Pengembangan Media Flash Card Berbasis Qr-Code Pada Materi Gerhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Penulis

  • Zahrotun Nida Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muzakki Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.25078/aw.v8i2.3087

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Flash Card, Qr-Code

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media flash card berbasis qr-code, mengetahui kelayakan media flash card berbasis qr-code, mengetahui tingkat kepraktisan media, mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran flash card berbasis qr-code. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4D. Berdasarkan analisis kebutuhan guru dan siswa yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa siswa membutuhkan media berbasis audio visual yang peneliti kembangkan dalam bentuk flash card berbasis qr-code. Media pembelajaran flash card berbasis qr-code divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Media pembelajaran diuji cobakan secara terbatas pada 8 siswa dan diuji cobakan secara lapangan pada 21 siswa kelas VI SDN 3 Krasak Pecangaan. Media flash card berbasis qr-code dihasilkan melalui tahapan yaitu define, design, development dan dessiminate. Hasil uji validasi media flash card berbasis qr-code diuji oleh 2 ahli media memproleh skor 3,1 dengan kategori layak dan 3,6 dengan kategori sangat layak . Menurut ahli materi memperoleh skor 3,7 dengan kategori sangat layak. Sedangkan untk tingkat kepraktsan media memperoleh skor 3,7 dengan kategori sangat praktis. Respon siswa terhadap media flash card berbasis qr-code memperoleh skor 3,39 dengan kategori sangat baik. Lalu pada uji efektifitas media menggunakan uji paired sample t -test  diketahui bahwa perolehan thitung 6,086 > ttabel 1,895 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada uji coba terbatas sedangkan pada uji coba lapangan terdapat hasil thitung 9,485> ttabel =1, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada uji coba sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada uji coba lapangan sebelum dan sesudah menggunakan Media Flash Card berbasis Qr-Code pada siswa kelas VI SD N 3 Krasak Pecangaan.

Biografi Penulis

Muzakki, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

 

   

Referensi

Audie, Nurul. 2019. “Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” Hal. 589–90 in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595). Vol. 2. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Budiman, Haris. 2017. “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8(1):31. doi: 10.24042/atjpi.v8i1.2095.

Effendi, Darwin, dan Achmad Wahidy. 2019. “Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21.” Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 125–29.

Febrianto, Kukuh, Via Yustita, dan Apri Irianto. 2020. “Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Flashcard Di Sekolah Dasar.” Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 16(29):94. doi: 10.36456/bp.vol16.no29.a2273.

Hadiarso, Joko. 2022. “Penggunaan Alat Pearaga Model Gerhana Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Tentang Terjadinya Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari Melalui Aplikasi Edmodo.” Jurnal Edukha 3(2):218.

Handin, dan Nadziroh. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Tematik Muatan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas Iii Se-Gugus 3 Sanden Bantul Handin1,.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 6(2):729–99.

Hayati, Lilik. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Di Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) 15(2):197–208.

Junaidi. 2019. “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan 3(1):45–56.

Syahputra, Edi. 2018. “Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia.” Hal. 1276–83 in Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN (E-Journal). Vol. 1. Medan: Universitas Negeri Medan.

Widoyoko, Eko Putro. 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-27

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 229 times