KEHADIRAN MEDIA KOMUNIKASI BARU AKIBAT PERUBAHAN POLA KOMUNIKASI MASYARAKAT MODERN
Kata Kunci:
Kehadiran , Media Komunikasi Baru, Perubahan, Pola Komunikasi, masyarakat modernAbstrak
Komunikasi merupakan sebuah proses penyampaian suatu pesan dimana didalamnya terdapat berbagai komponen yang saling melengkapi satu sama lain yaitu adanya seorang komunikator,pesan itu sendiri yang ingin disampaikan,dan adanya komunikan.Semakin berkembangnya zaman yang kian modern komunikasi bisa dilakukan tanpa harus bertemu secara tatap muka.Saat ini telah hadir berbagai macam jenis media komunikasi digital yang membantu agar lebih memudahkan setiap orang agar dapat melakukan komunikasi dengan lebih efektif dan efisien.Waktu yang terus berputar memunculkan adanya masyarakat modern,dimana terjadi perubahan yang awalnya dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat yang lebih maju dalam segi bidang apapun.Dengan dilakukannya penelitian ini bertujuan agar bisa mengetahui apakah dengan adanya media komunikasi digital yang sangat beragam saat ini dapat memberikan kemudahan dalam penyampaian pesan kepada orang lain.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Temuan penelitian yang didapatkan bahwasannya kehadiran media komunikasi digital sangat memberikan manfaat kepada semua pihak karena dapat menyampaikan pesan dengan lebih mudah dan cepat. Selain itu telah terjadi perubahan tren komunikasi di masyarakat modern karena adanya digitalisasi dari media digital.
Referensi
Efendi, A., Astuti, P. I., Nuryani, D., & Rahayu, T. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media digital Terhadap Pola Interaksi Sosial Anak Di Kabupaten Sukoharjo. In Jurnal Penelitian Humaniora , 18(2) , 12-24.
Kristiyono, J. (2015). Budaya Internet: Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung Penggunaan Media Di Masyarakat. Jurnal Scriptura, 5(1). https://doi.org/10.9744/scriptura.5.1.23-30
Lisdiana Avis. (2018). Pengaruh Penggunaan Media digital Terhadap Komunikasi Interpersonal Warga Masyarakat Kampung Cyber Yogyakarta. 1-84
Norhabiba, F., Ari, S., & Putri, R. (2018). Hubungan Intensita Akses Media digital Dan Kualitas Interaksi Lingkungan Sekitar Pada Mahasiswa Untag Surabaya. In Jurnal Ilmu Komunikasi (Vol. 7, Issue 1).
Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2017). Kajian Tentang Efektivitas Pesan Dalam Komunikasi. Jurnal Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 3(1), 90–95.
Prasetya, D., & Marina, R. (2022). Studi Analisis Media digital: Manfaat dan Permasalahan dari Media Sosial dan Game Online. Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, 4(2), 1–10. https://jurnal.ugp.ac.id/index.php/Telangke
Sucahya . (2013). Teknologi Komunikasi dan Media Oleh : Media Sucahya, Drs . Jurnal Komunikasi, 2(1) , 6-21
Suri, D., Pgri, S., & Lampung, B. (2019). Pemanfaatan Media Komunikasi dan Informasi Dalam Perwujudan Pembangunan Nasional Utilization of Communication Media and Information for Embody National Development (Vol. 17, Issue 2).
Surya, Y. W. (2002). Pola Konsumsi dan Pengaruh Internet Sebagai Media ,Ahmadi, M. (2020). Dampak Perkembanhan New Media Pada Pola Komunikasi Masyarakat. In Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam , 4(1), 1-12. www.yahoo.com,
Wahyudiyono, W. (2019). Implikasi Pengggunaan Internet terhadap Partisipasi Sosial di Jawa Timur. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(2), 63. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2487
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936.
Zahara Evi. (2018). Peranan Komunikasi Dalam Pembangunan Masyarakat Pedesaan. Jurnal Warta Edisi Ke-55, 2(1), 1–12.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Kajian Komunikasi Budaya (Journal of Cultural Communication Studies)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JKKB: Jurnal Kajian Komunikasi Budaya (Journal of Cultural Communication Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at JKKB: Jurnal Kajian Komunikasi Budaya (Journal of Cultural Communication Studies