STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SIARAN PADA LPP RRI CABANG MADYA DENPASAR
Kata Kunci:
Strategi, Public Relations, Kualitas, Siaran, RadioAbstrak
Dalam era digital yang terus berkembang, media penyiaran tradisional seperti radio menghadapi tantangan signifikan. Perubahan teknologi telah mengubah cara orang mengonsumsi media, dengan semakin banyaknya audiens yang beralih ke platform digital dan media sosial untuk mendapatkan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi public relations yang diterapkan oleh RRI Cabang Madya-Denpasar dalam meningkatkan kualitas siaran serta dapat mengetahui kendala apa yang dihadapi oleh public relations dalam meningkatkan kualitas siaran pada RRI cabang madya-Denpasar. Temuan dari penelitian ini diharapkan agar dapat berguna bagi akademisi yang memperdalam tentang peran Public Relations dalam media penyiaran. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif Kualitatif. Data penelitan dikumpulkan melalui teknik wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Analisis data berdasar penjelasan deskriptif. Langkah-langkah penulis dalam menganalisa data yang diperoleh adalah melalui tahapan pengumpulan data, penyajian data secara sistematik, pembahasan, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Strategi internal dan eksternal Public Relations menjadi kunci dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas siaran. Dalam menanggapi kendala-kendala yang muncul, LPP RRI Cabang Madya-Denpasar menggunakan tahapan seperti fact finding, perencanaan, action and communication, dan evaluasi untuk menyelesaikan masalah dengan efektif
Referensi
Annisa Oktaviani Dewi, Maman Suherman. 2022. Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif RRI Bandung. Bandung Conference Series.
Anwar Arifin Andipate. 2020. Paradigma Baru Public Relations Teori, Strategi, dan Riset. Rajagrafindo Persada,
Ardianto, Soleh Soemirat. 2002. Dasar-Dasar Public Relations. Cetakan pertama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala, dan Siti Karlinah. 2014. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Cutlip, Scott M., Allen H. Center, dan Glen M. Broom. 2009. Effective Public Relations. New Jersey: Pearson Education.
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
Effendy, Onong Uchjana. 2006. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.
Harsono, D. 2015. Peran Radio Republik Indonesia dalam Melestarikan Budaya Lokal: Studi Kasus RRI Denpasar. Universitas Indonesia.
Jenkins, H. 2006. Convergence Culture: Where Old and New Media Collide. NYU Press.
Kustadi, Suhandang. 2004. Public Relations Perusahaan. Bandung: Nuansa.
Morissan, M.A. 2010. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Kencana.
Ropingi El Ishaq 2017,Public Relations Teori dan Praktik.Malang: Intrans Publishing, 19-20.
Ruslan, Rosady. 2002. Kiat dan Strategi Public Relations. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wilcox, Dennis L., Glen T. Cameron, Bryan H. Reber, dan Jae-Hwa Shin. 2013. Public Relations: Strategies and Tactics. Boston: Pearson.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Kajian Komunikasi Budaya (Journal of Cultural Communication Studies)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JKKB: Jurnal Kajian Komunikasi Budaya (Journal of Cultural Communication Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at JKKB: Jurnal Kajian Komunikasi Budaya (Journal of Cultural Communication Studies