STRATEGI WALI KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA

Penulis

  • Tri Sutrisno Institut Agama Islam Negeri Madura
  • endang Institut Agama Islam Negeri Madura

DOI:

https://doi.org/10.25078/aw.v9i1.3133

Kata Kunci:

Strategi, wali kelas, kesulitan belajar

Abstrak

Abstrak

Penelitian strategi wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas II di SDI Al-Furqon menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, strategi wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar adalah memberikan motivasi kepada siswa, memberikan latihan, ketika tinggal sedikit siswa yang tidak paham, wali kelas menerangkan kembali menggunakan pendekatan personal atau bisa di sebut one by one, serta memberikan waktu khusus pada saat jam istirahat kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar yaitu membaca. Kedua, faktor penghambat dan pendukung, faktor pendukung adalah dari orang tua siswa, dalam diri siswa sendiri dimana siswa sangat semangat dalam melakukan bimbingan membaca pada saat jam istirahat. Faktor penghambat adalah siswa yang tidak masuk ke sekolah, kurangnya fasilitas yang memadai, dan teman luar sekolah atau lingkungan sekitar. Ketiga, pengaruh peran wali adalah orang tua yang menyemangatkan dengan cara memberikan motivasi siswa di rumahnya sedangkan wali kelas yang mengontrol semua pemahaman siswa di sekolah. Jadi wali kelas mempenyai peran yang lebih besar.

Kata Kunci: Strategi, wali kelas, kesulitan belajar

Biografi Penulis

endang, Institut Agama Islam Negeri Madura

 

   

Referensi

Ansori, Miksan. 2019. Dimensi HAM dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nomer 20 Tahun 2003. Kediri: IAIFA Perss.

Handayani, Isnaini dan Allafta Muhsinatin Al-Farhatan Noor Asri. 2021. “Peran Guru dan Orang Tua Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Anak Slow Learner di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 4(2):56–67.

Hardiansyah, Haris. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Hendrik Eko Prasetyo,dkk. 2021. Cara Mudah Mengerjakan IPS di SD. t.t: Guepedia.

Huda, Miftah. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: isu-isu metodis dan paradigmatic. Yogyakarta: Raja, Pustaka Pelajar.

Juanda. 2010. “Peranan Pendidikan Formal dalam Proses Pembudayaan.” Lentera Pendidikan 13(1):15–27.

Latip, Abdul. 2016. “Faktor-faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Mata Pelajaran IPS di SMP.” Jurnal Pendidikan Profesional 5(2):180–92.

Lexy J, Meleong. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Moleong, Lexy J. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurjanna. 2016. “Penggunaan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Siswa Kelas IV SDN 2 Lais.” Jurnal Kreatif Tadulako 4(8):138.

Padallingan, Yohanis dan Lita Yohanis. 2022. “Peran Wali Kelas dalam Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Membaca Siswa Kelas III Di SDN 1 Bangkelekila’.” KIP 10:25–35.

Rofiqi dan Moh. Zaiful Rosyid. 2020. Diognisis Kesulitan Belajar pada Siswa. Batu: Literasi Nusantara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharni dan Purwanti. 2018. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” G-COUNS 3(1):132. doi: https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89.

Susanto, Ahmad. 2017. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sutrisno, Tri. 2019. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI di SDN Kota Sumenep. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Volume 3 Jilid 2. Hal. 98-110

Sutrisno, Tri. Konsep Dasar Bahasa Indonesia di SD/MI. Sumatra Barat: Azka Pustaka, 2022.

Sutrisno, Tri & Wulandari, Ayu. 2022. Peningkatan kemampuan menulis melalui media gambar siswa kelas II SDN Angsanah 1 Pamekasan. Waniambey: Journal of Islamic Education. Vol. 3 No. 2. Hal 105-125

Syahrani. 2022. “Peran Wali Kelas Dalam Pembinaan Disiplin Belajar di Pondok Pesantren Anwarul Hasaniyyah (ANWAHA) Kabupaten Tabalong.” Al-Qalam 16(1). doi: 10.35931/aq.v16i1. 763.

Syaiful Karim, Daryanto. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Wibowo, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zahara Mustika. 2015. “Pentingnya Peranan Wali Kelas Dalam Pembelajaran.” Intelektualita: jurnal.ar-raniry 3(1).

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-24

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 51 times