ANALISIS KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v8i1.1565Kata Kunci:
kebijakan, kepala sekolahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar. Setiap pemimpin memiliki arah dan kebijakan, seperti halnya kepala sekolah. Setiap kepala sekolah memiliki kebijakan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kepala sekolah merupakan pemimpin pendidikan yang berhubungan langsung dengan pelaksanaan program pendidikan di sekolah, sehingga kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk mempengaruhi, membimbing, mengarahkan, dan menggerakkan masyarakat sekolah untuk mencapai keberhasilan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif analisis. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jaranan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki banyak fungsi dalam peningkatan mutu pendidikan, diantaranya kepala sekolah berfungsi sebagai evaluator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator. Selain itu, terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat bagi kepala sekolah di SDN Jaranan. Faktor penghambat kepala sekolah diantaranya: pelanggaran masih banyak dilakukan oleh peserta didik, kesadaran orang tua terhadap peserta didik masih sangat kurang, masih banyak guru yang hononer, dan biaya yang turun melalui dana BOS masih sangat kurang.
Kata Kunci: Kebijakan, Kepala Sekolah