EVALUASI DAN PENGUKURAN TINGKAT LITERASI DIGITAL MENUJU KOMUNIKASI BERMEDIA DIGITAL YANG MERDEKA
Kata Kunci:
Literasi digital, pelajar, re-purposing content, kurikulum, mekanisme pengajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengukur tingkat literasi digital di lingkungan kampus. Penelitian ini mengambil data siswa di LPK Ganesha Indonesia pada pertengahan tahun 2024. Hal ini didasarkan pada sembilan elemen konsep literasi digital. Literasi digital merupakan keterampilan penting untuk menggunakan teknologi informasi di perguruan tinggi dan proses administrasi. Penelitian ini menganalisis implementasi literasi digital dalam suasana akademik dengan menggunakan metode campuran dengan pendekatan konkuren yang tertanam seperti menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari survei untuk mengukur tingkat dan data kualitatif diperoleh dari wawancara dan observasi tentang implementasi literasi digital. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada tingkat sedang hingga mahir dengan unsur re-purpose content mempunyai nilai yang kurang. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa harus meningkatkan keterampilan mereka untuk menyesuaikan dan menggunakan konten digital secara efektif. Terdapat upaya untuk meningkatkan literasi digital di LPK, namun masih banyak ruang untuk pengembangan lebih lanjut. Merekomendasikan agar literasi digital harus ditingkatkan sebagai mekanisme pengajaran yang diintegrasikan ke dalam kurikulum. Meningkatkan dan meningkatkan keterampilan literasi digital sangat penting untuk mempersiapkan siswa mendapatkan manfaat lebih di era digital di masa depan.
Referensi
APJII. 2017. Infografis: Penetrasi dan perilaku pengguna internet Indonesia 2017. Jakarta: Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia.
Barker, Chris. 2004. Cultural Studies, Teori dan Praktek, Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Creswell, J. W. 2010. Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Colbin, Annemarie. 2013. The International Journal of Healing and Caring, http;//www.wholistichealingreseach.com/21Colbin.html. Diakses tanggal-bulan-tahun.
Dini, C. P., & Lestari, P. 2015. Literasi informasi tentang kemasan produk obat bebas. Jurnal ASPIKOM, 2(5), 357-373.
GRPI. 2023. Pedoman Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Engineering Perhotelan. LPK Ganesha Indonesia. Karangasem: Ganesha Riset dan Pengembangan Indonesia
Kemendikbud. 2017. Materi pendukung literasi digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurnia, N., & Astuti, S. I. 2017. Peta gerakan literasi digital di Indonesia: Studi tentang pelaku, ragam kegiatan, kelompok sasaran, dan mitra yang dilakukan oleh JAPELIDI. Jurnal Informasi Universitas Negeri Yogyakarta, 47(2), 149-166.
Nasrullah, R. 2015. Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Widharma, IGS, Sumadi, K, Jati, IN. 2024. Teknologi Digital dalam Pembelajaran Berbasiskan Budaya Tri Hita Karana Menuju Indonesia Emas 2045. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Dharma Duta Tahun 2024. Denpasar, 28 Juni, FDD UHN Sugriwa Denpasar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Kajian Komunikasi Budaya (Journal of Cultural Communication Studies)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JKKB: Jurnal Kajian Komunikasi Budaya (Journal of Cultural Communication Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at JKKB: Jurnal Kajian Komunikasi Budaya (Journal of Cultural Communication Studies