PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD JAMBE AGUNG BATUBULAN
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v8i1.2531Kata Kunci:
Penguatan Pendidikan Karakter, Pembelajaran SBdP, Pendidikan Sekolah DasarAbstrak
Seni dan budaya memiliki manfaat yang sangat penting bagi kehidupan manusia baik secara pribadi maupun sosial, sehingga sangat beralasan jika seni dan budaya masuk dalam kurikulum pendidikan dasar. Kurangnya penguatan pendidikan karakter dalam mata pelajaran di SD Jambe Agung Batubulan dapat ditumbuhkan melalui pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Penguatan karakter dapat dibentuk melalui pembelajaran SBdP, dimana pembelajaran SBdP ini sebagai salah satu upaya untuk melatih keterampilan psikomotor, kreativitas dan sikap yang memuat nilai – nilai pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan penguatan pendidikan karakter, serta kendala dan upaya yang dilakukan dalam penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran SBdP pada peserta didik kelas IV di SD Jambe Agung, Batubulan. Data penelitian kualitif deskriptif ini menggunakan teknik observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)Pendekatan penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran SBdP pada peserta didik kelas IV meliputi keteladanan guru, pemberdayaan dan pembudayaan, pengintegrasian nilai karakter dalam RPP, serta dengan metode penguatan pendidikan karakter yang digunakan saat pembelajaran. (2) Kendala yang dihadapi dalam penerapan penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran SBdP pada peserta didik kelas IV yakni kendala integrasi muatan SBdP dengan tematik dan keterbatasan waktu pembelajaran SBdP. Kemudian Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala yang dihadapi tersebut yakni dengan mencari bahan ajar penunjang dari internet dan mengaitkan pembelajaran dengan contoh nyata serta guru mengupayakan penyesuaian kegiatan pembelajaran SBdP berdasarkan waktu yang tersedia.