ANALISIS PENGGUNAAN VIDIO PEMBELAJARAN MATHMAGIC MATERI PECAHAN DI SDN TELANG 2

Penulis

  • Ifa Haryemi UTM
  • Qurotul A’yun Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.25078/aw.v8i2.2589

Kata Kunci:

Learning video, Mathmagic, Fractions

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis penggunaan  vidio pembelajaran Mathmagic materi pecahan di SDN Telang 2. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan vidio pembelajaran Mathmagic materi pecahan di kelas V SDN Telang 2 Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan 11 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki dengan jumlah total 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, angket. Instrumen yang digunakan oleh peneliti yakni lembar observasi, wawancara dan angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran video pembelajaran mathmagic materi pecahan memberikan pemahaman dan minat siswa saat pembelajaran dengan 2 indikator yang menjadi perhatian. Indikator pertama yakni perhatian (Attention) sebanyak 16 siswa atau 84%  memperhatikan video pembelajaran yang ditanyangkan. Hal ini menunjukkan siswa lebih memusatkan perhatian dalam pembelajaran ketika menggunakan video pembelajaran mathmagic. Indikator kedua yakni kepuasan (Satisfaction) sebanyak 15 siswa atau 79% memperhatikan video pemelajaran yang ditanyangkan. Hal ini menunjukan siswa merasa puas terhadap penjelasan yang ada pada video pembelajaran yang disajikan.

Kata kunci: Vidio pembelajaran, Mathmagic, Pecahan

Biografi Penulis

Qurotul A’yun , Universitas Trunojoyo Madura

 

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-27

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 70 times