PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN CROZZWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES PANAIKANG I/1 KOTA MAKASSAR
Hasil Pretest sebelum Menggunakan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V B SD Inpres Panaikang I/1 Kota Makassar.
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v7iI.701Kata Kunci:
Metode Pembelajaran Crozzword dan Hasil Belajar IPS SiswaAbstrak
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan metode Pre- eksperimen yang dilaksanakan dari tanggal 08 Maret 2021 hingga 31 Mei 2021. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB. Pengumpulan informasi dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Dalam desain ini, sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel diberi pretest (tes awal) dan di akhir pembelajaran sampel diberi posttest (tes akhir). Sedangkan keabsahan informasi diuji dengan triangulasi metode dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran crossword puzzel (teka-teki silang) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V B SD Inpres Panaikang I/1 setelah diperoleh tHitung = 16,22 dan tTabel = 2,030 maka diperoleh tHitung > tTabel atau 16,22 > 2,030.