PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA ERA PENDIDIKAN MODERN (TINJAUAN ILMIAH TERHADAP KISAH BHAGAWAN DOMYA)

Penulis

  • Made SD Saraswati 6 Denpasar
  • Ni Komang Sutriyanti Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Nanda Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Sri Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Perni Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/aw.v9i1.3528

Abstrak

Pendidikan modern telah mengevolusi menjadi konsep "merdeka belajar" yang memberikan siswa kendali lebih besar atas pendidikan mereka. Dalam konteks ini, pembelajaran diferensiasi, yang mengakui keberagaman siswa dan menyesuaikan pengajaran sesuai dengan kebutuhan individu, menjadi krusial. Artikel ini menggunakan kisah Bhagawan Domya dan tiga muridnya sebagai studi kasus untuk mengeksplorasi peran pembelajaran diferensiasi dalam memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda-beda di era pendidikan modern. Kisah tersebut mengilustrasikan bagaimana Bhagawan Domya secara tidak langsung melakukan asesmen mendalam terkait dengan kebutuhan belajar muridnya. Pembelajaran diferensiasi mencakup penyesuaian konten, proses, dan produk untuk mendukung perkembangan siswa. Dalam era "merdeka belajar," kombinasi antara konsep merdeka belajar dan pembelajaran diferensiasi menciptakan lingkungan belajar inklusif, memotivasi, dan bermakna, memungkinkan setiap siswa mencapai potensi penuh mereka.

Biografi Penulis

Made , SD Saraswati 6 Denpasar

 

 

Nanda , Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

 

 

Sri, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

 

 

Perni, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

 

 

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-24

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 24 times