PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PERSPEKTIF SUSASTRA HINDU
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v8i1.2518Kata Kunci:
Profil Pelajar Pancasila, Pancasila, Susastra HinduAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Profil Pelajar Pancasila untuk siswa sekolah dasar dalam perspektif susastra Hindu baik Sruti maupun Smerti. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat Weda yang luwes sehingga berlaku sepanjang zaman, mampu menjawab berbagai tantangan yang bebeda pada setiap zaman, dalam hal ini berupa tantangan pada era globalisasi dan revolusi industri 4.0. Keenam dimensi Profil Pelajar Pancasila yang meliputi (1) berkebinekaan global, (2) bergotong royong, (3) kreatif, (4) bernalar kritis, (5) mandiri, dan (6) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, semuanya secara tersurat maupun tersirat dimuat dalam susastra Hindu, yaitu dalam Pustaka Suci Atharwa Weda, Bhagavad Gita, Rg Veda, Wrhaspati Tattwa, Sarsamuccaya, Lontar Siwa Sasanà, Manawa Dharma Sastra, dan Kekawin Niti Sastra