MENANAMKAN RASA KEBERSAMAAN DAN SIKAP SALING MENGHARGAI MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI SD KELAS AWAL TEMA 7 "KEBERSAMAAN" KELAS 2 SD
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v8i1.809Kata Kunci:
Kebersamaan, Saling Menghargai, Pembelajaran IPSAbstrak
Penanaman nilai kebersamaan dan sikap saling menghargai merupakan aspek dari pendidikan karakter yang harus diselenggarakan di sekolah, sesuai dengan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah menyatakan bahwa tingkat kompetensi dan kompetensi inti pada jenjang pendidikan sekolah dasar dan menengah harus memuat pendidikan karakter yang meliputi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan. Dalam hal ini terintegrasinya pembelajaran IPS pada pembelajaran secara tematik di kelas awal merupakan hal utama karena dalam pembelajaran IPS memuat nilai-nilai karakter. Maka tujuan dari penelitian ini yakni untuk menumbuhkan nilai-nilai kebersamaan dan saling menghargai kepada siswa melalui pembelajaran IPS yang terintegrasi ke dalam buku siswa tema 7 “Kebersamaan” kelas 2 SD, sehingga dengan dilakukannya hal tersebut diharapkan para peserta didik mendapatkan arahan dalam menyikapi adanya perbedaan yang terjadi di masyarakat serta dapat mengembangkan keterampilan sosialnya secara optimal. Adapun sumber pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian yakni melalui studi pustaka. Studi pustaka dilakukan dengan cara membaca, memahami, menelaah, dan mengkaji suatu topik yang bersumber dari buku siswa kelas 2 SD Tema 7 “Kebersamaan”, jurnal, artikel ilmiah, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan topik permasalahan yang akan dibahas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan melakukan pembelajaran IPS secara terintegrasi ke dalam tematik di Sekolah Dasar dapat membantu menumbuhkan sikap kebersamaan dan saling menghargai pada peserta didik.
Penanaman nilai kebersamaan dan sikap saling menghargai merupakan aspek dari pendidikan karakter yang harus diselenggarakan di sekolah, sesuai dengan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah menyatakan bahwa tingkat kompetensi dan kompetensi inti pada jenjang pendidikan sekolah dasar dan menengah harus memuat pendidikan karakter yang meliputi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan. Dalam hal ini terintegrasinya pembelajaran IPS pada pembelajaran secara tematik di kelas awal merupakan hal utama karena dalam pembelajaran IPS memuat nilai-nilai karakter. Maka tujuan dari penelitian ini yakni untuk menumbuhkan nilai-nilai kebersamaan dan saling menghargai kepada siswa melalui pembelajaran IPS yang terintegrasi ke dalam buku siswa tema 7 “Kebersamaan” kelas 2 SD, sehingga dengan dilakukannya hal tersebut diharapkan para peserta didik mendapatkan arahan dalam menyikapi adanya perbedaan yang terjadi di masyarakat serta dapat mengembangkan keterampilan sosialnya secara optimal. Adapun sumber pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian yakni melalui studi pustaka. Studi pustaka dilakukan dengan cara membaca, memahami, menelaah, dan mengkaji suatu topik yang bersumber dari buku siswa kelas 2 SD Tema 7 “Kebersamaan”, jurnal, artikel ilmiah, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan topik permasalahan yang akan dibahas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan melakukan pembelajaran IPS secara terintegrasi ke dalam tematik di Sekolah Dasar dapat membantu menumbuhkan sikap kebersamaan dan saling menghargai pada peserta didik.