PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v9i1.3669Kata Kunci:
Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan AlamAbstrak
Proses pembelajaran IPA yang diperoleh di sekolah dasar tidak sekadar menghafalkan konsep-konsep untuk menghasilkan pemahaman yang utuh, melainkan konsep-konsep IPA tersebut dipelajari dan dipahami dengan baik sehingga tidak mudah dilupakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA Kelas V SD. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif menggunakan desain quasi experiment yaitu pretest posttest nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 23 Pemecutan Denpasar Barat selama enam (bulan) dimulai dari perencanaannya. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas V SD Negeri 23 Pemecutan Denpasar Barat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability dengan sampling jenuh sehingga diperoleh kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berjenis pilihan ganda. Tes terdiri dari 20 butir soal yang telah diuji validitas isi, validitas butir soal, uji reliabilitas, uji daya beda, tingkat kesukaran dan efektivitas pengecoh. Selanjutnya hasil pretest dan postest dianalisis dengan statistik inferensial berbantuan SPSS 25.0 yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji-t. Hasil uji hipotesis melalui uji-t menunjukkan, sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,05, di mana berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat ditarik simpulan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA Kelas V SD Negeri 23 Pemecutan Denpasar Barat.