Peran Guru PKn Dalam Pembentukan Sikap Sopan Santun Siswa Kelas III SDN Banyuajuh 04 Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v8i2.3019Kata Kunci:
peran guru, pembentukan sikap, sopan santunAbstrak
Berdasarkan temuan hasil penelitian mengenai bentuk penanaman karakter sopan santun pada siswa kelas III SDN Banyuajuh 4, ditemukan bahwa penanaman karakter sopan santun meliputi tiga aspek utama, yaitu sopan santun dalam berpenampilan, sopan santun dalam berkomunikasi, dan sopan santun dalam berperilaku. Dalam hal ini, siswa diberikan pengertian tentang konsekuensi dari perilaku tidak sopan, serta pentingnya sikap sopan santun dalam menciptakan lingkungan yang harmonis. Subjek dalam penelitian ini meliputi guru kelas dan siswa kelas III SDN Banyuajuh 4 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengambilan data melalui lembar observasi dokumentasi. Teknik menganalisis data yaitu menggunakan teknik reduksi data (data reduction), display data (data display), dan kesimpulan (verifikasi data), Dengan adanya pengamatan ini, dapat disimpulkan bahwa siswa di SDN Banyuajuh 4 telah membentuk sikap dan perilaku sopan santun dalam interaksi dengan guru.
Referensi
Delpie, C. (2008). Child Development. Twelfth Edition. Singapore: The McGraw-Hill Companies .
Fadlillah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep & Aplikasinya. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hartono. (2007). Sopan Santun Dalam Pergaulan. Bandung: Armico.
Hidayatullah, F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Narwanti, S. (2011). Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA, CV.
Suyanto. (2009). Hasil lmplementasi Pendidikan Karakter di Amerika Serikat: Metaanalisis Study. Jogjakarta: Balai Putaka.
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widiasworo, E. (2017). MasalahMasalah Peserta Didik dalam Kelas dan Solusinya. Yogyakarta: Araska.
Zainal, A. (2009). Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD. Jakarta: CV Nuansa Aulia.