STRATEGI KOMUNIKASI INTERNAL PLN BALI DALAM MENDORONG PENGGUNAAN MOTOR LISTRIK DI KALANGAN PEGAWAI
Kata Kunci:
komunikasi internal, sepeda motor listrik, perubahan perilaku, adopsi inovasi, perilaku pro lingkunganAbstrak
Dunia telah berfokus pada isu pemanasan global dan perubahan iklim dalam beberapa dekade terakhir. Sektor transportasi, khususnya kendaraan berbahan bakar fosil, memberikan kontribusi signifikan terhadap emisi gas rumah kaca di Indonesia. PT PLN (Persero) Bali sebagai perusahaan listrik milik negara mempunyai peran krusial dalam mendukung program kendaraan listrik pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi internal yang diterapkan PLN Bali untuk mendorong karyawan mengadopsi sepeda motor listrik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis untuk memahami pengalaman subjektif karyawan PLN Bali mengenai strategi komunikasi internal dan penggunaan sepeda motor listrik. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pengambil kebijakan, karyawan yang pernah membeli dan menggunakan kendaraan listrik, dan yang belum. Temuan mengungkapkan bahwa PLN Bali telah merancang dan menerapkan strategi komunikasi internal, termasuk keterlibatan influencer, penggunaan saluran media internal, dan pembentukan komunitas sepeda motor listrik di setiap unit. Strategi-strategi ini efektif dalam meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan minat terhadap sepeda motor listrik di kalangan karyawan. Namun masih terdapat kendala dalam implementasinya, seperti kekhawatiran akan risiko dan keterbatasan sepeda motor listrik serta kurangnya infrastruktur pendukung. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai strategi komunikasi internal yang efektif untuk mendorong penerapan teknologi ramah lingkungan di kalangan karyawan dan menawarkan panduan praktis bagi organisasi yang ingin menerapkan strategi serupa.
Referensi
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179-211.
Amin, K., Padjadjaran, U., Raya Bandung Sumedang, J. K., & Sumedang, K. (2021). Pengalaman Komunikasi dan Adopsi Teknologi Komunikasi dalam Menjalankan Organisasi Mahasiswa selama Pandemi Covid-19 Experience of Communication and Communication Technology Adoption in Running Student Organizations During The Covid-19 Pandemic. 09(01), 1–15.
Argenti, P. A. (2013). Corporate Communication (6th ed.). New York: McGraw-Hill.
Berger, B. (2018). Employee communication. In R. L. Heath & W. Johansen (Eds.), The international encyclopedia of strategic communication (pp. 1-13). Malden, MA: Wiley-Blackwell.
Effendy, O. U. (2019). Human Relations and Public Relations dalam Manajemen. Bandung: Mandar Maju.
Ginting, E. A. (2022). Oleh : Daniel P . Bangun Universitas Darma Agung , Medan. 30(April), 371–383.
Gusmarani, K., & Rajiyem, R. (2022). Strategi komunikasi internal dalam perubahan organisasi di masa transisi tahun 2019-2020. Jurnal Manajemen Komunikasi, 6(2), 137. https://doi.org/10.24198/jmk.v6i2.35518
Gusmarani, K., & Rajiyem, R. (2022). Strategi komunikasi internal dalam perubahan organisasi di masa transisi tahun 2019-2020. Jurnal Manajemen Komunikasi, 6(2), 137. https://doi.org/10.24198/jmk.v6i2.35518
Hasanaj, R., & Manxhari, M. (2017). Importance of Internal Communication Management as an Integration Component of Sustainable Development. Academic Journal of Business, Administration, Law and Social Sciences, 3(1), 118-124.
Human Decision Processes, 50(2), 179-211.
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2021). Laporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca Indonesia 2021.
Laporan Keberlanjutan PLN. (2020). Laporan Keberlanjutan PT PLN (Persero) Tahun 2020.
Men, L. R., & Bowen, S. A. (2017). Excellence in internal communication management. New York: Business Expert Press.
Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.
Theaker, A. (2001). The Public Relations Handbook. London: Routledge.
Welch, M., & Jackson, P. R. (2007). Rethinking internal communication: A stakeholder approach. Corporate Communications: An International Journal, 12(2), 177-198.
Wulan, H. S., & Sulandjari, R. (2022). Pengaruh Komunikasi Organisasi Dan Manajemen Kinerja Baru Pada Perubahan Organisasi Di Cv. Candi Karya. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(2), 1–15. https://doi.org/10.29040/jie.v6i2.4706
Zerfass, A., Tench, R., Verhoeven, P., Verčič, D., & Moreno, A. (2018). European communication monitor 2018: Strategic communication and the challenges of fake news, trust, leadership, work stress, and job satisfaction. Brussels: EACD/EUPRERA.
Zulch, B. (2014). Leadership communication in project management. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 119, 172-181.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Kajian Komunikasi Budaya
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JKKB: Jurnal Kajian Komunikasi Budaya (Journal of Cultural Communication Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at JKKB: Jurnal Kajian Komunikasi Budaya (Journal of Cultural Communication Studies