.com dan Kompas.com Periode 14 Januari- 14 Februari 2016). Jurnal Komunikasi, 12(1), 51–68. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol12.iss1.art4
Indrawan, R. M. J. (2017). Dampak Komunikasi Politik Dan Opini Publik Terhadap Perilaku Masyarakat. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 171. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.14
Mona Triana. (2022). Media Massa dan Public Sphere. Jurnal Scientia, 4. https://jurnal.scientia.id/wp-content/uploads/sites/12/2021/12/Artikel_Mona-Triana.pdf
Muhtar, A. A. (2021). Ruang Publik Dan Dakwah Di Media Sosial Alvin. Dinamika Penelitian : Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 21, Nomor, 282.
Salsabil, R. D., & Ningsih, R. (2023). Kesantunan Berbahasa Warganet Dalam Kolom Komentar Instagram @Jokowi ‘Ruang Cakap Digital.’ Jurnal Konfiks, 10(1), 44–54. https://doi.org/10.26618/konfiks.v10i1.10770
Supit, G. R. A., & Wuryanta, A. E. W. (2021). Media Sosial Sebagai Media Politik Dalam Pilkada (Studi Kasus Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020). Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 6(3), 314. https://doi.org/10.52423/jikuho.v6i3.17439
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Kajian Komunikasi Budaya (Journal of Cultural Communication Studies)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JKKB: Jurnal Kajian Komunikasi Budaya (Journal of Cultural Communication Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at JKKB: Jurnal Kajian Komunikasi Budaya (Journal of Cultural Communication Studies