PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE BERBANTUAN MEDIA LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V GUGUS V KECAMATAN BUSUNGBIU KABUPATEN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v7i2.1666Abstrak
Riset ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh dari Model Pembelajaran Complete Sentence Berbantuan Media Literasi Digital terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Gugus V Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng. Riset ini dilatarbelakangi dengan kenyataan rendahnya hasil belajar siswa dimata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Gugus V Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng. Rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia terlihat bahwa peserta didik merasa jenuh serta bosan dengan metode pendidik menerangkan pada peserta didik itu alhasil peserta didik lebih memilah rumpi serta bermain dengan sahabat sebangku dari pada mencermati pendidik yang sedang menerangkan materi. Riset ini menggunakan riset eksperimental kualitatif, pada riset ini dipakai 121 siswa kelas V Gugus V Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng sebagai populasi. Kelas V SDN 3 Pucaksari berjumlah 19 anak didik digunakan sebagai kelas eksperimen, dan kelas V SDN 2 Bongancina berjumlah 20 anak didik digunakan sebagai kelas kontrol. Hasil itu didapat dari penentuan sampel melalui simple random sampling. Berdasarkan nilai rata-rata dari hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas eksperimen yaitu 75,89, dan rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas kontrol yaitu 68,1. Berdasarkan hasil Uji-T dimana ttabel dengan taraf signifikasnsi 5% dan db 37 adalah 2,027, dibandingkan dengan hasil thitung adalah 7,086, sehingga dapat dinyatakan bahwa 7,086 > 2,027. Jadi dengan demikian bentuk pembelajaran Complete Sentence berbantuan media Literasi Digital berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V Gugus V Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng.