PENGARUH MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN PERMAINAN CURIK-CURIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V GUGUS III KECAMATAN TEJAKULA
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v8i2.2532Kata Kunci:
STAD, Motivasi Belajar, Permainan Curik-Curik, MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan Permainan Curik-Curik untuk meningkatkan motivasi belajar Matematika kelas V di SD Gugus III Kecamatan Tejakula. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperiment atau Eksperimen Semu dengan menerapkan Post-Test Only1 Control Group Design.1 Penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas V SD Gugus1 III Kecamatan Tejakula1 berjumlah 209 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode undian random sampling. Sebanyak 30 siswa dari kelas V SD Negeri1 6 Tejakula ditatapkan menjadi kelompok eksperimen1 dan 24 siswa dari kelas V SD1 Negeri 3 Tejakula ditatapkan menjadi kelompok 1kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui instrument kuesioner serta dokumentasi yang mana diolah dengan SPSS Versi 25. Pengolahan data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diketahui ada perbedaan signifikan pada Model STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan Permainan Curik-Curik untuk meningkatkan motivasi belajar Matematika kelas V di SD Gugus III Kecamatan Tejakula. Nilai thit sebesar 5.799 > ttabel 1,674. Diketahi rata-rata motivasi belajar sisiwa pada kelas eksperimen sebesar 123,10, serta rata-rata motivasi belajar kelas kontrol 110,45. Dengan demikian nilai rata-rata motivasi belajar kelas eksperiman lebih besar dari kelas kontrol. Oleh sebab itu, metode intervensi yang diterapkan berpengaruh terhadap motivasi belaar siswa.
Kata Kunci: STAD, Motivasi Belajar, Permainan Curik-Curik, Matematika