HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDS TORSINA 1 SINGKAWANG
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v7iI.779Abstrak
Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemandirian belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian belajar pada siswa kelas IV SD Swasta Torsina 3 Singkawang tahun ajaran 2020/2021. Populasi berjumlah 48 siswa dan sampel penelitian sebanyak 22 orang siswa yang ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pola asuh orang tua dan skala kemandirian belajar siswa. Analisis data menggunakan korelasi product moment menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian belajar siswa yang ditunjukkan dengan indeks korelasi sebesar rhitung = 0,4901 > rtabel = 0,422. Kesimpulan penelitian yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian belajar siswa pada siswa kelas IV SD Swasta Torsina 3 Singkawang tahun ajaran 2020/2021.