Aan Widiyono Studi Analisis Pemahaman Guru SD dalam Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis ZD Soft Screen Recorder dan Bandicam
Studi Analisis Pemahaman Guru SD dalam Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis ZD Soft Screen Recorder dan Bandicam
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v8i1.859Kata Kunci:
Pemahaman Guru, Video Pembelajaran, ZD Soft Screen Recorder, BandicamAbstrak
Keterampilan guru membuat video pembelajaran di era digital saat ini menjadi sangat penting agar pembelajaran yang dilakukan dapat sesuai kebutuhan peserta didik. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis pemahaman guru sekolah dasar dalam kemampuannya membuat video pembelajaran melalui penggunaan aplikasi ZD Soft Screen Recorder dan Bandicam di era pandemi ini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek guru sekolah dasar yang berada dalam forum kkg gugus teratai kecamatan Jepara. Analisis data dilakukan dengan kegiatan reduksi data, data display dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan pemahaman guru dalam pembuatan video pembelajaran melalui aplikasi yang sudah tersedia dalam kategori cukup sebesar 70,6% guru mengetahui pembuatan video 29,6% guru tidak mengetahuinya. Selai itu, guru juga belum cukup memahami cara penggunaan aplikasi ZD Soft Screen Recorder dan Bandicam dalam pembuatan video pembelajaran. Ketiga, guru memahami manfaat membuat video pembelajaran sendiri yang dapat menunjang proses pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan karena dapat disesuaikan kebutuhan peserta didik, terutama diaplikasikan dalam pembelajaran jarak jauh seperti era pandemi saat ini. Hasil analisis ini dapat memperkaya data sekaligus dapat dipetakan untuk adanya tindak lanjut kegiatan.
Kata Kunci: Pemahaman Guru, Video Pembelajaran, ZD Soft Screen Recorder, dan Bandicam