Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Papan Pecahan Terhadap Pemahaman Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas IV Di SDN 5 Melinggih Payangan

Penulis

  • Luh Putu Novita Putri Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Kadek Aria Prima Dewi PF Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Kadek Yudista Witraguna
  • Komang Dian Adi Purwadi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/aw.v10i1.5611

Kata Kunci:

Problem Based Learning, alat peraga, papan pecahan, pemahaman konsep, matematika, siswa sekolah dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan alat peraga papan pecahan terhadap pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV di SDN 5 Melinggih, Payangan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep pecahan, yang ditunjukkan oleh rata-rata nilai ulangan di bawah KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran), yakni 48,51. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan model PBL yang berorientasi pada pemecahan masalah nyata, dipadukan dengan alat peraga papan pecahan untuk memvisualisasikan konsep-konsep matematika abstrak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain One-Group Pretest- Posttest Design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 5 Melinggih sebanyak 24 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep pecahan yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan model PBL. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dan perhitungan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep pecahan setelah diterapkan model pembelajaran PBL berbantuan alat peraga papan pecahan. Nilai rata-rata post-test lebih tinggi dibandingkan pre-test, dengan hasil uji t menunjukkan signifikansi (p < 0,05). Hal ini membuktikan bahwa penerapan model PBL berbantuan alat peraga papan pecahan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep pecahan siswa.

Referensi

Aji Putra, A., Adzim, F., Hilmiyati, F., dan Dosen Pascasarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam, M., & Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U. (2024). Pembuatan Kisi-Kisi Instrumen Evaluasi Pembelajaran. 5(1). https://e- journal.upr.ac.id/index.php/parislangkis

Anjelita, K., & Supriyanto, A. (2024). Teori Belajar Konstruktivistik Dan Implikasinya Di Sekolah Dasar. In Jurnal Citra Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. https://doi.org/10.38048/jcpa.v3i1.2822

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi). Rineka Cipta.

Ayu Megawati, K., & Prajono, R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa (The Effect of Problem Based Learning Model on Students’ Mathematical Concept Understanding). 15(1), 11–20. https://doi.org/10.36709/jpm.v15i1.193

Fiteriani Ida. (2019). Studi Komparasi Perbedaan Pengaruh Pemahaman Konsep Dan Penguasaan Keterampilan Proses Sains Terhadap Kemampuan Mendesain Eksperimen Sains.

Hake, R. R. (1998). Interactive engagement vs traditional methods: Six-thousand- student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.

Indriani, A., & Mayasari, N. (2023). Alat Peraga Tangga Pintar Untuk Materi Pengukuran Panjang Siswa Sekolah Dasar. In Jurnal Riset Pembelajaran Matematika (Vol. 5, Issue 2). http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm

Indriani Aprilia Rizka. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Visual Sederhana Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 158352 Sitardas 2 Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah.

Novitasari, A., & Fathoni, A. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar

Siswa pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5969– 5975. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3168

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar Dasar Statistik Penelitian (1st ed.). Gramasurya. www.sibuku.com

Pajarwati, A., Haki Pranata, O., & Ganda, N. (2019). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Penggunaan Media Kartu Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Membandingkan Pecahan. In All rights reserved (Vol. 6, Issue 1). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Patma Sari, Y., Guru Sekolah Dasar, P., & Kristen Satya Wacana, U. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Papan Pecahan Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Matematika SiswaKelas 4 SDN Kopek Kecamatan Godong. 1(1), 166–174.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-29

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 52 times