KAJIAN LITERATUR TENTANG MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN POSTER PADA TEMA "BENDA DISEKITAR KU" UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS III DI SDN DUKUH KUPANG 5 SURABAYA

Penulis

  • Tina Nurwanti Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Reza Syehma Bahtiar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25078/aw.v9i1.2803

Kata Kunci:

media pembelajaran, poster, kreativitas siswa

Abstrak

Media pembelajaran poster terhadap tema benda disekitar ku siswa kelas III SDN Dukuh Kupang 5 Surabaya memiliki manfaat yang sangat besar. Instrument dari kajian literatur ini terdiri dari beberapa sumber seperti, jurnal, artikel yang telah ditelusuri. Kajian literatur ini mengacu pada jurnal dan artikel yang didapat. Poster telah banyak dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Poster dengan segala kelebihannya, mampu menarik perhatian bahkan membangkitkan orang yang melihatnya. Pemilihan poster yang baik untuk meningkatkan kreativitas siswa akan sangat membantu sekali dalam pembelajaran, seperti pada tema benda disekitarku. Poster memiliki kekuatan dramatik yang begitu tinggi untuk memikat dan menarik perhatian. Hal tersebut dikarenakan poster memiliki uraian yang memadai karena faktor psikologi dan merangsang untuk dihayati. Adapun manfaat media pembelajaran poster untuk meningkatkan kreativitas siswa, Mendorong pemanfaatan yang bermakna dari mata pelajaran dengan jalan melibatkan imajinasi dan partisipasi aktif yang mengakibatkan meningkatnya hasil belajar, lalu melengkapi pengalaman yang kaya dengan pengetahuan itu konsepkonsep yang bermakna dapat dikembangkan. Memperluas wawasan dan pengalaman siswa yang mencerminkan pembelajaran non verbalistik dan membuat generalisasi yang tepat, dan dengan menggunakan media pembelajaran poster maka siswa sangat sering mengasah ke kreatifan siswa dengan siklus selalu mengasah membuat poster.

Referensi

Abdullah, A., Studi, P., Pendidikan, T., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Makassar, U. M. (2022). Pengaruh media gambar poster terhadap keterampilan bercerita pada mata pelajaran bahasa indonesia murid kelas V sd inpres numba 2 kecamatan nangapanda kabupaten ende.

Azzahra, A. N., Manja, A., Syam, P. H., Muhammadiyah, U., Utara, S., Islam, A., & Agama, P. (2023). Tinjauan Literatur Tentang Media. 4, 1151–1158.

Dityatulloh, S. R., & Santoso, A. B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Pada Mata Pelajaran Sensor Dan Aktuator Kelas Xi Tei Smk Negeri 1 Labang Bangkalan. Pendidikan Teknik Elektro, 7, 166–173.

Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Wellya Pamungkas, S., Fadhlurahman Jamirullah, R., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). pengembangan media pembelajaran berbasis media poster pada materi “perubahan wujud zat benda” kelas V di sdn sarakan Ii tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 117–134. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Susilawati, E. (2018). Pengembangan Media Poster Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Tata Surya Pada Siswa SMP Kelas VII. http://repository.radenintan.ac.id/4323/1/skripsi fix.pdf

Syalihin Bayu. (2020). Skripsi Pengembangan Media Pembelajaran Poster Pada Tema III Benda Disekitar Ku Untuk Siswa Kelas III Di SDN Inpres Hidirasa.

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Wulandari, R. (2012). Poster Sebagai Media Pendidikan Karakter. Pendidikan Karakter, 1(1), 375–380.

Yunita Salapiah. (2020). Penerapan media poster untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas iv min 26 aceh besar. Pendidikan, 1–169.

Zatriani. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Poster Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sd Inpres Bontobila Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Pendidikam, 21(1), 1–111.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-24

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 141 times