DESAIN MEDIA BAMBU PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Dina Pratiwi Dwi Santi Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.25078/aw.v7i2.1435

Kata Kunci:

Kata Kunci: Media Bambu Perkalian, Hasil Belajar, Matematika

Abstrak

Siswa masih beranggapan bahwa matematika sebagai pelajaran yang sulit, sedangkan diperlukan pemahaman terhadap materi operasi hitung perkalian untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain media bambu perkalian dalam pembelajaran matematika siswa sekolah dasar serta untuk mendeskripsikan kelayakan desain media pembelajaran bambu perkalian terhadap hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar. Penelitian ini berdesain Research and Development mengikuti model menurut Borg and Gall dengan lima tahapan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa uji validasi media, wawancara, penyebaran angket respons siswa, dan soal tes uraian. Teknik analisis data digunakan uji validasi sedangkan untuk mengetahui respons siswa menggunakan skala likert, serta hasil tes dihitung rata-ratanya. Hasil penelitian diperoleh validasi media bambu perkalian oleh validator secara keseluruhan memperoleh kualifikasi layak digunakan, media bambu perkalian mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap hasil belajar siswa, dan mendapatkan respons yang sangat baik dari siswa. Dengan demikian, diharapkan media bambu ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam membantu pembelajaran Matematika SD pada materi perkalian.

 

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-01

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 131 times